Home Info Guru Full Kompetensi Profesional Guru dan Indikator Pengukurannya

Full Kompetensi Profesional Guru dan Indikator Pengukurannya

63
0

Kompetensi Profesional Guru dan Indikator Pengukurannya

Rajasoal.com.  Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian.

Sebagai pendidik profesional, maka selain harus memiliki kualifikasi akademik. guru juga dipersyaratkan memiliki kompetensi. Kompetensi guru terkait dengan kewenangan guru dalam melaksanakan tugasnya.

Kompetensi guru merupakan hasil dari penggabungan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam menjalankan tugas keprofesionalannya. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru tersebut adalah kompetensi profesional.

Kompetensi profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap stuktur dan metodologi keilmuannya.

Kompetensi profesional guru adalah kemampuan guru dalam menguasai mata pelajaran yang digunakan, dimana didalamnya terdapat penguasaan terhadap rencana pembelajaran, keterkaitan dengan mata pelajaran, dan bahan ajar.

Beberapa kemampuan yang harus dipenuhi sebagai guru profesional adalah sebagai berikut.

1. Merencanakan program pembelajaran

Perencanaan program pembelajaran memuat tujuan, materi pelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.

Fungsi perencanaan program pembelajaran adalah sebagai pedoman kegiatan guru dalam mengajar dan pedoman peserta didik dalam kegiatan belajar secara sistematis dan sistemik.

Perencanaan program pembelajaran harus berdasarkan pada pendekatan sistem yang mengutamakan keterpaduan antara tujuan, materi, kegiatan belajar, dan evaluasi.

2. Mengelola pembelajaran

Tahap mengelola pembelajaran merupakan lanjutan dari perencanaan program pembelajaran yang telah disusun sebelumnya.

Pengelolaan pembelajaran merupakan upaya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Di dalam pelaksanaannya, guru perlu mengatur proses pembelajaran agar seluruh potensi peserta didik dapat digali secara optimal.

Pengelolaan pembelajaran juga terkait dengan keterampilan guru menciptakan iklim belajar yang kondusif, dan mengendalikannya jika mengganggu dalam pembelajaran.

3. Mengevaluasi pembelajaran

Evaluasi hasil belajar merupakan suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria, keputusan atau tindakan dari pembelajaran yang telah dilakukan.

Hasil belajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku pada diri peserta didik pada tingkat aspek pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), maupun sikapnya (afektif) Perubahan diarahkan pada diri peserta didik secara terencana terhadap ketiga aspek ini.

Indikator Pengukuran Kompetensi Profesional

Indikator pengukuran kompetensi profesional guru berdasarkan Pedoman Pengelolaan Penilaian Kinerja Guru adalah sebagai berikut.

1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu

3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

4. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

Demikian ulasan mengenai kompetensi profesional guru dan indikator pengukurannya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.