Home Info Guru Full Keputusan Menag Nomor 515 Tahun 2020 tentang Keringanan Uang Kuliah PTN

Full Keputusan Menag Nomor 515 Tahun 2020 tentang Keringanan Uang Kuliah PTN

21
0

Keputusan Menag Nomor 515 Tahun 2020 tentang Keringanan Uang Kuliah PTN

Rajasoal.com. Menteri Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Keputusan Menag Nomor 515 Tahun 2020 tentang Keringanan Uang Kuliah Tunggal Pada Perguruan Tinggi Negeri Atas Dampak Bencana Wabah Covid-19.

Melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional sebagai dampak wabah pandemi Covid-19 mengakibatkan penurunan kemampuan ekonomi mahasiswa, orangtua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai.

Kondisi tersebut akan berpotensi menghambat kelancaran pembayaran uang kuliah tunggal pada perguruan tinggi keagamaan negeri.

Keputusan Menteri Agama dalam hal pemberian keringanan uang kuliah tunggal pada perguruan tinggi keagamaan negeri ini dibuat untuk meringankan beban  mahasiswa, orangtua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai kuliah.

Selain itu, pemberian keringanan uang kuliah ini untuk memastikan kelancaran pembayaran uang kuliah tunggal mahasiswa.

Baca : SE Menag Nomor 16 Tahun 2020 : Sistem Kerja Pegawai Kemenag Dalam Tatanan Normal Baru

Keputusan Menag untuk meringankan uang kuliah ini juga bertujuan untuk meminimalisir angka putu kuliah mahasiswa pada perguruan tinggi keagamaan negeri.

Di dalam keputusan tersebut ditetapkan Keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi Mahasiswa Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri Atas Dampak Bencana Wabah Covid-19.

Keringanan uang kuliah tunggal tersebut berupa :

1. pengurangan UKT; dan

2. perpanjangan waktu UKT.

Selain kedua bentuk keringanan tersebut. bagi perguruan tinggi keagamaan negeri yang menerapkan pola keuangan badan layanan umum dapat memberikan keringanan UKT kepada mahasiswa berupa pembayaran UKT secara diangsur atau dicicil.

Keringanan UKT berupa pembayaran dengan cara diangsur dapat diberikan apabila mahasiswa dapat menunjukkan kelengkapan bukti sah terkait status orangtua/wali yang :

1. meninggal dunia;

2. mengalami pemutusan hubungan kerja;

3. mengalami kerugian usaha atau dinyatakan pailit;

4. mengalami penutupan tempat usaha; atau

5. menurun pendapatannya secara signifikan.

Permohonan keringanan UKT dengan cara dicicil tersebut dilaksanakan dengan sistem di dalam jaringan atau di luar jaringan.

Penetapan keringanan UKT berlaku untuk semester gasal tahun akademik 2020/2021 dan akan dilakukan evaluasi serta pemantauan sesuai dengan kebutuhan.

Keputusan Menag Nomor 515 Tahun 2020 tentang Keringanan Uang Kuliah Tunggal Pada Perguruan Tinggi Negeri Atas Dampak Bencana Wabah Covid-19 secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

 

Unduh

Demikian informasi mengenai Keputusan Menag Nomor 515 Tahun 2020 tentang Keringanan Uang Kuliah Tunggal Pada Perguruan Tinggi Negeri Atas Dampak Bencana Wabah Covid-19. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.