Home Info Guru Full Juknis Lomba Keterampilan Siswa Nasional LKSN PDBK 2021

Full Juknis Lomba Keterampilan Siswa Nasional LKSN PDBK 2021

142
0

Juknis Lomba Keterampilan Siswa Nasional LKSN PDBK 2021

Rajasoal.com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Juknis Lomba Keterampilan Siswa Nasional LKSN PDBK Tahun 2021.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus melakukan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK).

Lomba Keterampilan Siswa Nasional bagi peserta didik berkebutuhan khusus (LKSN PDBK) adalah salah satu upaya pengembangan minat, bakat dan prestasi peserta didik berkebutuhan khusus dalam bidang keterampilan.

Melalui kegiatan Lomba Keterampilan Siswa Nasional ini, maka harapannya peserta didik berkebutuhan khusus mampu mengembangkan potensi dan bakat pada bidang keterampilan untuk mencapai kemandirian setelah menyelesaikan pendidikannya.

Pelaksanaan Lomba Keterampilan Siswa Nasional bagi peserta didik berkebutuhan khusus tahun 2021 secara daring, karena sesuai aturan pemerintah dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

Seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pelaksaaan Lomba Keterampilan Siswa Nasional bagi peserta didik berkebutuhan khusus harus sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19, baik pelaksanaan pada tingkat pusat maupun tingkat daerah.

Penyusunan Panduan Pelaksanaan ini untuk memberikan gambaran kepada pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Lomba Keterampilan Siswa Nasional bagi peserta didik berkebutuhan khusus tahun 2021, baik yang bersifat teknis maupun administratif.

Oleh karena itu, dengan adanya panduan tersebut diharapkan kegiatan Lomba Keterampilan Siswa Nasional bagi peserta didik berkebutuhan khusus dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Daftar Isi

Tujuan

Berikut ini adalah tujuan LKSN PDBK tahun 2021.

1. Menggali dan memberikan dorongan kepada PDBK untuk mengembangkan potensi, bakat dan kreativitasnya pada bidang keterampilan secara optimal.

2. Menumbuhkan sikap disiplin, rasa percaya diri, toleransi, kompetitif dan sportivitas PDBK.

3. Meningkatkan semangat kemandirian dalam berkarya dan berprestasi, serta mendapatkan peserta didik yang terampil bidang non akademik bidang keterampilan membatik, kriya kayu, tata boga, kecantikan, merangkai bunga papan, menjahit, teknologi dan informasi (TI), Hantaran dan kreasi barang bekas (limbah).

Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan muncul dari LKSN PDBK tahun 2021 adalah sebagai berikut.

1. Termotivasinya PDBK untuk mengembangkan potensi, bakat dan kreativitasnya pada bidang kreativitas secara optimal.

2. Tumbuhnya sikap disiplin, rasa percaya diri, toleransi, kompetitif dan sportivitas PDBK.

3. Tumbuhnya semangat mandiri dalam berkarya dan berprestasi, serta mendapatkan peserta didik yang mumpuni bidang non akademik bidang keterampilan, yaitu membatik, kriya kayu, tata boga, kecantikan, merangkai bunga papan, menjahit, teknologi dan informasi (TI), Hantaran dan kreasi barang bekas (limbah).

Tema

Tema LKSN PDBK tahun 2021 adalah  sebagai berikut : “Berinovasi untuk Kebangkitan Negeri

Sasaran

Peserta LKSN PDBK tahun 2021 adalah peserta didik SMPLB, SMALB dan SMP, SMA, SMK, PKBM/SKB/Program Paket Penyelenggara Pendidikan Inklusif.

Cabang yang Dilombakan

Berikut ini adalah cabang yang dilombakan dalam LKSN PDBK tahun 2021.

1. Membatik

2. Kriya Kayu

3. Tata Boga

4. Kecantikan

5. Merangkai Bunga

6. Menjahit

7. Teknologi Informasi

8. Hantaran

9. Kreasi Barang Bekas

Petunjuk Teknis (Juknis) Lomba Keterampilan Siswa Nasional LKSN PDBK 2021 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Poster Lomba Keterampilan Siswa Nasional LKSN PDBK 2021 dapat di unduh di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.