Home Info Guru Full Juknis Kontes Robot Abu Indonesia KRAI Daring Tahun 2020

Full Juknis Kontes Robot Abu Indonesia KRAI Daring Tahun 2020

8
0

Juknis Kontes Robot Abu Indonesia KRAI Daring Tahun 2020

Rajasoal.com. Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Kontes Robot Abu Indonesia KRAI Daring Tahun 2020.

Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) Nasional Tahun 2020.

Kegiatan Kontes Robot ini dimaksudkan menjadi salah satu wahana penguasaan Teknologi Robotika untuk menjaga keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, khususnya era Revolusi Industri 4.0 dan menyongsong era Society 5.0.

Berdasarkan hasil pembahasan dengan tim pakar maka kegiatan Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) Tahun 2020 dilaksanakan secara daring. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman https://kontesrobotindonesia.id.

Pendahuluan

Pandemi covid 19 yang melanda hampir semua negara, berpengaruh besar pada penundaan pelaksanaan ABU Robocon 2020 Fiji dalam waktu yang belum bisa ditentukan.

Ada beberapa negara yang melaksanakan kontes nasional, namun ada pula beberapa negara yang sampai saat ini belum ada berita tentang pelaksanaan kontes ABU Robocon 2020 di masing-masing negaranya.

Tiap negara yang menyelenggarakan kontes, menggunakan format yang berbeda dalam pelaksanaannya. Sebagai contoh, Hongkong telah melaksanakan kontes secara luring dengan penerapan protokol kesehatan.

Di lain sisi, Jepang melaksanakan kontes secara daring dengan cara pengiriman video untuk dinilai publik. Melihat perkembangan dan situasi yang ada, Indonesia memutuskan untuk kembali melaksanakan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2020.

KRAI 2020 akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 16-24 November 2020 secara daring, yang ruang kendalinya dipusatkan di Institut Teknologi Bandung (ITB). Juara KRAI 2020 berhak mewakili Indonesia di ABU Robocon 2020.

Bentuk KRAI Daring

Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2020, mengacu pada Panduan ABU Robocon 2020 dengan tema “Robo Rugby 7s”, dengan beberapa penyesuaian aturan tentang lapangan,

jumlah bola, dan perolehan nilai, sehingga memungkinkan dilaksanakan secara daring. Panduan lengkap ABU Robocon 2020 ada di Lampiran 2 pada juknis.

Kontes dilaksanakan dalam bentuk daring, para tim yang mewakili Perguruan Tinggi melaksanakan kontes secara berurutan, mendemonstrasikan kemampuan 2 buah robot yaitu Pass Robot (PR) dan Try Robot (TR) bermain rugby di lapangan kontes. Total kesempatan demonstrasi permainan rugby untuk tiap tim adalah 3 kali.

Peserta KRAI 2020 diwajibkan menyediakan robot pemain rugby, lapangan dan perangkat kontes, serta perangkat komunikasi daring (video dan audio).

Agenda Kegiatan KRAI 2020 Daring

KRAI 2020 akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020 Tingkat Nasional. Seluruh calon peserta KRAI melakukan pendaftaran dengan mengirimkan berkas kelengkapan yang ditentukan.

1. Pendaftaran proposal KRAI : 19 – 30 Oktober 2020

2. Evaluasi dokumen pendaftaran KRAI : 9 – 10 November 2020

3. Pengumuman hasil evaluasi KRAI : 12 November 2020

4. Pelaksanaan KRAI 2020 : 20 – 23 November 2020

Peserta

KRAI Daring 2020 dapat diikuti tim mahasiswa dari institusi atau perguruan tinggi Negeri dan perguruan tinggi Swasta yang terdaftar dan berada dalam lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, serta terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

Persyaratan sebagai peserta KRAI adalah sebagai berikut.

1. Berstatus mahasiswa aktif pada Perguruan Tinggi yang berada dalam lingkungan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, serta terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

2. Mendapat persetujuan dari Pimpinan Perguruan Tinggi

3. Setiap Perguruan Tinggi hanya diperkenankan untuk mengirim satu Tim Peserta untuk masingmasing divisi.

Setiap tim KRAI terdiri dari 4 (empat) mahasiswa (termasuk ketua tim). Mahasiswa peserta Kontes

Robot Indonesia adalah mahasiswa aktif yang ditunjukkan dengan Kartu Tanda Mahasiswa masingmasing yang masih berlaku.

Mekanisme Pendaftaran Peserta KRAI 2020 Daring

Dengan berubahnya aturan kontes pada divisi KRAI, maka pendaftaran Kontes Robot ABU Indonesia Daring tahun 2020 dibuka kembali dari awal.

Untuk dapat mengikuti Kontes Robot Indonesia, calon peserta melakukan tahapan sebagai berikut.

1. Memenuhi persyaratan sebagai peserta KRI.

2. Membuat dan mengirimkan dokumen pendaftaran kepada Panitia KRI Tahun 2020 (pengiriman online, dengan alamat sesuai terlampir pada petunjuk pelaksanaan).

3. Seluruh calon peserta KRI yang telah mengirimkan proposal pada masa pendaftaran KRI bulan Maret 2020, tetap membuat dokumen pendaftaran baru yang menyesuaikan dengan perubahan aturan KRAI.

Pengumuman dan Juknis Kontes Robot Abu Indonesia KRAI Daring Tahun 2020 secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link berikut.

Pengumuman KRAI 2020 – Unduh

Juknis KRAI 2020 – Unduh

Demikian juknis Kontes Robot Abu Indonesia KRAI Daring Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.