Home Info Guru Full Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia KOPSI SMP Tahun 2021

Full Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia KOPSI SMP Tahun 2021

97
0

Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia KOPSI SMP Tahun 2021

Rajasoal.com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan  Petunjuk Teknis Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia KOPSI SMP Tahun 2021.

KOPSI diselenggarakan dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif. KOPSI berfokus pada penumbuhan karakter ilmiah melalui kegiatan kompetisi dalam rangka mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa untuk belajar meneliti.

Ide-ide dalam penelitian dapat digali dari berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar peserta didik.

Melalui kegiatan ini, kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan.

Dengan demikian, KOPSI menjadi wadah bagi para siswa SMP/MTs/sederajat untuk mengaktualisasikan minat, bakat, kemampuan dalam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan peserta didik.

Kegiatan ini juga merupakan seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai lomba penelitian nasional dan internasional.

Buku petunjuk pelaksanaan ini akan menjelaskan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan KOPSIsebagai pedoman bagi penyelenggaraan KOPSI SMP tahun 2021.

Tujuan

Tujuab penyelengaraan KOPSI SMP Tahun 2021 adalah sebagai berikut.

1. Tujuan Umum

a. Meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang penelitian yang berasas pendidikan karakter, antara lain religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian, dan gotong royong.

b. Meningkatkan apresiasi peserta didik terhadap inovasi, penemuan, dan daya cipta dalam IPTEK dan menumbuhkan rasa ingin tahu para peserta didik melalui kegiatan penelitian.

c. Memperkuat ajang komunikasi ilmiah bagi peserta didikdalam lingkup sekolah dan antar sekolah serta silaturahmi peneliti dalam proses belajar.

d. Menumbuhkembangkan kecakapan kolaboratif, kooperatif, dan kompetitif secara sehat.

e. Melatih sportivitas dan tanggung jawab para peserta didik dalam menyampaikan atau mengkomunikasikan ide/gagasan cerdas dalam mimbar ilmiah.

f. Meningkatkan persatuan dan kesatuan antara peserta didik di seluruh Indonesia.

2. Tujuan Khusus

a. Meningkatkan budaya meneliti di kalangan siswa.

b. Memperoleh data siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang penelitian.

c. Menjalin komunikasi antarsiswa peneliti dari berbagai daerah.

d. Memilih siswa dari tiga bidang ilmu untuk diikutsertakan dalam berbagai lomba penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional.

e. Memotivasi siswa untuk berkreasi dan berinovasi dalam penelitian pada berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya.

f. Membangun integritas, gigih, sikap bertanggungjawab, peduli terhadap lingkungan, mandiri dan percaya diri.

g. Meningkatkan kemampuan berpikir logis dan analitis, bekerjasama dalam kelompok, serta terampil menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah,

h. Mensosialisasikan dan terapresiasikannya hasil penelitian siswa kepada masyarakat dan dunia usaha/industri.

Sasaran

Sasaran KOPSI SMP tahun 2021 adalah peserta didik SMP/MTs/sederajat di seluruh wilayah Indonesia, dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Tema

Tema dari pelaksanaan KOPSI SMP Tahun 2021 adalah Menduniakan gagasan, Memulihkan Indonesia”.

Petunjuk Teknis (Juknis) pelaksanaan KOPSI SMP Tahun 2021 dan dokumen lainnya secara lengkap dapat di unduh pada tautan berikut ini.

  • Panduan Teknis KOPSI SMP 2021 – Unduh
  • Surat Keterangan Sekolah KOPSI SMP 2021 – Unduh
  • Surat Pernyataan Peserta KOPSI SMP 2021 – Unduh

Demikian Petunjuk Teknis Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia KOPSI SMP Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.