Home Info Guru Full Edaran Pemberitahuan Penyaluran Dana PIP Tahun 2021 Kemdikbud

Full Edaran Pemberitahuan Penyaluran Dana PIP Tahun 2021 Kemdikbud

67
0

Edaran Pemberitahuan Penyaluran Dana PIP Tahun 2021 Kemdikbud 

Rajasoal.com. Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PLPP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Surat Edaran Pemberitahuan Penyaluran Dana PIP Tahun 2021.

Surat Edaran tersebut bernomor 0478/J5/AS.00.01/2021 tertanggal 12 April 2021 perihal Pemberitahuan Penyaluran Dana PIP Tahun 2021.

Edaran Pemberitahuan Penyaluran Dana PIP Tahun 2021 ditujukan kepada Kepala Dinas Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia.

Pengertian Program Indonesia Pintar (PIP)

Di dalam Permendikbud Nomor 10 Tahun 2010 tentang Program Indonesia Pintar disebutkan bahwa  Program Indonesia Pinter (PIP) merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin  untukmembiayai pendidikan

Bantuan pendidikan kepada peserta didik melalui Program Indonesia Pintar merupakan satu upaya pemerintah untuk mendukung pelaksanaan pendidikan menengah universal atau rintisan wajib belajar 12 (dua belas) tahun.

Sedangkan afirmasi pendidikan tinggi yang diberikan kepada mahasiswa bertujuan untuk meningatkan perluasan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi.

Tujuan Program Indonesia Pintar

1. Bagi Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

  • Meningkatkan akses bagi anak usia 6 (enam) tahun sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah untuk mendukung pelaksanaan pendidikan menengah universal/rintisan wajib belajar 12 (dua belas) tahun.
  • Mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi.
  • Menarik siswa putus sekolah (dropout) atau tidak melanjutkan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan di sekolah, sanggar kegiatan belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, lembaga kursus dan pelatihan, satuan pendidikan nonformal lainnya, atau balai latihan kerja.

2. Bagi Pendidikan Tinggi

  • Meningkatkan perluasan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi bagi Mahasiswa warga negara Indonesia yang tidak mampu secara ekonomi.
  • Meningkatkan prestasi Mahasiswa pada bidang akademik dan nonakademik.
  • Menjamin keberlangsungan studi Mahasiswa yang berasal dari daerah terdepan, terluar, atau tertinggal, dan/atau menempuh studi pada perguruan tinggi wilayah yang terkena dampak bencana alam atau konflik sosial.
  • Meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi.

Sasaran PIP

PIP yang diperuntukkan bagianak berusia 6 (enam) tahun sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai dengan tamat satuan pendidikan dasar dan menengah, dengan prioritas sasaran sebagai berikut.

1. Peserta Didik pemegang KIP.

2. Peserta Didikdari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:

  • Peserta Didikdari keluarga peserta Program Keluarga Harapan;
  • Peserta Didik dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera;
  • Peserta Didik yang berstatus yatim piatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan;
  • Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam;
  • Peserta Didik yang tidak bersekolah (dropout) yang diharapkan kembali bersekolah;
  • Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah; atau
  • Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya.

Baca : SK Penetapan Penerima Bantuan PIP MI MTs MA Tahap 1 Tahun 2021

Dana PIP dapat digunakan untuk membantu biaya personal pendidikan peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

Edaran Pemberitahuan Penyaluran Dana PIP Tahun 2021 Kemdikbud

Di dalam edaran Kemdikbud tentang Pemberitahuan Penyaluran Dana PIP Tahun 2021 diinformasikan bahwa Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kemdikbud telah menyalurkan dana Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2021 pada jenjang SD, SMP, dan Pendidikan Kesetaraan.

Penyaluran dana dilakukan kepada peserta didik yang telah memiliki rekening aktif berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Layanan Pendidikan.

Terkait dengan penyaluran dana PIP tersebut, maka disampaikan beberapa hal sebagai berikut.

1. Surat Keputusan (SK) penerima PIP tahun 2021 dan data penerima PIP dapat diunduh melalui laman web aplikasi SIPINTAR (pip.kemdikbud.go.id) oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Sekolah.

2. Penerima PIP yang sudah memiliki rekening SimPel aktif dapat langsung melakukan penarikan dana PIP.

3. Lembaga penyalur PIP untuk SD, SMP, Paket A, dan Paket B adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), sedangkan untuk Paket C adalah Bank Nasional Indonesia (BNI).

4. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota aktif memantau dan mendorong pelaksanaan penarikan dana PIP, agar tertib dan lancar di wilayah masing-masing.

5. Satuan pendidikan berkoordinasi dengan lembaga penyalur dalam proses penarikan dana PIP mulai tanggal 19 April 2021.

6. Selama masa pandemi Covid-19, sekolah agar tetap mematuhi peraturan pembatasan sosial yang dilakukan di wilayah masing-masing. Apabila proses penarikan dana PIP dilakukan oleh siswa secara langsung datang ke bank dapat menimbukan terjadinya pelangaran peratusan pembatasan sosial, maka penarikan dana dapat dilakukan bertahap atau kolektif.

Surat Edaran Pemberitahuan Penyaluran Dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2021 selengkapnya dapat diunduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Surat Edaran yang diterbitkan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kemdikbud, mengenai Pemberitahuan Penyaluran Dana PIP Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.