Home Info Guru Full E-Book Strategi, Metode, dan Model Pembelajaran Efektif Untuk Guru

Full E-Book Strategi, Metode, dan Model Pembelajaran Efektif Untuk Guru

22
0

E-Book Strategi, Metode, dan Model Pembelajaran Efektif Untuk Guru

Rajasoal.com. Guru merupakan ujung tombak pendidikan. Guru profesional diperlukan dalam rangka menghadapi pembelajaran abad 21.

Guru profesional harus memiliki kompetensi yang dipersyaratkan, salah satunya adalah kompetensi profesional.

Kompetensi profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap stuktur dan metodologi keilmuannya.

Baca : Inilah 4 Standar Kompetensi Guru dan Indikator Pengukurannya

Di dalam mencapai kompetensi profesional tersebut, maka guru harus memahami strategi, model, dan metode yang efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Perbedaan Strategi, Metode, dan Model Pembelajaran

Perbedaan strategi, model, dan metode pembelajaran perlu dipahami guru agar dapat menerapkannya dengan tepat di dalam pembelajaran.

1. Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran merupakan cara-cara tertentu yang digunakan secara prosedural dan sistematis dalam suatu aktivitas pembelajaran untuk meningkatkan kualitas hasil dan proses belajar.

Contoh strategi pembelajaran adalah Quantum teaching-learning, Contextual teaching-learning, Mastery learning, Active learning, Discovery-inquiry learning, PAIKEM, dan Cooperative Learning.

Strategi pembelajaran adalah suatu aktivitas pembelajaran yang harus dikerjakan pendidik dan peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran tercapai secara lebih efisien dan efektif.

Di dalam strategi pembelajaran tersirat makna perencanaan. Hal ini berarti bahwa strategi pembelajaran hakikatnya masih bersifat konseptual berkenaan keputusan-keputusan yang nantinya akan diambil dalam rangka melaksanakan proses pembelajaran.

2. Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran merupakan upaya atau cara untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam kegiatan nyata, agar tujuan yang telah disusun tersebut dapat tercapai secara optimal.

Metode pembelajaran digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan dan merupakan cara yang tepat untuk melaksanakan strategi. Dengan demikian, suatu strategi dapat dapat dilaksanakan dengan berbagai metode.

Terdapat beberapa metode pembelajaran yang bisa dipergunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, misalnya metode ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, laboratorium, pengalaman lapangan, brainstorming, penugasan, dan debat.

3. Model Pembelajaran

Model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga akhir yang disajikan secara khas oleh guru.

Model pembelajaran adalah bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran.

Di dalam sebuah model pembelajaran, terdapat sintaks yang menggambarkan keseluruhan langkah yang pada umumnya diikuti oleh serangkaian kegiatan pembelajaran.

Suatu sintaks pembelajaran menunjukkan dengan jelas kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru dan peserta didik, urutan kegiatan, dan tugas-tugas khusus yang harus dilakukan peserta didik.

E-Book Strategi, Metode, dan Model Pembelajaran Efektif Untuk Guru

Di dalam membantu guru menerapkan pembelajaran yang efektif, berikut dibagikan E-Book strategi, metode, dan model pembelajaran.

E-Book strategi, metode, dan model pembelajaran  tersebut terbagi dalam 4 (empat) buku, sebagai berikut.

1. E-Book 95 Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences

Buku ini berisi 95 strategi mengajar Multiple Intelligences. Di dalam buku tersebut diberikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kerja otak dan gaya belajar siswa.

2. E-Book 45 Model Pembelajaran Spektakuler di Sekolah

Buku ini menginformasikan mengena 45 model pembelajaran terbaru yang dapat diterapkan oleh guru agar pembelajaran menjadi lebih efektf.

3. E-Book 53 Metode Pembelajaran dan Aplikasinya

Buku ini berisi 53 metode pembelajaran terbaru dan menarik yang bisa diterapkan oleh guru serta dilengkapi dengan aplikasinya.

4. E-Book 45 Sintak Metode Pembelajaran Berpusat Pada Siswa

Buku ini membahas mengenai sintak 45 metode pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered Learning).

Silakan unduh E-Book Strategi, Metode, dan Model Pembelajaran Efektif Untuk Guru pada link berikut ini.

1. E-Book 95 Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences 

Unduh

2. E-Book 45 Model Pembelajaran Spektakuler di Sekolah

Unduh

3. E-Book 53 Metode Pembelajaran dan Aplikasinya

Unduh

4. E-Book 45 Sintak Metode Pembelajaran Berpusat Pada Siswa

Unduh

Demikian yang dapat dibagikan mengenai E-Book strategi, metode, dan model pembelajaran efektif untuk guru. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.