Home Info Guru Full Download Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMA MA Tahun 2021

Full Download Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMA MA Tahun 2021

13
0

Download Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMA MA Tahun 2021

Rajasoal.com. Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan Petunjuk Teknis (Juknis) FLS2N Jenjang SMA MA Tahun 2021.

Petunjuk Teknis FLS2N Jenjang SMA MA Tahun 2021 ini berisi informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan FLS2N Jenjang SMA/MA.

Juknis FLS2N SMA/MA Tahun 2021 ini sebagai panduan penyelenggaraan FLS2N Jenjang SMA/MA di tingkat daerah dan panduan bagi peserta didik agar dapat berpartisipasi sesuai dengan bidang lomba seni yang dipilih/diikuti.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMA/MA Tahun 2021 merupakan ajang talenta bagi siswa SMA/MA di seluruh Indonesia untuk menunjukkan minat dan bakat di bidang seni.

Kegiatan di bidang seni merupakan media pengungkapan hati dan ekspresi beragam rasa, karsa, naluri, dan pikiran yang bermuara pada penumbuhan nilai-nilai estetika manusia.

Proses kreatif dan daya cipta dalam berkesenian mengungkap kesatuan inovasi, ungkapan rasa, emosi yang sangat dalam tentang eksistensi dan esensi kehidupan.

Penyelenggaraan FLS2N diharapkan mampu menumbuhkembangkan kreativitas dan inovasi untuk mendukung industri kreatif di Indonesia.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMA/MA pada tahun 2021 akan dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional secara daring (online) terkait dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih dialami oleh Indonesia.

FLS2N Jenjang SMA/MA diselenggarakan bertujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang seni.

Adapun bidang seni yang dilombakan dalam FLS2N Jenjang SMA/MA tahun 2021 adalah seni pertunjukan dan seni penciptaan.

Bidang seni pertunjukan mencakup bidang baca puisi, gitar solo, monolog, tari kreasi, dan vokal solo sedangkan bidang seni penciptaan mencakup bidang desain poster, film pendek, kriya, komik digital, dan cipta lagu.

Tema besar FLS2N Jenjang SMA/MA tahun 2021 adalah “Seni Pulihkan Negeri.” Dengan tema tersebut, diharapkan siswa dapat berprestasi dalam situasi dan kondisi apa pun.

Seni mempunyai potensi dan kekuatan untuk membangkitkan semangat dan memulihkan negeri dari dampak pandemi.

Visi dan Misi FLS2N Jenjang SMA/MA

Visi FLS2N Jenjang SMA/MA adalah terwujudnya siswa SMA/MA yang kreatif, cerdas, berprestasi, dan berkarakter melalui penghayatan dan penguasaan seni budaya bangsa sehingga memiliki eksistensi di tingkat dunia.

Sedangkan misi FLS2N Jenjang SMA/MA adalah sebagai berikut.

1. Mendorong siswa untuk berpartisipasi melalui seni dalam upaya memulihkan kondisi bangsa dari situasi pandemi;Meningkatkan kualitas siswa SMA/MA yang mampu mengembangkan potensi dan karakter melalui penghayatan dan penguasaan seni budaya.

2. Memberikan kesempatan yang sama bagi siswa SMA/MA untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian berkesenian melalui kompetisi seni pertunjukan dan seni penciptaan yang berakar pada kearifan lokal dalam konteks kompetisi global.

3. Memberikan pengalaman bagi siswa SMA/MA untuk memahami makna keberagaman dan perbedaan, khususnya dalam hal seni budaya sebagai kekayaan dan kekuatan bangsa.

Tujuan

1. Menjaring siswa SMA/MA berprestasi dalam bidang seni.Memberikan pengalaman berkompetisi untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul khususnya di bidang seni.

2, Menumbuhkembangkan etos berkesenian untuk mencapai prestasi yang tinggi di kancah internasional.

3. Meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa.

4. Membangun persahabatan dan karakter siswa yang toleran terhadap keberagaman.

5. Mempererat persatuan dan kesatuan siswa seluruh Indonesia.

Sasaran

1. Terjaringnya data siswa SMA/MA berprestasi di bidang seni.Terbangunnya pengalaman berkompetisi untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul khususnya di bidang seni.

2, Tercapainya etos berkesenian untuk mencapai prestasi yang tinggi.Meningkatnya kreativitas siswa dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa.

3. Tercapainya persahabatan dan karakter siswa yang toleran terhadap keberagaman.

4. Meningkatnya kesadaran persatuan dan kesatuan siswa seluruh Indonesia.

Ruang Lingkup

Siswa SMA/MA yang bertalenta di bidang seniSMA/MA Negeri dan Swasta di IndonesiaSekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN)Cabang Dinas/UPT/MKKS seluruh Indonesia Dinas Pendidikan Provinsi seluruh IndonesiaAtase Pendidikan dan Kebudayaan

Tema dan Tagar

Tema FLS2N Jenjang SMA/MA tahun 2021 adalah“SENI PULIHKAN NEGERI”.

Seni mempunyai potensi dan kekuatan untuk membangkitkan semangat dan memulihkan negeri dari dampak pandemi.

Tahun ini kegiatan Pusat Prestasi Nasional mengusung tagar #SeniPulihkanNegeri, dengan harapan siswa dapat berprestasi dalam situasi dan kondisi apa pun.

Strategi Pelaksanaan

Sehubungan dengan belum berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia dan mengingat kebijakan Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan memberlakukan protokol kesehatan, FLS2N Jenjang SMA/MA tahun 2021 dilaksanakan dengan strategi daring (online).

Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMA MA Tahun 2021 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut.

Unduh

Baca :

Demikian Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMA MA Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.