Home artikel Full Download Logo Peringatan HUT Pramuka Ke 60 Tahun 2021

Full Download Logo Peringatan HUT Pramuka Ke 60 Tahun 2021

243
0

Download Logo Peringatan HUT Pramuka Ke 60 Tahun 2021

Rajasoal.com. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menerbitkan Surat Keputusan tentang logo peringatan HUT Pramuka ke 60 Tahun 2021.

Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tersebut bernomor 027 Tahun 2021 tentang Logo 60 (Enam Puluh) Tahun Gerakan Pramuka.

Gerakan Pramuka pada tahun 2021 telah genap berusia 60 (enam puluh) tahun sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka.

Di dalam mendukung penyelenggaraan Peringatan 60 (enam puluh) Tahun Gerakan Pramuka, maka perlu menetapkan logo 60 (enam puluh) Tahun Gerakan Pramuka yang dituangkan dalam surat keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Logo HUT Pramuka Indonesia tahun 2021 ini untuk memeriahkan dan mengenang hari bersejarah lahirnya pendidikan kepanduan di Indonesia.

Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka akan menjadi pedoman dalam penyelenggaraan ulang tahun Pramuka Indonesia tahun 2021 ini.

Lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia

Pengenalan Gerakan Pramuka Indonesa kepada masyarakat Indonesia secara resmi sejak tanggal 14 Agustus 1961. Pengenalan gerakan Pramuka ini melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961.

Pada tanggal tersebut, terjadi pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara. Acara pelantikan juga lengkap dengan defile Pramuka untuk dikenalkan kepada masyarakat, setelah acara penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka.

Karena peristiwa itulah, maka pemerintah menetapkab setiap tanggal 14 Agustus sebagai Hari Pramuka Indonesia. Gerakan Pramuka Indonesia merupakan nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.

Baca : Sejarah Singkat Gerakan Pramuka, Masa Hindia Belanda Hingga Sekarang

Kata “Pramuka” adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya.

“Pramuka” menjadi sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Kelompok anggota yang lain, yaitu Pembina Pramuka, Andalan, Pelatih, Pamong Saka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Kepramukaan dimaknai sebagai proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis. Dengan demikian, pendidikan kepramukaan merupakan nama dari kegiatan anggota Gerakan Pramuka.

Pendidikan Kepramukaan

Pendidikan Kepramukaan adalah proses pendidikan yang melengkapi pendidikan di lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis.

Pelaksanaan kegiatan Pendidikan Kepramukaan di alam terbuka dengan menerapkan prinsip dasar Kepramukaan dan metode pendidikan Kepramukaan.

Kegiatan Pendidikan Kepramukaan sesuai dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, aklak dan budi pekerti luhur.

Kepramukaan merupakan sistem pendidikan kepanduan yang pelaksanaannya sesuai dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Pendidikan Kepramukaan sebagai proses pendidikan sepanjang hayat, menggunakan cara-cara yang kreatif, rekreatif, dan edukatif dalam mencapai sasaran dan tujuannya.

Bentuk kegiatan Pendidikan Kepramukaan melalui kegiatan yang menarik, menyenangkan, penuh tantangan, serta sesuai dengan bakat dan minat peserta didik.

Melalui kegiatan tersebut, maka kemantapan mental, fisik, pengetahuan, keterampilan, rasa sosial, spiritual, dan emosional peserta didik dapat berkembang secara baik serta terarah.

Sasaran akhir dari Pendidikan Kepramukaan adalah terbentuknya kepribadian watak, akhlak mulia, dan memiliki kecakapan hidup.

Logo Peringatan HUT Pramuka Ke 60

Puncak dari peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke 60 adalah pada hari Sabtu, tanggal 14 Agustus 2021.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berkewajiban untuk membuat dan mensosialisasikan logo peringatan HUT Pramuka.

Terkait dengan hal tersebut, maka Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui laman resminya, telah merilis logo peringatan HUT Pramuka ke 60 tahun 2021.

Logo HUT Pramuka 2021 ini sebagai perwujudan semangat yang ingin dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka.

Logo HUT Pramuka Indonesia ke 60 selanjutnya menjadi sebuah desain komunikasi visual untuk sarana identifikasi (branding) dan informasi terkait penyelenggaraan Hari Ulang Tahun Pramuka tahun 2021 ini

Visualisasi logo peringatan Hari Ulang tahun HUT Pramuka ke 60 tahun 2021 adalah sebagai berikut.

Makna Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka

Makna/arti Logo Warna Merah berarti berani dan kesatria, sedangkan putih berarti rela dan tulus dalam berbakti.

Angka 60 melambangkan tahun keenam puluh hadirnya Gerakan Pramuka,dengan angka “6” yang tangkainya bekombinasi daun nyiur yang rnenunjurkkan kecintaan Pramuka pada tanah air.

Lambang WOSM di tengah angka “0” menunjukkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di lndonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia.

SK Kwarnas Nomor 027 Tahun 2021 dan Logo 60 Tahun Gerakan  Pramuka selengkapnya dapat di unduh pada link berikut ini.

  • SK Kwarnas Nomor 027 Tahun 2021 – Unduh
  • Logo 60 Tahun Gerakan  Pramuka – Unduh

Demikian logo [eringatan HUT Pramuka Ke 60 Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.