Home Info Guru Full Download Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021

Full Download Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021

37
0

Download Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021

Rajasoal.com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021.

Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN SD) merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para peserta didik di seluruh Indonesia

Kompetisi Sains Nasional tingkat sekolah dasar (KSN SD) Tahun 2021 diharapkan menjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu mencintai sains, berusaha mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis.

Harapannya, pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.

Sebagaimana tahun 2020 lalu, pada tahun ini karena kondisi pendemik masih belum mereda, dengan mengacu pada protokol kesehatan pelaksanaan lomba-lomba dilakukan secara daring/online di bawah pengawasan dari dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi.

Juknis KSN SD Tahun 2021 ini disusun sebagai acuan bagi peserta, satuan pendidikan, dan panitia penyelenggara untuk mempersiapkan dan mengikuti KSN SD tahun ini dengan sebaikbaiknya.

Pelaksanaan KSN SD tahun 2021 masih di laksanakan secara daring/online seperti tahun sebelumnya. KSN SD tahun 2021 merupakan kompetisi ke-2 yang dilaksanakan secara daring/online oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Pelaksanaan KSN SD tahun 2021 terdiri atas 2 (dua) tahap, yaitu tahap penyisihan dan tingkat nasional. Panduan teknis pelaksanaan KSN SD tahun 2021 yang telah disusun merupakan penyempurnaan dari pedoman sebelumnya.

Tujuan

1. Tujuan Umum

Tujuan umum KSN SD tahun 2021 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong.

Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

2. Tujuan Khusus

Tujuan khusus KSN SD tahun 2021 adalah sebagai berikut.

a. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan talenta di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampumengembangkan seluruh aspek kepribadiannya.

b. Memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.

c. Untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari.

d. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat;e.memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan,

e. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Tema

Tema KSN SD tahun 2021 adalah “Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesiaku Kuat”

Sasaran

Sasaran KSN SD tahun 2021 adalah peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat.

Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021 dan dokumen lainnya secara lengkap dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

  • Panduan Teknis KSN SD 2021 – Unduh
  • Silabus KSN SD 2021 – Unduh
  • Surat Keterangan Sekolah KSN SD 2021 – Unduh
  • Surat Pernyataan Pendamping KSN SD 2021 – Unduh
  • Surat Pernyataan Peserta KSN SD 2021 – Unduh

Demikian Petunjuk Teknis Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.