Home Info Guru Full Download Buku Saku Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19

Full Download Buku Saku Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19

15
0

Download Buku Saku Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19

Rajasoal.com. Buku Saku Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 diterbitkan menyusul dikeluarannya SKB 4 Menteri tentang Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Buku Saku Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 dibuat berdasarkan Keputusan Bersama 4 Menteri, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.

Sejak diumumkan oleh Presiden Joko Widodo mengenai kasus pertama Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) pada awal Maret 2020 yang lalu, Indonesia kemudian dihadapkan pada masa pandemi. Hampir seluruh sektor kehidupan lumpuh, tidak terkecuali di bidang pendidikan.

Apalagi saat itu, seluruh satuan pendidikan maupun lembaga pendidikan tinggi memasuki akhir semester genap.

Satuan pendidikan juga menghadapi masa penilaian akhir tahun atau ujian sekolah yang diikuti pula dengan penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kemudian menyikapi kondisi tersebut dengan membuat sejumlah kebijakan.

Mulai dari realokasi anggaran Kemendikbud untuk penanganan penyebaran Covid-19 berupa pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi terkait Covid-19.

Dilakukan pula upaya peningkatan kapasitas rumah sakit pendidikan (RSP), rapid test di lima RSP, serta pengadaan bahan habis pakai.

Pada pertengahan April 2020, Kemendikbud juga menayangkan program Belajar dari Rumah (BDR) yang disiarkan TVRI. Program ini diisi dengan berbagai tayangan edukatif dan menyenangkan sebagai alternatif pembelajaran bagi peserta didik, orang tua, dan guru.

Kebijakan lainnya adalah berupa fleksibilitas bagi kepala sekolah dalam memanfaatkan dana BOS untuk mendukung pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.

Ada pula kebijakan berupa diterbitkannya SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 dan SE Sekjen Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020.

Kedua surat edaran tersebut berisi pelaksanaan kebijakan pendidikan dan panduan penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid-19.

Menjelang pelaksanaan tahun ajaran dan tahun akademik baru 2020/2021, Kemendikbud bersama tiga kementerian lainnya, yaitu Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri menyusun panduan penyelenggaraan pembelajaran.

Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 dimaksudkan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan pembukaan satuan pendidikan untuk pembelajaran tatap muka.

Panduan ini juga menjadi acuan pemerintah daerah dalam mengatur satuan pendidikan sebelum dapat diizinkan melaksanakan pembelajaran tatap muka berdasarkan ketentuan-ketentuan yang diatur di dalamnya.

Karena prinsip utama dalam pembelajaran di tahun ajaran dan tahun akademik baru adalah kesehatan dan keselamatan seluruh peserta didik, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan keluarganya.

Buku Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 disusun untuk mempermudah masyarakat dari berbagai kalangan dalam memahami panduan yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama 4 Menteri dan lampirannya.

Diharapkan kehadiran buku saku ini dapat memberikan manfaat, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat mengetahui bagaimana kebijakan pemerintah pusat terhadap pembelajaran di tahun ajaran dan tahun akademik baru pada masa pandemi Covid-19.

Buku Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 terdiri dari 7 (tujuh) bab, sebagai berikut.

  • Bab I Pendahuluan
  • Bab II Ketentuan Umum
  • Bab III Tugas dan Tanggung Jawab
  • Bab IV Protool Kesehatan Pembelajaran Tatap Muka di Satuan Pendidikan Pada Masa Covid-19
  • Bab V Ketentuan di Jenjang Perguruan Tinggi Serta Lembaga Kursus dan Pelatihan
  • Bab VI Ketentuan Pada Pesantren dan Pendidikan Keagamaan
  • Bab VII Protokol Kesehatan Bagi Pesantren dan Pendidikan Keagamaan

Buku Saku Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

 

Unduh

Demikian informasi mengenai Buku Saku Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.