Home Info Guru Full Contoh Laporan Diklat Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif...

Full Contoh Laporan Diklat Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif 2021

49
0

Contoh Laporan Diklat Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif 2021

Rajasoal.com. Berikut ini kami bagikan contoh laporan Diklat Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Tahun 2021.

Contoh laporan Diklat Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif tahun 2021 ini dapat dikembangkan dan disempurnakan lagi oleh peserta Diklat sesuai kebutuhan.

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif adalah salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Penyelenggaraan program ini untuk menjawab tantangan guru di sekolah reguler/sekolah penyelenggara pendidikan inklusif agar mampu melayani keberagaman peserta didik di kelasnya.

Baca : Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Tahun 2021

Berikut adalah contoh Laporan Diklat Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Tahun 2021.

LAPORAN KEGIATAN DIKLAT
PROGRAM GURU BELAJAR SERI PENDIDIKAN INKLUSIF
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN PELAJARAN 2020/2021

A. Pendahuluan

Di dalam menjalankan profesinya, maka guru akan bertemu dengan banyak peserta didik dengan berbagai keberagamannya. Tugas guru adalah melayani berbagai keberagaman peserta didik tersebut agar mendapatkan layanan pendidikan sesuai kebutuhannya.

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif untuk menjawab tantangan guru di sekolah reguler atau sekolah penyelenggara pendidikan inklusif agar mampu melayani keberagaman peserta didik di kelasnya.

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif adalah salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum, sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Tujuan pelaksanaan Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif adalah agar dapat memberikan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif, dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

B. Rincian Kegiatan Pengembangan Diri

1. Nama Kegiatan

“Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif”.

2. Waktu Pelaksanaan, Tempat, dan Penyelenggara

a. Waktu

1) Pendaftaran (Angkatan 1) : 23 April – 3 Mei 2021

2) Bimtek (Angkatan 1) : 3 – 10 Mei 2021

3) Pelatihan (Angkatan 1) : 19 – 26 Mei 2021

4) Microlearning (Semua Angkatan) : 26 Mei – 31 Juli 2021

5) Pengimbasan (Semua Angkatan ) : 26 Mei – 31 Juli 2021

b. Tempat

Online pada laman sim-gurubelajar.simpkb.id.

c. Penyelenggara

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

3. Tujuan

a. Tujuan Umum

Secara umum Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum, sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

b. Tujuan Khusus

Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif secara khusus bertujuan sebagai berikut.

1) Meningkatkan pengetahuan guru, yaitu tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif, dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

2) Meningkatkan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru untuk melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).

3) Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.

4. Materi

Pelaksanaan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif adalah secara daring dan terbagi menjadi beberapa Angkatan dan serangkaian tahapan pelaksanaan.

Masing-masing peserta di setiap angkatan harapanya dapat menuntaskan beberapa kegiatan sebagai berikut.

Tahap 1 – Bimtek Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
  • Keberagaman Peserta Didik
  • Konsep Dasar Pendidikan Inklusif
  • Sistem Layanan Pembelajaran
Tahap 2 – Pelatihan Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
  • Identifikasi
  • Asesmen
  • Planning Matrix
  • Program Pembelajaran Individual
Microlearning
  • Mengikuti kegiatan Microlearning setelah menyelesaikan tahap Tahap 1 Bimtek dan 2 Pelatihan.
Pengimbasan
  • Melakukan Pengimbasan AKM dengan mengunggah hasil kegiatan berupa video yang di unggah melalui YouTube dan kemudian dikirimkan melalui link URL yang telah disediakan

Setiap pokok sub materi kegiatan, peserta wajib melaksanakan secara berurutan untuk dapat mengikuti ke tahap selanjutnya.

5. Tindak Lanjut

Setelah mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif, maka peserta dapat meningkatkan kompetensi dalam memahami konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

Dengan demikian, guru dapat melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI) pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK).

6. Dampak Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru

Guru dapat lebih memahami karakteristik masing-masing peserta didik, khususnya peserta didik berkebutuhan khusus, sehingga dapat memberikan layanan pembelajaran sesuai kebutuhannya. Hal ini sebagai upaya guru untuk menghargai keberagaman peserta didik di kelas dan mengembangkan kualitas hidup seluruh peserta didik.

C. Penutup

Demikian laporan ini dibuat sebagai bentuk pertangungjawaban tertulis saya sebagai peserta Pendidikan dan Latihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif.

Contoh laporan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif 2021 dalam format MS Word dapat di unduh di sini.

Demikian contoh laporan Diklat Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif 2021.

Semoga bermanfaat untuk membantu peserta dalam menyusun laporan kegiatan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif tahun 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.