Home Info Guru Full Contoh Format Jurnal Mengajar Daring Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021

Full Contoh Format Jurnal Mengajar Daring Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021

148
0

Contoh Format Jurnal Mengajar Daring Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021

Rajasoal.com. Jurnal mengajar diperlukan sebagai bagian dari perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki guru pada tahun pelajaran 2021/2022. Pembelajaran di tahun pelajaran 2021/2022 masih akan dilakukan secara daring (online), sehingga guru perlu menyusun jurnal mengajar secara daring.

Jurnal mengajar merupakan salah satu dokumen perangkat pembelajaran yang ditulis oleh guru secara terus menerus setiap melaksanakan pembelajaran.

Jurnal mengajar adalah bagian dari Buku Kerja Guru yang perlu disiapkan guru sebelum memulai pembelajaran pada semester baru.

Fungsi Jurnal Mengajar Guru

Jurnal mengajar guru memiliki fungsi penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Jurnal mengajar digunakan guru untuk mencatat hal-hal terjadi dalam proses pembelajaran.

Jurnal mengajar berfungsi sebagai rekaman kegiatan pembelajaran, sehingga sering disebut juga sebagai jurnal reflekif guru.

Melalui jurnal mengajar tersebut, guru akan dapat menganalisis jenis hambatan pembelajaran dan juga kemajuan proses pembelajaran. Jurnal mengajar juga dapat menjadi acuan atau tolok ukur kualitas penyelenggaraan pembelajaran.

Format Jurnal Mengajar Guru

Di dalam membuat format mengajar guru, perlu diperhatikan komponen-komponen yang akan diisi sesuai kegiatan pembelajaran pada kurikulum yang berlaku.

Dengan demikian, penyusunan format mengajar guru dapat dilakukan sendiri oleh guru dan dikembangkan sesuai kebutuhan pembelajaran.

Contohnya, jika satuan pendidikan menerapkan pembelajaran dengan Kurikulum 2013, maka jurnal yang dibuat adalah jurnal mengajar guru Kurikulum 2013.

Berikut ini adalah beberapa komponen yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan jurnal mengajar guru.

1. Hari dan tanggal pelaksanaan pembelajaran

2. Materi pokok yang akan diajarkan

3. Batasan materi yang telah diajarkan

4.  Catatan temuan yang terjadi saat pembelajaran

5. Catatan refleksi pembelajaran untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya.

6. Kehadiran peserta didik

Format jurnal mengajar guru minimal berisi hal-hal berikut.

1. Identitas jurnal

  • Mata Pelajaran
  • Kelas
  • Semester
  • Tahun Pelajaran

2. Hari, Tanggal

3. Tema, Sub Tema (Untuk Jurnal Mengajar SD)

4. Pertemuan Ke atau Jam Ke

5. Nomor Kompetensi Dasar (KD)

6. Materi Pokok

7. Kegiatan Pembelajaran

8. Penilaian Pembelajaran

9. Kehadiran Peserta Didik

  • Sakit
  • Ijin
  • Tanpa Keterangan (Alpha)

10. Catatan Khusus

Contoh Format Jurnal Mengajar Daring Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021

Terdapat beberapa model atau bentuk jurnal mengajar yang dapat digunakan guru. Karena dalam masa pandemi, maka penyusunan jurnal mengajar daring tahun pelajaran 2021/2022 tentu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing satuan pendidikan.

Memasuki tahun pelajaran 2021/2022, pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Ristek, tampaknya masih akan memberlakukan pembelajaran jarak jauh dalam bentuk Belajar Dari Rumah (BDR) untuk mencegah meluasnya penularan Covid-19.

Di dalam SE SE Sesjen Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Belajar Dari Rumah, dijelaskan bahwa salah satu prinsip kegiatan BDR adalah untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum

Terkait dengan hal tersebut, maka satuan pendidikan perlu memilih materi esensial untuk diterapkan dalam pembelajaran jarak jauh pada kondisi khusus di tahun pelajaran 2021/2022 ini.

Tidak semua kompetensi harus dipenuhi dalam pelaksanaan pembelajaran pada kondisi khusus, seperti masa pandemi saat ini. Guru dapat memilih KI dan KD yang penting dengan disesuaikan kebutuhan.

Di bawah ini adalah contoh format jurnal mengajar daring masa pandemi Covid-19 sebagai referensi guru untuk membuat jurnal mengajar di tahun pelajaran 2021/2022

Contoh format jurnal mengajar daring SD – Unduh

Contoh format jurnal mengajar daring SMP – Unduh

Demikian contoh format jurnal mengajar daring masa pandemi Covid-19 tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.