Home Info Guru Full Buku Panduan Penilaian Berbasis Kelas Teknik Penilaian Formatif SMP

Full Buku Panduan Penilaian Berbasis Kelas Teknik Penilaian Formatif SMP

39
0

Buku Panduan Penilaian Berbasis Kelas Teknik Penilaian Formatif SMP

Rajasoal.com. Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Kemendikbud telah menerbitkan Buku Panduan Penilaian Berbasis Kelas Teknik Penilaian Formatif SMP.

Setiap guru profesional perlu melakukan penilaian formatif dengan baik karena untuk memperoleh informasi dari pemantauan kemajuan penguasaan kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran yang menjamin pencapaian optimal bagi setiap siswa.

Meskipun pada umumnya, baik secara sadar atau tidak, guru telah melakukan penilaian formatif, sebagian besar dari mereka belum melakukannya secara terencana dan konsisten dengan frekuensi dan kualitas yang memadai karena beberapa alasan.

Di antara alasanalasan tersebut adalah karena terbatasnya pengetahuan mengenai berbagai macam teknik penilaian formatif.

Penilaianpenilaian yang biasa dilakukan oleh guru adalah penilaian sumatif dengan tujuan untuk mengukur pencapaian belajar siswa yang digunakan untuk membuat keputusan apakah siswa lulus atau tidak lulus, naik atau tidak naik kelas, atau lanjut atau tidak ke kompetensi berikutnya.

Penulisan buku Penilaian Berbasis Kelas Teknik Penilaian Formatif SMP ini didorong oleh idealisme untuk menciptakan pembelajaran yang efektif agar pencapaian belajar semua siswa optimal.

Sejalan dengan prinsipprinsip pembelajaran abad ke21, kegiatan pembelajaran dirancang dan dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan siswa pada setiap tahapan belajar (studentcentered learning).

Pelaksanaan pembelajaran merupakan kegiatan yang dinamis, menyesuaikan dengan perkembangan penguasaan kompetensi oleh siswa, selain motivasi dan gaya belajar siswa serta aspekaspek lain yang berpengaruh dalam proses pembelajaran.

Penyesuaianpenyesuaian kegiatan pembelajaran tersebut hanya akan dapat dilakukan apabila penilaian formatif yang menyatu dengan proses pembelajaran dilakukan.

Penilaian formatif memungkinkan guru memperoleh informasi mengenai perkembangan penguasaan kompetensi siswa pada setiap tahap pembelajaran.

Informasi tersebut sangat berguna bagi guru untuk mengambil tindakantindakan yang diperlukan untuk memastikan bahwa setiap siswa mencapai penguasaan yang optimum.

Semua guru diharapkan mempelajari berbagai macam teknik penilaian formatif agar dapat melaksanakan penilaian formatif dengan baik untuk memastikan bahwa pembelajaran yang disajikan efektif bagi setiap siswa sehingga penguasaan kompetensi siswa optimum.

Baca : Penilaian Formatif dan Sumatif : Pengertian, Tujuan, Serta Perbedaannya

Buku Penilaian Berbasis Kelas/Teknikteknik Penilaian Formatif untuk Sekolah Menengah Pertama ini disusun untuk memberi inspirasi kepada para guru SMP dalam melaksanakan penilaian formatif yang menyatu dengan pembelajaran yang disajikannya.

Secara singkat dalam buku ini disajikan konsep penilaian formatif yang disertai contohcontoh yang diambilkan dari praktik seharihari agar para guru memiliki pengetahuan dan keterampilan praktis dalam melaksanakan penilaian formatif.

Cakupan dan Organisasi Buku

Buku Penilaian Berbasis Kelas/Teknikteknik Penilaian Formatif Kelas untuk SMP ini secara ringkas menguraikan konsep dan pelaksanaan penilaian formatif. Pertama adalah pengertian, tujuan, prinsipprinsip penilaian formatif, hubungan antara penilaian formatif dan pembelajaran.

Cakupan dan berbagai macam teknik penilaian formatif dan pemberian umpan balik oleh guru. Kedua adalah teknik dan contohcontoh penilaian formatif untuk sikap, pengetahuan, keterampilan, kecakapan belajar siswa, dan kesesuaian materi dan metode pembelajaran yang digunakan guru.

Uraian singkat setiap contoh teknik penilaian formatif mencakup pengertian, tujuan, contoh operasional, prosedur, analisis hasil, dan umpan balik beserta tindak lanjut.

Ketiga, perencanaan pembelajaran dan penilaian formatif dijelaskan untuk memberi gambaran bagaimana guru merencanakan pembelajaran dan penilaian formatif dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Penjelasanpenjelasan dilengkapi dengan infografis yang diharapkan membantu mempermudah memahami konsep dan contohcontoh yang diuraikan.

Pengertian Penilaian Formatif

Penilaian formatif yang juga biasa disebut assessment for learning didefinisikan sebagai proses mengumpulkan data mengenai sejauh mana kemajuan siswa dalam menguasai kompetensi, menginterpretasikan data tersebut, dan memutuskan kegiatan pembelajaran yang paling efektif untuk memfasilitasi setiap siswa mencapai penguasaan materi/kompetensi yang optimal.

Penilaian formatif merupakan bagian dari langkahlangkah pembelajaran dan dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Penilaian formatif merupakan bagian dari praktik keseharian guru dan siswa di dalam proses belajar mengajar di kelas. Penilaian formatif berbeda dengan penilaian sumatif. Penilaian sumatif dilaksanakan pada akhir pembelajaran satu atau beberapa kompetensi dasar.

Hasil penilaian sumatif digunakan untuk membuat keputusan apakah seorang siswa dapat melanjutkan atau tidak dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya, naik kelas atau tidak, dan lulus atau tidak lulus.

Hasil penilaian sumatif diperhitungkan dalam pengolahan nilai pada buku rapor. Namun demikian, hasil penilaian sumatif sebenarnya juga dapat dipakai untuk memutuskan tujuan
dan kegiatan pembelajaran berikutnya.

Prinsipprinsip Penilaian Formatif

Sejumlah prinsip melandasi pelaksanaan penilaian formatif. Di antara prinsipprinsip
tersebut adalah sebagai berikut.

1. Terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung.

2. Melibatkan siswa dalam pelaksanaannya (misalnya melalui penilaian diri, penilaian
antarteman, dan refleksi metakognitif terhadap proses belajarnya).

3. Berkenaan tidak hanya dengan kemajuan penguasaan ranah sikap, pengetahuan, dan
keterampilan, tetapi juga motivasi belajar, sikap terhadap pembelajaran, gaya belajar,
dan kerjasama dalam proses pembelajaran
.

Teknik-teknik Penilaian Formatif

Teknikteknik penilaian formatif sangat berkaitan dengan metode pembelajaran yang dilakukan. Metode pembelajaran yang dapat mengukur ketercapaian kompetensi yang diharapkan pada keterampilan abad ke21 antara lain pembelajaran dengan metode ilmiah, inquiry/discovery learning, pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), dan pembelajaran berbasis masalah (ProblemBased Learning).

Metodemetode pembelajaran tersebut dapat mengukur kemampuan keterampilan abad ke21 yang mencakup tiga hal, yaitu literasi dasar (bagaimana siswa dapat menerapkan keterampilan dasar seharihari), kompetensi 4 C (critical thingking/problem solving, creativity, communication, dan colaboration), dan kualitas karakter (bagaimana siswa beradaptasi pada lingkungan yang dinamis).

Berdasarkan metode pembelajaran yang digunakan, guru dapat mengembangkan teknik penilaian formatif dan instrumen penilaian yang tepat untuk memantau ketercapaian kompetensi yang diharapkan.

Pengembangan teknik penilaian yang dapat digunakan dalam penilaian formatif berkaitan dengan beberapa metode pembelajaran di atas dapat dikelompokkan dalam bentukbentuk kegiatan antara lain sebagai berikut.

1. Pertanyaan

2. Diskusi

3. Aktivitas

4. Konferensi

5. Interviu

6. Penilaian Diri

Buku Panduan Penilaian Berbasis Kelas Teknik Penilaian Formatif SMP selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai Buku Panduan Penilaian Berbasis Kelas Teknik Penilaian Formatif SMP. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.