Home Aplikasi Guru Full Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Terbaru Tahun 2021

Full Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Terbaru Tahun 2021

24
0

Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Terbaru Tahun 2021

Rajasoal.com. Berikut ini kami bagikan aplikasi analisis butir soal Pilihan Ganda terbaru tahun 2021. Aplikasi analisis butir soal pilihan ganda ini untuk membantu guru dalam mengkaji dan mengidentifikasi kualitas soal sebagai instrumen penilaian pembelajaran.

Analisis butir soal (item analysis) merupakan suatu kegiatan dalam menentukan tingkat kebaikan butir-butir soal suatu tes. Informasi yang diperoleh dari kegiatan analisis butir soal dapat digunakan untuk memperbaiki butir soal yang sudah dibuat.

Analisis butir soal dapat dilakukan apabila suatu tes telah selesai dilaksanakan dan diperoleh jawaban terhadap butir-butir soal yang diteskan.

Identifikasi terhadap setiap butir item soal perlu dilakukan untuk penyempurnaan kembali terhadap butir-butir soal yang dibuat guru, sehingga akan tersusun soal yang berfungsi sebagai alat pengukur hasil belajar dengan kualitas tinggi.

Soal yang bermutu adalah soal yang dapat memberikan informasi sejelas-jelasnya tentang peserta didik yang sudah dan yang  belum menguasai materi pembelajaran.

Analisis butir soal dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif berkaitan dengan isi dan bentuk soal (validitas isi dan validitas konstruk).

Sedangkan analisis kuantitatif berhubungan dengan ciri-ciri statistiknya (pengukuran validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran butir soal).

Tujuan Analisis Butir Soal

Berikut ini adalah tujuan dari kegiatan analisis butir soal.

1. Mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yang bermutu,

2. Meningkatkan kualitas butir tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif (tidak valid),

3. Mengetahui informasi diagnostik pada peserta didik tentang pemahaman materi yang diajarkan.

Manfaat Kegiatan Analisis Butir Soal

Analisis butir soal memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai berikut.

1. Membantu pengguna tes dalam mengevaluasi kualitas tes yang digunakan,

2. Sesuai untuk penyusunan tes informal, seperti tes yang disiapkan guru untuk peserta didik.

3. Mendukung penulisan soal yang efektif dan berkualitas.

4. Meningkatkan validitas dan reliabilitas soal sehingga tercipta soal yang berkualitas.

Melalui kegiatan analisis butir soal, guru akan dapat menentukan soal-soal yang baik dan soal-soal yang cacat atau tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu, guru dapat merevisi soal-soal yang sudah tidak relevan dengan materi yang diajarkan dengan melihat banyaknya peserta didik yang tidak mampu menjawab butir soal tertentu.

Teknik Analisis Butir Soal

Kegiatan analisis kualitas butir soal dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara kualitatif dan kuantitatif.

Analisis secara kualitatif berkaitan dengan isi dan bentuknya, sedangkan secara kuantitatif berkaitan dengan ciri-ciri statistiknya.

Kedua teknik ini masing-masing memiliki keunggulan dankelemahan masing-masing. Oleh karena itu, teknik terbaik dalammenganalisis kualitas butir soal adalah dengan menggunakan keduanya.

Baca juga :

Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda

Di dalam membantu guru melakukan kegiatan analisis butis soal, berikut dibagikan aplikasi analisis butir soal berbentuk Pilihan Ganda dan dilengkapi dengan contoh pengisiannya.

Berikut ini beberapa tampilan menu pada aplikasi analisisi butir soal Pilihan Ganda yang kami bagikan.

1. Profil Soal

Profil ini harus diisi secara manual, jika ingin copy paste maka gunakan paste special value, agar tidak merubah format yang ada, karena aplikasi tidak diprotect dengan password.

2. Data Soal

Merupakan data-data mengenai ujian/ulangan yang harus diisi. isian tersebut antara lain : Nama Ujian, Jenis Ujian, Jumlah soal, Skala ilai, Skor benar, skor salah, skor tidak menjawab, kunci jawaban, hari ujian, tanggal ujian/ulangan, dan tanggal koreksi.

3. Jawaban PG

Merupakan jawaban dari peserta ujian/ulangan yang harus diisi satu persatu. Di dalam sheet ini hanya mengetikkan jawaban pesertanya saja. setelah itu biarkan aplikasi yang bekerja.

4. Skor PG

Sheet yang berisi skor dari tiap jawaban peserta, dan jumlah, benar, salah, tidak menjawab, serta skor total juga nilai dari peserta ujian/ulangan sudah dapat diketahui.

5. Daftar Nilai

Merupakan rekap nilai dari seluruh peserta, sehingga dapat diketahui skor dan nilai dari peserta ujian/ulangan.

6. Konversi Nilai

Sheet ini merupakan konversi dari nilai awal peserta. pada bagian ini, harus mengisi nilai terendah dan tertinggi yang diinginkan oleh guru.

7. Analisis butir soal PG

Lembar kerja ini berisi hasil analisis butir soal pilihan ganda. Aspek yang dianalisis antara lain indeks pembeda soal, tingkat kesukaran dan validitas soal, sehingga diharapkan menjadi evaluasi bagi pengguna aplikasi untuk memperbaiki sola yang tidak valid atau terlalu sukar.

8. Analisis ulangan

Analisis ulangan ini berbeda dengan analisis butir soal, karena hanya menentukan rangking peserta, ketuntasan peserta, daya serap dan standar deviasi dari nilai-nilai peserta sehingga dapat diketahui kemampuan peserta berdasarkan hasil yang diperoleh.

9. Program Remedial

Sheet ini menginformasikan kepada pengguna aplikasi tentang peserta yang mengikuti remedial atau tidak.

Aplikasi analisis butir soal bentuk Pilihan Ganda tersebut secara lengkap dapat di unduh pada tautan link berikut ini.

Aplikasi Butir Soal Pilihan Ganda – Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai aplikasi analisis butir soal Pilihan Ganda terbaru tahun 2021. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.