Home Berita Full 9 Makanan Tinggi Antioksidan Untuk Jaga Imun Tubuh Saat Puasa

Full 9 Makanan Tinggi Antioksidan Untuk Jaga Imun Tubuh Saat Puasa

52
0

9 Makanan Tinggi Antioksidan Untuk Imun Tubuh Saat Puasa

Rajasoal.com. Menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa sangatlah penting. Salah satu cara menjaga sistem imun saat puasa adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

Aktioksidan merupakan salah satu zat alami yang dapat mengurangi, mencegah, dan menghentikan berbagai kerusakan sel-sel tubuh akibat pengaruh radikal bebas.

Antioksidan berfungsi penting untuk melindungi tubuh dengan cara memutus mata rantai pembentukan radikal bebas (oksidan) dan meningkatkan daya tahan tubuh (imun) secara keseluruhan.

Kadar oksidan dalam tubuh bisa meningkat, jika kita berada dalam lingkungan dengan polusi udara yang tinggi atau pola hidup yang tidak sehat.

Tubuh membutuhkan antioksidan untuk menjaga kestabilan radikal bebas, sehingga sel-sel tubuh tetap dalam kondisi sehat. Kemampuan bahan antioksidan dapat melindungi dan merekonstruksi kerusakan sel akibat proses oksidasi di dalam sel.

Berikut ini adalah 9 makanan tinggi antioksidan untuk jaga imun tubuh saat puasa.

1. Tomat

Tomat dikenal sebagai buah yang menyegarkan dan biasa digunakan sebagai campuran sayur. Tomat mengandung bahan antioksidan bernama likopen yang berfungsi untuk mencegah resiko terkena kanker.

Kandungan likopen pada tomat juga baik untuk melindungi fungsi hati dan menurunkan kolesterol.

2. Anggur Merah

Anggur merah mengandung flavonoid dan antosianin sebagai bahan antioksidan. Anggur merah dikenal memiliki sumber nutrisi lengkap bagi tubuh, seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, dan selenium.

Anggur merah juga rendah kalori sehingga dapat menjadi pilihan buah pendamping yang tepat untuk diet tubuh.

Flavonoid pada anggur merah mampu menangkal radikal bebas dan melawan penuaan dini. Selain itu, kandungan zat pada anggur merah mampu menurunkan resiko penyakit asma, karena memberikan kekuatan untuk sistem hidrasi pada paru-paru.

3. Mangga

Seperti halnya labu, buah mangga juga mengandung beta karoten sebagai bahan antioksidan bagi tubuh.

Kandungan beta karoten pada mangga sangat baik untuk mencegah berbagai jenis kanker dan berbagai penyakit mata,

Kandungan serat, vitamin C, dan pektin dalam jumlah tinggi pada mangga dapat menurunkan kolesterol.

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung sulfur allium sebagai bahan antioksidan alami yang penting untuk kesehatan tubuh. Bawang putih juga mengandung vitamin C, vitamin B6, selenium, dan serat.

Baca : Segudang Manfaat Kurma Untuk Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

Bawang putih dapat langsung dimakan mentah atau digunakan sebagai bumbu masakan sebagai penyedap agar aroma masakan semakin kuat.

Mengonsumsi bawang putih secara rutin terbukti efektif mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti jantung, hipertensi, dan kerusakan pembuluh darah.

5. Terong

Terong mengandung bahan antosianin yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Zat antosianin ini berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Kandungan serat yang tinggi pada terong dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat dan melindungi tubuh dari resiko kanker usus serta masalah kesehatan akibat kurang serat.

Terong juga mengandung bioflavonoid yang mampu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

6. Labu

Labu mengandung bahan antioksidan alami yang bernama beta karoten. Labu juga dapat menjadi makanan untuk orang yang sedang diet, karena kandungan kalorinya yang rendah.

Beta karoten pada  labu berfungsi untuk mencegah kerusakan kulit karena paparan sinar matahari. Kandungan serat yang tinggi pada labu juga berfungsi untuk menurunkan berat badan dan memelihara pencernaan.

7. Bayam

Bayam segar memiliki berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bayam mengandung sedikit kalori, sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan dan kolesterol.

Bayam juga mengandung zat besi tinggi yang sangat baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan metabolisme sel tubuh.

Bahan antioksidan pada bayam, seperti vitamin A, flavonoid, vitamin C, lutein, dan beta karoten sangat baik untuk berlindungan tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.

8. Wortel

Wortel juga mengandung bahan antioksidan alami berupa beta karoten, Wortel juga terbukti mengandung banyak vitamin A.

Baca : 10 Jenis Sayuran Serat Tinggi Untuk Mencegah Sembelit

Kandungan vitamun A dan beta karoten pada wortel sangat baik untuk mendukung kesehatan mata dan perlindungan terjadap kanker, khususnya kanker paru-paru. Kandungan falcarinol pada wortel berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

9. Apel

Apel mengandung serat yang tinggi dan juga rendah kalori. Kandungan serat yang tinggi pada apel dapat menurunkan kolesterol dan membantu tubuh dalam menyimpan kadar kolesterol yang baik.

Kandungan asam ursorat pada apel dapat menurunkan resiko obesitas dan meningkatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Apel mengandung quercetin sebagai bahan antioksidan alami yang dapat menurunkan resiko kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mendukung kesehatan jantung.

Demikian 9 makanan tinggi antioksidan untuk jaga imun tubuh saat puasa. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.