Home Kesehatan Full 10 Jenis Sayuran Serat Tinggi Untuk Mencegah Sembelit

Full 10 Jenis Sayuran Serat Tinggi Untuk Mencegah Sembelit

99
0

10 Jenis Sayuran Serat Tinggi Untuk Mencegah Sembelit

Rajasoal.com. Sembelit atau dalam istilah medisnya konstipasi merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan yang sering terjadi.

Sembelit dapat juga diartikan sebagai masalah buang air besar atau kondisi dimana buang air besarnya tidak teratur.

Secara umum, manusia buang airs besar setidaknya lebih dari tiga kali dalam seminggu. Akan tetapi, jika frekuensi buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu, maka seseorang tersebut dapat dikatakan mengalami sembelit (konstipasi), Akibatnya, feses menjadi kering dan keras sehingga lebih sulit untuk dikeluarkan.

Penyebab sembelit bisa dari karena berbagai faktor. Sembelit dapat disebabkan karena pola makan yang buruk dan kondisi medis tertentu.

Pola makan yang buruk sebagai penyebab sembelit diantaranya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan rendah serat.

Terdapat dua jenis serat pada makanan, yairu serat yang dapat larut (soluble fiber) dan serat yang tidak dapat larut (insoluble fiber)

Setelah dikonsumsi, serat akan terbawa di dalam usus halus menuju usus besar untuk kemudian dibuang.

Makanan yang tinggi serat akan sangat membantu dalam proses metabolisme dalam usus besar, sehingga akan melancarkan buang air besar.

Serat larut (soluble fiber) adalah serat yang masih dapat dicerna di dalam tubuh. Serat jenis ini akan mengikat lemak yang berasal dari makanan untuk kemudian dibuang.

Serat tidak larut (insoluble fiber) merupakan serat yang tetap utuh hingga dikeluarkan dari dalam tubuh. Serat ini dapat membuat perut merasa kenyang dalam waktu lama, sehingga bermanfaat untuk diet.

Anjuran konsumsi serat untuk orang dewasa per hari adalah 25 – 35 gram, yang terbagi menurut jenis kelamin. Seorang perempuan dewasa membutuhkan sekitar 25 gram serat per hari dan laki-laki dewasa memerlukan serat sekitar 38 gram per hari.

Serat tinggi bisa diperoleh dari sayuran. Selain kaya akan vitamin dan mineral, beberapa jenis sayuran juga mengandung serat tinggi yang berguna untuk kesehatan tubuh. khususnya mencegah sembelit.

Berikut ini adalah 10 jenis sayuran serat tinggi untuk mencegah terjadinya sembelit.

1. Kangkung

Kangkung memiliki kandungan kalsium dan vitamin yang tinggi dan juga merupakan makanan tinggi serat, yaitu sebanyak 2 gram serat per 100 gram kangkung.

2. Bayam

Bayam memiliki kadar serat yang sangat tinggi, yaitu sebanyak 2,8 gram per 100 gram bayam yang dikonsumsi setiap harinya.

3. Kentang

Kentang selain mengandung karbohidrat tinggi, juga memiliki kadar serat yang cukup banyak, yaitu sekitar 3 gram serat per 100 gram kentang.

4. Wortel

Wortel dikenal karena mengandung banyak vitamin A. Wortel juga memiliki kadar serat yang sangat tinggi dibanding sayuran lainnya, yaitu sekitar 4 gram per 100 gram wortel.

5. Timun Jepang

Sayuran ini biasa disebut suki, merupakan jenis timun hijau pekat dan memiliki kadar serat yang cukup, dengan 0,5 gram serat setiap 100 gram timun jepang.

6. Daun Selada

Daun selada juga termasuk sayuran yang memiliki serat cukup tinggi, yaitu sekitar 0,6 gram serat per 100 gram daun selada.

7. Seledri

Selain bermanfaat dalam memperlambat proses penuaan pada tubuh, seledri juga memiliki kadar serat sebanyak 1,5 gram per 100 gr seledri.

8. Brokoli

Sayuran jenis ini memiliki kadar serat yang cukup sekitar 0,9 gram per 100 gram dan merupakan salah satu makanan rendah kolesterol yang sangat sehat untuk diet.

9. Buncis

Buncis memiliki kandungan serat yang tinggi. Setiap 100 gram buncis mengandung 1,2 gram serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

10. Pare

Sayuran yang terkenal pahit ini ternyata memiliki kandungan vitamin C, asam amino, kalsium dan serat dengan kadar 0,8 gram per 100 gram pare.

Baca :

Demikian 10 jenis sayuran serat tinggi untuk mencegah sembelit. Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.