Home Info Guru Download Juklak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O2SN SMP Tahun 2018

Download Juklak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O2SN SMP Tahun 2018

11
0

Download Juklak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O2SN SMP Tahun 2018

Rajasoal.com – Pendidikan jasmani dan kesehatan akan dapat menunjang pengembangan karakter peserta didik baik secara organis, neuromuskuler, intelektual, emosional dan sosial, serta meningkatkan daya cipta, rasa dan karya peserta didik.

Muaranya adalah pada upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya di bidang olahraga, serta Penguatan Pendidikan Karakter.

Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Strathclyde, Inggris, dimana menemukan bahwa kemampuan akademik seorang pelajar remaja akan meningkat, jika rajin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

Seorang pelajar yang berusia remaja akan lebih berpeluang untuk mendapatkan nilai yang bagus di sekolahnya, jika dia semakin rajin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Pemerintah Indonesia terus berupaya memasyarakatkan olahraga dan  mengolahragakan masyarakat.

Di tingkat pendidikan dasar, aktivitas olahraga terus digalakkan, baik dalam pembelajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, ataupun lomba-lomba.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah menyelenggarakan kompetisi olahraga secara berjenjang  dan bertahap, mulai tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, sampai dengan tingkat nasional.

Kompetisi yang dimaksud adalah Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP merupakan suatu wahana bagi peserta didik untuk mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter melalui pembinaan kegiatan olahraga yang dilakukan secara bertahap dan berjenjang.

Kegiatan O2SN juga merupakan wahana pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga, serta penumbuhan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kedispilinan, kreativitas, daya juang, jujur, sportif, kompetitif, solidaritas, dan bertanggung jawab.

Download Juklak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O Download Juklak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O2SN SMP Tahun 2018
Download Juklak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O2SN SMP Tahun 2018

Sehingga, pelaksanaan O2SN SMP Tahun 2018 membutuhkan panduan yang dapat digunakan untuk petunjuk bagi pelaksanaan O2SN SMP Tahun 2018 baik mulai tahap sekolah, kecamatan, kabupten/kota, provinsi, hingga tahap nasional.

Petunjuk Pelaksanaan O2SN SMP Tahun 2018 ini tidak hanya berisi juknis pelaksanaan lomba O2SN, tapi juga memberikan perspektif pentingnya O2SN SMP Tahun 2018.

  1. Meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap bidang olahraga.
  2. Meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif.
  3. Meningkatkan kesehatan jasmani.
  4. Meningkatkan mutu akademis.
  5. Menciptakan kondisi kompetitif secara sehat.
  6. Melatih sportivitas dan tanggung jawab.
  7. Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga.
  8. Meningkatkan persatuan dan kesatuan antara siswa seluruh Indonesia.

  • Tema Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP Tahun 2018

“Melalui Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Membentuk Pelajar yang Berprestasi Akademi, Olahraga, dan Berbudi Pekerti Luhur”

  • Hasil yang diharapkan dari Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP Tahun 2018

  1. Adanya peningkatan kondisi kesehatan jasmani siswa di sekolah sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis.
  2. Terpilihnya siswa terbaik dalam bidang olahraga, sebagai bibit unggul atlet pada tingkat wilayah tertentu.
  3. Terjalinnya kesatuan dan persatuan antar siswa seluruh Indonesia melalui O2SN.

  • Tahap Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP Tahun 2018

Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP Tahun 2018 dilaksanakan melalui beberapa tahap sebagai berikut.

1. Tingkat Sekolah

Mekanisme pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) diserahkan sepenuhnya kepada sekolah. Cabang olahraga yang dipertandingkan mengacu pada kegiatan yang akan dilaksanakan di kecamatan, kabupaten/kota atau provinsi.

Sekolah menentukan peserta yang akan mengikuti kegiatan olimpiade olahraga tingkat selanjutnya. Peserta yang dikirim merupakan perwakilan sekolah, yang disahkan dengan SK kepala sekolah.

2. Tingkat Kecamatan

Pelaksanaan O2SN SMP tingkat kecamatan dilaksanakan apabila jumlah sekolah yang akan berpartisipasi dalam O2SN di kecamatan cukup banyak.

Olimpiade olahraga tingkat kecamatan bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh sekolah untuk berpartisipasi.

Peserta yang menjadi wakil kecamatan disahkan dengan SK kepala sekolah dan SK Kepala Seksi Pendidikan kecamatan.

Struktur dan wewenang di tingkat kecamatan ini dapat disesuaikan dengan kondisi wilayah. Pemenang tingkat kecamatan berhak mengikuti O2SN tingkat kabupaten/kota.

3. Tingkat Kabupaten/Kota

Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP tingkat kabupaten adalah ajang kompetisi bagi peserta lomba yang mewakili kecamatan.

Peserta yang mewakili O2SN di tingkat kabupaten/kota disahkan dengan SK Kepala Seksi Kecamatan atau Ketua Penyelenggara O2SN di tingkat Kecamatan.

Pemenang tingkat kabupaten/kota berhak mengikuti O2SN SMP tingkat provinsi disahkan dengan SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

4. Tingkat Provinsi

Kegiatan O2SN SMP tingkat provinsi adalah kegiatan yang diikuti oleh peserta juara tingkat kabupaten/kota. Cabang olahraga yang dipertandingkan mengacu pada kegiatan tingkat nasional.

Pemenang tingkat provinsi akan menjadi wakil untuk mengikuti O2SN SMP tingkat nasional dengan SK Penetapan Peserta O2SN yang disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.

5. Tingkat Nasional

O2SN SMP tingkat nasional adalah kegiatan yang diikuti oleh pemenang tingkat provinsi. Jenis cabang olahraga yang dipertandingkan/diperlombakan sesuai dengan cabang olahraga yang tercantum dalam Petunjuk Pelaksanaan (Juklak).

Provinsi menginformasikan keikutsertaan kepada Panitia Pusat melalui pendaftaran daring yang dapat diakses melalui ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik.

  • Waktu Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP tahun 2018 

Jadwal pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2018 direncanakan sebagai berikut.

Download Juklak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O Download Juklak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O2SN SMP Tahun 2018

Download Juklak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O Download Juklak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O2SN SMP Tahun 2018

(Sumber : Juklak O2SN SMP 2018)

Silahkan download juklak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O2SN SMP Tahun 2018 secara lengkap pada tautan di bawah ini.

  • Persyaratan Peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP tahun 2018 

Peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP 2018 wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut.

  1. Sebagai Juara terbaik dalam setiap tingkat pertandingan yang diikuti sesuai cabang olahraga dibuktikan dengan hasil seleksi dan surat keputusan (SK) dari pejabat yang berwenang pada tiap tingkatan lomba.
  2. Berstatus dan masih aktif sebagai siswa kelas SMP/MTs Negeri/Swasta atau yang sederajat pada kelas 7 dan 8 tahun ajaran 2017/2018 pada saat mengikuti lomba tingkat Kab/Kota, dan Provinsi.
  3. Kelahiran setelah tanggal 31 Desember 2003.
  4. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
  5. Bukan Juara 1, 2, dan 3 O2SN SMP tahun sebelumnya.
  6. Bukan juara 1, 2, dan 3 POPNAS/Pospenas/Peparnas atau Kejurnas dan juara internasional untuk semua cabang olahraga dan nomor cabang olahraga yang dipertandingkan/perlombakan di tingkat sekolah menengah pertama (SMP).
  7. Bukan binaan dari Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP), Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO).
  8. Dikirim oleh pejabat yang berwenang dalam setiap tingkatan lomba.
  9. Hanya mengikuti satu cabang lomba.
  10. Wajib melampirkan surat keterangan sehat dari dokter intansi
  11. Mengisi Biodata peserta pada tabel terlampir dalam Juklak dengan jelas.
  12. Peserta wajib menjaga sportivitas dan fair play selama O2SN berlangsung disertai surat pernyataan yang ditandatangani Kepala Sekolah.

Silahkan download Juklak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O2SN SMP Tahun 2018 secara lengkap dengan cara klik tautan di bawah ini.

“Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP 2018”

Demikian yang dapat admin sampaikan mengenai Download Juklak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O2SN SMP Tahun 2018. Semoga bermanfaat membantu Anda dalam mempersiapkan peserta didik terpilih untuk mengikuti kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.