Download Buku Guru Pai Dan Kebijaksanaan Pekerti Kelas 10,11,12 Sma/Ma-Smk/Mak Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download  Buku Guru Pendidikan Agama Islam  Download  Buku Guru PAI dan Budi Pekerti  Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download  Buku Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti  Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti  Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini diharapakan sanggup mendorong tumbuhnya pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, produktif, dan menyenangkan diproses dalam pembelajaran terpadu yang direncanakan, dirancang, dilaksanakan dengan penuh pengawasan dan penilaian, untuk melihat sejauh mana akseptor didik melahirkan nilai, adab dan moral dalam banyak sekali perilakunya sehingga terciptalah pembelajaran yang aman dan bermakna. Hal ini dituangkan secara umum, semoga guru dan para pendidik sanggup memanfaatkan Buku Guru ini, untuk melakukan dan menyebarkan proses pembelajaran akseptor didik dengan baik dan benar.

Buku Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti  Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini menyadarkan fungsi dan kiprah guru, sebagai pendidik yang melakukan kiprah dan tugasnya sebagai fasilitator, pembimbing, pengarah, dan evaluator. Bahkan, terkait dengan tujuan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti harus sekaligus berfungsi sebagai sumber keteladanan semoga akseptor didik benar-benar sanggup menghayati dan mengamalkan aliran agamanya.

Guru yang mempunyai fungsi dan kiprah menyerupai ini, bisa menyebarkan sikap akseptor didik untuk berperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan pro-aktif, dan memperlihatkan sikap sebagai potongan dari solusi atas banyak sekali permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 11 12 ini memuat materi kajian dan langkah-langkah secara standar dan berintegrasi dengan buku akseptor didik, guna mengantarkan guru dan para pendidik sanggup memproses dan menyebarkan pembelajaran, semoga akseptor didik sanggup memahami, menerapkan, menganalisis, menghayati dan mengamalkan aliran Agama Islam dengan baik dan benar.

Berikut ialah tautan Download  Buku Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti  Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017:



Berikut kami kutipkan sebagian isi dari buku tersebut:

Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, efektif, produktif, dan menyenangkan, dengan tetap mengacu kepada tujuan Pendidikan Nasional merupakan arah dan tujuan pembelajaran. Hal ini maksudnya ialah menyebarkan potensi akseptor didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab (Pasal 3 UU Sisdiknas 2003), hal ini juga merupakan potongan dari kebijakan penyusunan Kurikulum 2013.

Pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, produktif, dan menyenangkan ini juga diproses dalam pembelajaran terpadu yang direncanakan, dirancang, dan dilaksanakan dengan penuh pengawasan dan penilaian. Maksudnya untuk melihat seberapa jauh akseptor didik melahirkan nilai, serta adab dan moral dalam banyak sekali perilakunya sehingga terciptalah pembelajaran yang aman dan bermakna.

Menyadari hal tersebut di atas maka, fungsi dan kiprah guru sebagai pendidik tidak semata-mata sebagai narasumber saja, tetapi harus lebih memahami fungsi dan kiprahnya sebagai fasilitator, pembimbing, pengarah, dan evaluator. Bahkan, terkait dengan kualitas Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti harus sekaligus berfungsi sebagai sumber keteladanan semoga akseptor didik benar-benar sanggup menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya.

Guru yang mempunyai fungsi dan kiprah menyerupai ini, bisa menyebarkan sikap akseptor didik untuk berperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif. Selain itu juga memperlihatkan sikap sebagai potongan dari solusi atas banyak sekali permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X ini memuat materi kajian dan langkah-langkah secara standar dan berintegrasi dengan buku akseptor didik. Tujuan penulisan buku guru ini untuk mengantarkan guru akseptor didik sanggup memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian. Selain itu, menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. Bahkan, akseptor didik bisa mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan, sebagaimana yang menjadi teladan Kompetensi Inti Kurikulum 2013.

Guru dan para pendidik menyerupai ini, akan siap memproses pembelajaran melalui model pembelajaran yang berorientasi kepada akseptor didik (student centered instruction), akseptor didik terlibat aktif dalam pembelajaran (active learning) dan pencapaian pembelajaran juga mengarah kepada pemenuhan dan keseim- bangan antara pengetahuan (kognitif ), sikap (afektif ), dan keterampilan (soft skill dan hard skill), dengan memuat seni administrasi pembelajaran, metode pembelajaran yang bervariatif dengan memakai teknologi kekinian, dan teknik pembelaja- ran yang spesifik, individu, dan unik.

Kompetensi Inti SMA/SMK
Kompetensi Inti 1
Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya.
Kompetensi Inti 2
Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif dan proaktif dan memperlihatkan sikap sebagai potongan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi Inti 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Inti 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Karakteristik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

1. Hakikat Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pendidikan Agama Islam ialah pendidikan yang memperlihatkan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan akseptor didik dalam mengamalkan aliran agamanya, yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan.
Pendidikan Agama Islam mempunyai kiprah yang amat penting dalam kehidupan umat manusia, menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, hening dan bermartabat.

2. Fungsi dan Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
untuk :
a. Memperdalam dan memperluas pengetahuan dan wawasan keberagamaan akseptor didik;
b. Mendorong akseptor didik semoga taat menjalankan aliran agamanya
dalam kehidupan sehari-hari;
c. Menjadikan agama sebagai landasan adab mulia dalam kehidupan
pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara;
d. Membangun sikap mental akseptor didik untuk bersikap dan berprilaku jujur, amanah, disiplin, bekerja keras, mandiri, percaya diri, kompetitif, kooperatif, ikhlas, dan bertanggung jawab; serta mewujudkan kerukunan antar umat beragama.

3. Ruang Lingkup Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, melingkupi dan mengandung aspek Al-Qur’an, Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan dan Peradaban Islam:
a. Menyandingkan pendidikan kecerdikan dengan agama
Islam mengarahkan seseorang untuk menyingkap sekian banyak fakta. kemudian mengkajinya dari segi petunjuknya terhadap penciptaan hal gres dan kreativitas, serta segala hal yang memperlihatkan kepada adanya Sang Maha Pencipta yang Bijaksana. Oleh lantaran itu, banyak ayat-ayat al Qur’ān yang memperlihatkan insan kepada fakta.

Manusia selalu mengarahkan pandangan bahwa, dalam semua kejadian alam ini terdapat petunjuk perihal penciptaan yang dilakukan oleh Allah Swt Yang Maha Bijaksana. Sebagai contoh, bumi yang berputar sedemikian cepatnya namun tidak bisa dirasakan perputarannya oleh manusia.
Hal ini menunjukan adanya kekuatan Allah Swt. yang Maha Unggul, yang membuat semua kejadian yang manakjubkan di luar jangkauan kecerdikan fikiran manusia. Oleh lantaran itu, hal-hal yang di luar jangkauan kecerdikan insan hanya sanggup diselesaikan dengan agama, yakni memadukan antara kecerdikan dan agama sehingga insan akan mengetahui dan memahami kebesaran dan kekuasaan Allah Swt. Yang Maha Agung.

b. Tujuan jangka panjang dari pendidikan dalam pandangan Islam ialah kesempurnaan akhlak.
Kepribadian insan yang terdidik, yakni ia harus menjadi insan yang baik, yang memakai ilmu dan hidupnya dalam kebaikan. Semua itu harus diletakkan oleh setiap pendidik dan akseptor didik dalam kerangka satu prinsip yaitu berguru dan mempelajari ilmu, harus bertujuan demi mencapai ridha Allah Swt, bukan untuk tujuan dan kepentingan duniawi, seperti; untuk mencari harta.

c. Obyek pendidikan Islam ialah akseptor didik dengan segala yang tercakup dalam kata “manusia” berupa makna kesiapan dalam pandangan Islam.
Keistimewaan pendidikan Islam pada obyek ini, sanggup diringkas dalam ungkapan ‘pendidikan Islam ialah pendidikan kemanusiaan yang terpadu dan menyeluruh’ semoga akseptor didik sanggup hidup dengan kehidupan manusiawi yang tepat sebagaimana yang ditetapkan semenjak awal penciptaanNya.

Demikian goresan pena perihal

Download Buku Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

You might also like
close