Download Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 Ma Semua Jurusan

 Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Ditjen Pendis Islam telah melaksanakan terobosa Download Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MA Semua Jurusan

Download Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (MA) Semua Jurusan:Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam | Rilis Resmi dari Kementerian Agama RI 

Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Ditjen Pendis Islam telah melaksanakan terobosan yang baik dalam bidang teknologi pendidikan, yaitu dengan merilis Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (MA) :Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam.

Aplikasi rapor menurut kurikulum 2013 terbaru ini memungkinkan para guru untuk lebih mengefisienkan pekerjaan klerikalnya dalam pembuatan rapor.

Yang lebih menarik lagi, aplikasi juga dibentuk menurut penjurusan. Tulisan kali ini memuat link download untuk semua jurusan:Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam.

Tentu saja penggunaan teknologi gres yang kemudian menjadi alat bantu gres dalam pembuatan rapor terdapat hal-hal yang harus diperhatikan bagi para pembuat kebijakan. Alat bantu gres yaitu aplikasi rapor menurut kurikulum 2013 ini haruslah sanggup diterima bagi setiap guru yang menggunakannya. Tahap penerimaan ini kadang menjadi sulit sebab adanya faktor resistensi bagi pengguna yang dipaksa beralih dari contoh usang yang cenderung manual ke contoh gres yang lebih terdigitalisasi. Hal kedua yaitu persoalan keramahan pada pengguna. Jika aplikasi yang dimaksud untuk mempermudah dan mengefisienkan pekerjaan guru dalam pembuaatan rapor tidak ramah pengguna, maka aplikasi tersebut sangat berpotensi ditinggalkan penggunanya dengan alasan susah dan lebih gampang memakai cara usang yang mapan.

Kami telah melaksanakan semacam observasi pada Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MA Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam ini. Kami menemukan bahwa aplikasi tersebut relatif cukup gampang digunakan. Aplikasi tersebut berjalan pada platform Ms Excel. Dengan demikian, aplikasi rapor kurikulum untuk MA untuk semua jurusan :Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam ini tidak sanggup bangun sendiri sebagai sebuah program. Kami menduga bahwa dengan ber-platform Ms Excel, maka diharapkan para guru pembuat rapor telah lebih dahulu familiar dengan jadwal atau aplikasinya. Ini tentu saja merupakan titik masuk yang elok untuk memberi sugesti pada pengguna aplikasi bahwa aplikasi tersebut memiliki asosiasi dengan piranti lunak yang telah mereka kenal.

Berikut yaitu tautan Download Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (MA): Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam.

BACA JUGA:

Berikut yaitu kutipan Petunjuk Penggunaan dari Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah tersebut. Sebagai catatan, Petunjuk Penggunaan sudah ada dalam masing-masing aplikasi yang disebutkan di atas:

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MA ini diisi oleh Wali kelas menurut nilai yang berasal dari Aplikasi DNS

PETUNJUK PENGGUNAAN

1. Buka File Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (MA) kemudian baca petunjuknya.
2. Setelah baca petunjuk,klik “home” untuk kembali ke Menu Utama
3. Isilah identitas wali kelas di sajian “IDENTITAS MADRASAH ALIYAH (MA)”.
4. Lanjutkan dengan pengisian data yang diharapkan pada sajian Input Data Madrasah, input Data Peserta Didik, Input Absen & Ekskul.
5. Guru mata pelajaran mengisi hasil nilai peserta didik memakai aplikasi Daftar Nilai Siswa (DNS), yang hasil / output aplikasi tersebut yang diserahkan ke wali kelas untuk dimasukkan ke File Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 dengan memakai perintah “paste special” kemudian pilih “value”. Lakukan hal yang sama setiap Wali kelas menerima DNS dari guru mata pelajaran.
5. Guru mata pelajaran mengisi hasil nilai peserta didik Lintas Minat memakai aplikasi Daftar Nilai Siswa (DNS) Lintas Minat, yang hasil / output aplikasi tersebut yang diserahkan ke wali kelas untuk dimasukkan ke File Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MA dengan memakai perintah “paste special” kemudian pilih “value”. Lakukan hal yang sama setiap Wali kelas menerima DNS dari guru mata pelajaran. Daftar Nilai Siswa Lintas Minat sebelum nya harus di sort Kelas dan Nomor Induk
Peserta Didik sebelum di paste kan ke Aplikasi Rapor, Paste ke Aplikasi Rapor harus sesuai dengan kelasnya
7. Simpanlah file tersebut dengan perintah “Save As” kemudian ketik nama file baru, contohnya RAPOR – 10A – 1 yang artinya Rapor Kelas 10A semester 1. Penyimpanan selanjutnya cukup dengan klik “Save”.

Demikian goresan pena perihal

Download Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (MA) Semua Jurusan: Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam .

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

You might also like
close