Home Bahasa Indonesia Contoh Dan Pengertian Teks Editorial / Opini Lengkap Dengan Strukturnya

Contoh Dan Pengertian Teks Editorial / Opini Lengkap Dengan Strukturnya

205
0

Teks editiorial / teks opini ialah sebuah karangan karya tulis yang berupa opini yang memuat pendapat, sikap, dan pandangan resmi dari suatu media sebagai institusi penerbitan terhadap duduk kasus yang sedang panas, terkini, dan banyak di bacarakan yang bersifat faktual, kontrovesial, atau fenomenal dimasyarakat. 

 teks opini ialah sebuah karangan karya tulis yang berupa opini yang memuat pendapat Contoh dan Pengertian TEKS EDITORIAL / OPINI Lengkap dengan Strukturnya

Silahkan baca juga:


Opini yang yang terbitkan oleh salah satu pihak redaksimelalui teks editorial sudah dianggap dapat mewakili seluruh team redaksi sekaligus sanggup mencerminkan pendapat dan perilaku resmi institusi media penerbitan. Dibawah ini ialah pengertian dari teks editorial berdasarkan salah satu ahli.

Teks editorial merupakan gagasan atau ide-ide dari sebuah surat kabar mengenai sebuah gosip atau sebuah fenomena yang terjadi. Selanjutnya, wangsit – Ide tersebut diwujudkan keddalam bentuk opini yang biasanya masuk dalam halaman opini atau editorial sebuah surat kabar. –  Dianne Smith,MJE

Penggunaan teks editorial didasarkan pada teks eksposisi yang pernah di bahas pada kesempatan sebelumnya. Maksudnya teks eksposisi tersebut sanggup dipakai sebagai pondasi dasar dalam pembuatan teks editorial. Hal tersebut dikarenakan setiap penulis mempunyai hak yang sama dalam menunjukkan pendapat ihwal insiden atau fenomena yang ia tangkap melalui panca indranya. Pendapatnya ihwal fenomena atau insiden tersebut sanggup dituangkan kedalam sebuah karya tulis yang berbentuk teks editorial.

Gagasan atau wangsit – wangsit yang akan dituangkan kedalam teks edirial sanggup aneka macam macam sumber dan juga dalam kehidupan sehari – hari. ibarat misalanya wangsit atau gagasan di sanggup dari adanya interaksi dengan orang lain, pengelaman yang pernah di alami, dan aneka macam macam hal lain yang sanggup kita temukan dalam kehidupan kita. Selain kehidupan sehari – hari wangsit untuk teks editorial sanggup juga bersumber dari gosip sosia, gosip nasional, gosip internasional, dan hal lain yang menarik untuk kita bahas.

Struktur Teks Editorial

Layaknya ibarat karya – karya tulis lainnya. karya tulis yang dituangkan kedalam bentuk teks editorial ini juga mempunyai struktur atau susunan yang jelas. struktur teks editorial ini meliputi Expressions of opinion ( Pernyataan Pendapat ), Supporting statement (Pernyataan pendukung / argumentasi, dan  Restatement (Pernyataan Ulang). Berikut ialah klarifikasi singkatnya :

#1. Expressions of opinion ( Pernyataan Pendapat )
Expressions of opinion atau pernyataan pendapat  adalah pernyataan pendapat penulis ihwal suatu gosip atau topik yang dipilihnya untuk dibahas. Topik atau gosip yang dipilih oleh penulis sanggup berasal dari aneka macam macam sumber tergantung dari ketertarikan penulis untuk membahasnya. 

#2. Supporting statement (Pernyataan pendukung) / Argumentasi

Supporting statement atau pernyataan pendukung ialah susunan kalimat – kalimat yang dipakai untuk mendukung pernyataan – pernyataan yang telah dibentuk oleh penulis terkait dengan topik yang dibahas. Pernyataan pendukung sering disebut juga dengan argumentasi. pernyataan pendukung atau argumentasi yang akan dipakai untuk mendukung pernyataan pendapat hendaknya harus sesuai dengan apa yang dibahas dan dihentikan keluar dari topik atau gosip yang dibahas. 

#3. Restatement (Pernyataan Ulang)
Restatement atau pernyataan ulang ialah pernyataan yang ada pada selesai dari teks editorial yang berfungsi sebagai penegasan dari pernyataan pendapatn yang telah penulis buat pada bab awal. Dengan adanya pernyataan ini sanggup memberi kejelasan dan ketegasan terkait dengan pendapat penulis ihwal suatu topik atau gosip yang telah dibuat.

Ketiga bab tersebut harus ada dalam teks editorial atau teks opini. Karna ketiga bab tersebut merupakan salah satu cirikhas dari adanya teks editorial yang dipakai untuk menunjukkan pendapat terhadap suatu gosip atau topik.

Demikian ulasan artikel kami terkait tentang Pengertian Teks Editorial / Opini Lengkap dengan Sturktur dan Lainnya yang akan masih kami revisi lagi. Terima kasih telah berlangganan dan agar bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.