Home CBT CBT Ujian Sekolah Beserta Kelebihan dan Kekurangan Penerapannya

CBT Ujian Sekolah Beserta Kelebihan dan Kekurangan Penerapannya

58
0

 Seiring dengan perkembangan zaman, semua hal pasti mulai berkaitan dengan teknologi. Salah satu yang mulai menerapkan teknologi secara mendalam adalah sistem ujian. Computer Based Test adalah nama dari sistem ujian ini. CBT ujian sekolah sudah mulai digunakan dan dipraktikkan di berbagai wilayah.

CBT Ujian Sekolah Beserta Kelebihan dan Kekurangan Penerapannya

Ujian dengan sistem ini tentunya memiliki berbagai kekurangan yang menyertai penerapannya. Tidak hanya kekurangan, ada juga kelebihan dan alasan kuat kenapa sistem ini harus digunakan terlepas dari kekurangan yang ada. Semua hal tersebut akan dibahas secara mendalam dalam pembahasan berikut ini:

Alasan Penggunaan Ujian CBT

Ujian yang dilakukan dengan sistem CBT tentunya memiliki berbagai kelebihan. Setiap kelebihan yang ada bisa dijadikan alasan utama kenapa sistem ini harus diterapkan. Ada banyak kelebihan dari penggunaan sistem ini. Karena hal tersebut sistem ini sudah dikembangkan. Berikut beberapa alasan kenapa harus menggunakan sistem ujian CBT:

1. Memudahkan Siswa

Memudahkan yang dimaksud adalah dalam hal pengerjaan. Dengan penerapan teknologi dan ujian menggunakan PC atau laptop, siswa tidak perlu repot mengeluarkan alat tulis. Selain itu, siswa juga bisa belajar beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada dalam praktik ujian CBT yang dilakukan.

2. Bisa Menghemat Waktu dan Anggaran

Penghematan waktu juga menjadi alasan kuat penggunaan sistem ini. Tanpa perlu repot cetak lembar ujian dan sebagainya, ujian sudah bisa dilakukan asal memasukkan sistem ke server yang digunakan. Dalam hal ini, penghematan anggaran juga sudah bisa terjadi. Dana untuk berlembar-lembar kertas bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

3. Nilai yang Dihasilkan Lebih Akurat

Jika menggunakan CBT ujian sekolah, maka nilai yang dikeluarkan lebih akurat. Kesalahan pada pemberian nilai tidak akan terjadi karena sudah berdasarkan sistem dari pusat. Jadi di wilayah mana pun, nilai tersebut akan sama sesuai dengan data sistem. Nilai ini juga akan lebih cepat diberikan dari pada ujian dengan sistem manual.

4. Bisa Menghemat Sumber Daya Alam

Selain semua alasan penting di atas, alasan penghematan sumber daya juga menjadi poin utama. Kertas yang biasa digunakan untuk ujian sudah tidak diperlukan lagi dalam sistem ini. Sehingga bahan dasar kertas yaitu pohon, bisa lebih terjaga kelestariannya. Semua alasan ini memang bisa memberi dampak baik untuk berbagai pihak.

Kekurangan Penggunaan CBT Ujian

Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Tentunya hal ini sama dengan penggunaan CBT ujian. Selain berbagai kelebihan yang sangat bermanfaat di atas, ada beberapa kekurangan dari penggunaan sistem ini. Simak beberapa kekurangan yang harus diperhatikan dari CBT ujian ini:

1. Harus Bisa Menjalankan Komputer

Kekurangan pertama ada pada penggunaan perangkatnya. Jika siswa memiliki kendala dan tidak terbiasa menggunakan komputer, hal ini akan menjadi kekurangan utama. Setiap siswa diharuskan terbiasa untuk menjalankan komputer. Karena jika tidak terbiasa, maka pengerjaan akan lama dan tidak maksimal.

2. Peralatan Harus dalam Kondisi yang Memungkinkan

Peralatan komputer atau laptop yang digunakan juga harus dalam kondisi yang memungkinkan. Karena jika tidak, maka akan berpengaruh pada pengerjaan ujian. Semakin baik spesifikasi perangkat yang digunakan, maka proses pengerjaan juga tidak akan terkendala pada perangkatnya. Hal ini juga harus mendapat perhatian lebih.

3. Harus Menggunakan Aplikasi Tertentu

Dalam penerapannya, ujian dengan sistem CBT harus menggunakan aplikasi tertentu. Biasanya setiap ujian sudah diarahkan untuk menggunakan aplikasi beserta cara penggunaannya. Pihak sekolah harus memasang dulu setiap hal yang dibutuhkan di server dan melakukan simulasi pada penerapan ujiannya agar lebih siap.

Semua kelebihan CBT ujian sekolah di atas tentunya bisa dijadikan penyeimbang kekurangan yang ada. Meski ada beberapa kekurangan yang menyertai, tapi penggunaan sistem ujian seperti ini harus segera diterapkan. Karena ada banyak sekali kelebihan yang bisa dijadikan alasan kuat penggunaan sistemnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.