Home cpns Cara Mudah Cetak Kartu CPNS

Cara Mudah Cetak Kartu CPNS

46
0

 Bagi pendaftar CPNS, kartu peserta adalah satu hal yang penting untuk dimiliki. Jika sudah lolos administrasi dan akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar, maka cetak kartu CPNS harus dilakukan. Kartu ini merupakan salah satu syarat wajib sebagai bukti resmi untuk berpartisipasi dan mengikuti ujian selanjutnya.

Cara Cetak Kartu CPNS dengan Langkah Mudah

Isi dari kartu ini adalah identitas dari peserta secara rinci beserta hal-hal lain yang dirasa penting. Jika masih bingung mengenai pentingnya kartu peserta beserta komponennya, pada pembahasan ini akan dibahas secara tuntas. Cara mencetaknya juga akan dijelaskan secara bertahap. Simak penjelasan berikut ini:

Fungsi dan Komponen Kartu Peserta CPNS

Kartu peserta ini sangat penting untuk dicetak setiap peserta. Cetak kartu CPNS memiliki tujuan penting yaitu sebagai identitas setiap peserta secara resmi. Dengan adanya kartu ini, setiap peserta bisa mengikuti ujian selanjutnya secara legal. Jika tidak ada kartu peserta ini maka peserta tidak bisa mengikuti langkah selanjutnya.

Ada beberapa ujian lain yang membutuhkan kartu ini. Misal ujian kompetensi dasar, atau bisa juga seleksi untuk kompetensi bidang. Dalam kartu peserta tersebut, ada beberapa komponen yang tertera. Data diri dalam kartu peserta terdiri dari nama, jenis kelamin, NIK, tanggal lahir, nomor peserta, pendidikan, dan lain sebagainya.

Langkah-langkah Cetak Kartu Peserta CPNS

Cara untuk mencetak kartu peserta sebenarnya sangat mudah. Ada media tersendiri yang telah disediakan untuk melakukan pencetakan ini. Asal sudah lolos tahap administrasi, maka akan muncul tombol yang bisa digunakan untuk mencetak. Berikut adalah urutan langkah untuk mencetak kartu peserta:

1. Siapkan Hal-hal yang Diperlukan

Langkah pertama adalah memastikan sudah lolos tahap sebelumnya. Jika sudah lolos, maka bisa mencetak kartu peserta. Siapkan juga perangkat yang akan digunakan, bisa ponsel pribadi bisa juga komputer atau laptop. Internet juga diperlukan untuk proses ini. Jika tidak ada internet, maka tidak bisa mencetak kartu.

2. Masuk Situs SSCASN

Setelah menyiapkan hal tersebut, masuk ke situs SSCASN di halaman https://sscasn.bkn.go.id. Ketikkan saja rangkaian kode ini di kolom pencarian yang ada di perangkat masing- masing. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Jika internet lancar, maka langkah ini tidak akan membutuhkan waktu yang terlalu panjang.

Saat sudah masuk pada situsnya, maka isi NIK dan sandi di kolom yang disediakan untuk masuk ke akun pribadi. Apabila sudah pernah melakukan langkah seleksi sebelumnya dan sudah melakukan pendaftaran, maka bisa masuk dengan mudah. Jika belum bisa masuk, maka perhatikan lagi kombinasi angka dengan benar.

3. Temukan Tombol Cetak

Pada halaman situs yang sudah dibuka akan muncul berbagai menu dengan berbagai fungsi. Khusus untuk mencetak kartu peserta, silakan cari tombol “Cetak Kartu Peserta Ujian” di layar tersebut. Pencet saja tombol tersebut untuk menampilkan kartunya. Jika sudah muncul di layar, lakukan pengecekan data dengan benar.

4. Unduh Kartu Peserta

Apabila data sudah benar, segera unduh kartu peserta tersebut dengan memencet tombol unduh yang tersedia. Pilih juga di mana kartu peserta tersebut tersimpan. Tunggu sebentar sampai hingga proses pengunduhan selesai. Jika sudah, maka kartu peserta sudah bisa digunakan untuk melakukan proses selanjutnya.

Itulah penjelasan lengkap tentang cetak kartu CPNS beserta tentang komponen dan cara mencetaknya. Ikuti semua proses mencetak di atas dengan benar dan sesuai urutan. Jika ditemukan kendala pada proses pengunduhan, bisa jadi masalahnya ada pada jaringan yang tersedia. Pastikan juga semua data pribadi sudah benar dan sudah sesuai kenyataan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.