Home Pengembangan Karir Cara Menciptakan Cv (Curriculum Vitae) Atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Pekerjaan

Cara Menciptakan Cv (Curriculum Vitae) Atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Pekerjaan

29
0

CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup yaitu suatu ringkasan terstruktur dan tertulis yang bersisi pendidikan dan latar belakang seseorang serta kualifikasi jababatan. Daftar riwayat hidup merupakan bentuk promosi dari calon karyawan didisain untuk membantu calon supaya diwawancarai oleh pihak perusahaan. 


 atau Daftar Riwayat Hidup yaitu suatu ringkasan terstruktur dan tertulis yang bersisi pe Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Pekerjaan


hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup , yaitu : Mengatur format dan gaya daftar riwayat hidup, menyusun isi, menentukan struktur, dan terakhir menciptakan daftar riwayat hidup. 


#1. Mengatur Format dan Gaya 


Format dan gaya yang menarik perhatian pembaca memenangkan satu langkah dalam tahapan mendapat suatu pekerjaan. apabila pada ini sudah tidak membangkitkan pembaca untuk membacanya, maka calon telah kehilangan satu kesempatan kerja. Daftar riwayat hidup yang baik mempunyai ciri-ciri atau karakteristik : rapi, sederhana, akurat, dan jujur.

a. Rapi (Neatness)
Tulislah daftar riwayat hidup pada kertas yang bersih, tidak kusut atau bertekuk-tekuk dan kertas yang dipakai berkualitas baik. Hindari adanya coretan, tipe x, dan kekeliruan penulisan. Aturlah format daftar riwayat hidup serapi mungkin dengan memperhatikan margian atas, bawah, dan samping kiri dan kanan, jarak (spasi), serta besar kecilnya huruf. Perhatikan penggunaan karakter kapital (besar) sehingga daftar riwayat hidup nampak menarik. 

b. Sederhana (Simplicity)
Kesederhanaan disini menyangkut kesederhaan dalam penggunaan kata-kata atau kalimat serta penggunaan format penulisan. Pilihlah kata-kata yang sederhana dan gampang di pahami. Hindari penggunaan istilah-istilah yang tak lazin dan kata-kata yang mempunyai arti ganda. Susunlah kalimat yang sederhana dan sedapat mungkin menghindari kalimat bertingkat. Masing-masing kalimat harus mempunyai makna yang terperinci dan gampang untuk dipahami. 

c. Akurat (Accurary)
Akurat atau akurasi mengharuskan informasi yang dicantumkan tersebut benar adanya. Informasi yang sering tidak akurat yaitu informasi mengenai pendidikan dan pengalaman. Misalnya, calon menuliskan pendidikan slta. Makna dari penulisan tersebut yaitu calon lulusan SLTA sehingga apabila calon pernah menempuh pendidikan slta namun tidak lulus maka di beri komplemen “Tidak Sampai Lulus”, Informasi mengenai pengalaman kerja juga harus akurat, contohnya calon mempunyai dalam penjualan mobil. informasi ini akan lebih akurat jikalau ditambahi perusahaan apa dan berapa lama.

d. Jujur (Honesty)
Calon harus menawarkan informasi secara jujur. Apabila tertangkap tangan tidak jujur dalam menuliskan informasi kedalam sebuah daftar riwayat hidup, maka calon justru sanggup di tolak atau dikeluarkan meskipun apabila calon memberitahukan yang bahwasanya saja sudah sanggup memenuhi persyaratan untuk diterima sebagai karyawan. 

#2. Menyusun Isi 

Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae secara ringkas memperlihatkan suatu kepercayaan calon dan berisi tiga bentuk dasar informasi, yakni informasi penting, pilihan, dan mendatang.

Informasi Identitas dan Kontak

Informasi yang memperlihatkan siapa dan dimana sanggup dihubungi. Informasi ini biasanya terletak pada permukaan daftar riwayat hidup. Cantumkan nama lengkap (Bukan nama samaran atau nama panggilan). Alamat ditulis dengan jelas, sehingga surata atau jawaban perusahaan sanggup dengan gampang ke tangan calon serta tuliskan pula nomor telpon yang sanggup dihubungi. 

Pendidikan dan pelatihan

Informasi pendidikan dan keikut sertaan dalam sebuah training mempunyai makna yang lebih penting, apabila calon merupakan lulusan dari sebuah akademi tinggi (fresh graduate). Dikarenakan calon mempunyai pengalaman, maka pendidikan dan training ini memperkuat kualifikasi calon yang dipertimbangkan oleh perusahaan. 

Pengalaman Kerja
Pengalaman kerja ini dibedakan menjadi dua yaitu pengalaman kerja yang bekerjasama dengan pekerjaan yang akan dilamar dan pengalaman yang bekerjasama dengan pekerjaan yang dilamar. Meskipun pengalaman tidak bekerjasama dengan pekerjaan yang dilamar atau tidak relevan, hal ini menawarkan gamabaran kualifikasi calon tersebut. Terdapat dua pendekatan dalam menyusun atau menuliskan pengalaman yaitu secara kronogis, pengalaman disusun menurut urutan waktu, dan bekerjasama dengan tidaknya pengalaman dengan pekerjaan yang dilamar. 

Informasi Pilihan
Bagi calon informasi yang mempunyai banyak sekali informasi yang sanggup dituliskan dalam daftar riwayat riwayat hidup maka calon sanggup menentukan beberapa yang sanggup dipakai untuk menekankan kualifikasi ibarat pengalaman kerja dan  organisasi, serta prestasi-pertasi yang telah dicapai, dll.

Informasi yang Mendatangkan
Informasi yang mendatangkan yaitu informasi yang tidak biasanya dituliskan dalam daftar riwayat hidup, namun perlu dicantumkan alasannya yaitu sesuai dengan pembaca tertentu atau sesuai dengan insiden tertentu. Misalnya, Calon tidak menuliskan tanggal lahir, Jenis kelamin, Status perkawinan, atau suku bangsa, agama, nomor penduduk, dan karakter fisiki. Kriteria tersebut akan mempunyai kegunaan akan mempunyai kegunaan dengan penjabaran pekerjaan. 

#3. Menyusun Struktur Daftar Riwayat Hidup

dalam memyusun struktur daftar riwayat hidup harus didsarkan jenis struktur daftar riwayat hidup ibarat dibawah ini :

Daftar Riwayat Hidup Kronologis
Daftar riwayat hidup kronologis akan mengorganisasikan acara dan pencapaian prestasi seseorang menurut waktu dari yang terkini sampai terdahulu. Pendekatan ini paling banyak dipakai dalam praktek alasannya yaitu sifatnya yang umum dan gampang dalam pembuatannya. 

Daftar Riwayat Hidup Fungsional
Daftar riwayat hidup fungsional akan memfokuskan pada keterampilan atau kompetensi calon dalam bidang tertentu. Calon biasanya menentukan pendekatan ini apabila ia memahami dengan betul apa kompetensi yang di milikinya dan memandang bahwa calon ini belum tentu mempunyai kompetensi tersbut.

Daftar riwayat hidup Sasaran
daftar riwayat hidup target yaitu daftar riwayat hidup yang diorganisasikan untuk memfokuskan perhatian pada apa yang sanggup dilakukan calon pada pekerjaan yang akan dilamarnya. 

Uraian diatas merupakan tips untuk membuat Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Pekerjaan. Namun terdapat hal yang lebih penting dalam pembuatan cv, yaitu cv atau daftar yang kau buat haruslah menarik. Terkait dengan hal itu hendakanya yang mempelajari artikel kami yang lain yang berjudul Contoh CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup yang Menarik Perhatian HRD.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Pekerjaan yang kami resume dari banyak sekali lieratur online. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.