Home mahasiswa Cara Chat Dosen untuk Bimbingan Online dengan Sopan

Cara Chat Dosen untuk Bimbingan Online dengan Sopan

62
0

 Aktif mengikuti bimbingan dosen merupakan salah satu cara agar skripsi bisa segera selesai. Saat ini bimbingan skripsi dosen bisa dilakukan secara online dan mahasiswa bisa menghubungi dosen terlebih dahulu. Namun ingat, ada tata cara chat dosen untuk bimbingan online dengan sopan. 

Cara Chat Dosen untuk Bimbingan Online dengan Sopan

Berikut ialah beberapa aturan cara menghubungi dosen saat akan mengikuti bimbingan online:

1. Ucapkan Salam

Jangan langsung mengirimkan chat tanpa menggunakan salam pembuka. Pemberian salam pembuka dalam chat akan memberi kesan sopan dan lebih enak dibaca oleh dosen yang menerima pesan. Salam pembuka ini bisa disesuaikan, bisa selamat pagi, selamat siang, atau Assalamualaikum.

Seringkali mahasiswa mengirimkan chat kepada dosen langsung bertanya saja maksud untuk bimbingan online. Hal ini akan memberi kesan yang kurang baik kepada dosen. Jika kesan awalnya saja sudah kurang baik maka hubungan dosen juga tidak akan berkembang dengan baik.

2. Sapa dengan Nama

Usahakan untuk menyapa nama dosen secara lengkap dan benar. Jika dosen pembimbing memiliki gelar tertentu maka cantumkan juga. Ini menjadi salah satu upaya untuk menunjukkan rasa hormat kepada dosen. Cara ini akan membantu diri Anda punya kesan baik di mata dosen. Jika nantinya sudah lebih mengenal dosen, tak masalah untuk menyebutkan nama singkatnya saja.

3. Tuliskan Identitas

Jangan lupa selalu tuliskan identitas saat mengirim pesan kepada dosen. Dosen bisa saja menerima pesan dari banyak orang. Jika tidak menyebutkan identitas secara lengkap, tentu dosen akan sulit mengenali mahasiswa mana yang mengirimkan pesan. Identitas yang dituliskan meliputi nama, jurusan, serta angkatan. Ini akan membantu dosen lebih cepat memberi tanggapan terhadap pesan tersebut.

4. Utarakan Maksud

Langsung saja utarakan maksud mengirimkan pesan atau chat tersebut. Tuliskan bahwa ingin mengikuti bimbingan skripsi dan tanyakan kapan waktu yang tepat untuk mengikuti bimbingan. Utarakan maksud ini dengan sejelas mungkin setelah menyebutkan identitas diri secara lengkap.

Salah satu aturan cara chat dosen untuk bimbingan online dengan sopan yakni jangan terlalu banyak menuliskan pesan. Usahakan untuk mengutarakan maksud dengan tulisan yang singkat saja. Ini akan membantu dosen memahami isi pesan lebih cepat.

5. Hindari Pemakaian Singkatan

Tidak seperti mengirim chat kepada teman, saat mengirim chat untuk dosen sangat tidak disarankan memakai singkatan. Hindari penggunaan singkatan apapun apalagi jika singkatannya sulit untuk dipahami. Pemakaian singkatan akan membuat dosen tidak bisa memahami pesan dengan cepat.

Selain itu, singkatan pada pesan untuk dosen juga memberi kesan yang tidak sopan. Sama saja ini menunjukkan bahwa mahasiswa terlalu santai dan tidak menghargai dosen. Tuliskan pesan secara lengkap agar maksud yang disampaikan lewat chat tersebut bisa terbaca dengan baik.

6. Kirim Pesan di Waktu yang Tepat

Selain memperhatikan susunan pesan dan kelengkapan isi pesan, perhatikan juga waktu pengiriman pesan. Sebaiknya jangan mengirimkan chat kepada dosen di waktu-waktu tertentu. Misalnya ketika sudah larut malam atau mungkin terlalu pagi. Kirimkan chat di jam kerja sehingga tidak akan mengganggu dosen. Jadilah mahasiswa yang sopan dengan tahu waktu tepat mengirimkan pesan.

Itulah 6 aturan cara chat dosen untuk bimbingan online yang disarankan. Pastikan untuk berhati-hati saat mengirimkan chat dan periksa kembali apakah isi chat sudah benar atau belum. Jangan sampai ada typo atau kesalahan penulisan terutama untuk nama dosen serta identitas diri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.