Beasiswa PPA untuk Mahasiswa D3, D4, dan S1

Rajasoal.com – Ada kabar baik bagi kamu yang sedang mencari beasiswa untuk mahasiswa. Saat ini, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan akan memberikan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Program ini dibuka untuk mahasiswa D3, D4 dan S1 yang telah menyelesaikan minimal semester 2 perkuliahan. Berikut informasi selengkapnya mengenai Beasiswa PPA untuk Mahasiswa.

Beasiswa PPA untuk Mahasiswa yang sedang Berkuliah (On-Going)

TUJUAN PEMBERIAN BEASISWA:

Untuk meningkatkan prestasi mahasiswa penerima baik kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstrakurikuler serta motivasi berprestasi bagi mahasiswa lain.

DURASI:

Beasiswa diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan.

Beasiswa PPA diselenggarakan di PTN (Universitas, Institut, Politeknik dan Akademik) serta PTS. Informasi dan pendaftaran beasiswa bisa melalui bagian kemahasiswaan di Perguruan Tinggi masing-masing.

Sebagai informasi, tidak semua PTS mendapatkan kuota Beasiswa PPA dari LLDIKTI. Oleh karena itu, mahasiswa yang berminat mendaftar beasiswa ini dapat menanyakan ke bagian kemahasiswaan kampus masing-masing, apakah menyediakan Beasiswa PPA atau tidak.

Pemberian Beasiswa PPA dapat dihentikan jika mahasiswa:

  1. Telah lulus
  2. Mengundurkan diri/cuti
  3. Menerima sanksi akademik dari Perguruan Tinggi
  4. Tidak lagi memenuhi syarat yang ditentukan
  5. Memberikan data yang tidak benar
  6. Meninggal dunia

Baca Juga

KETENTUAN UMUM:

  1. Merupakan mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi pengelola beasiswa di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).
  2. Merupakan mahasiswa yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti).
  3. Merupakan mahasiswa yang masih aktif dalam jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana (tidak sedang mengambil cuti kuliah). Dibuka untuk Semua Jurusan.
  4. Untuk mahasiswa D3, minimal telah menyelesaikan semester 2 dan maksimal semester 6.
  5. Untuk mahasiswa D4/S1, minimal telah menyelesaikan semester 2 dan maksimal semester 8.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:

  1. Fotocopy KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) dan KRS (Kartu Rencana Studi).
  2. Fotocopy Transkrip Nilai dengan IPK minimal 3,00.
  3. Fotocopy Piagam/bukti prestasi pada bidang ekstrakurikuler dan/atau ko-kurikuler (Kalau tidak ada bukti piagam/prestasi, bisa tetap mencoba daftar beasiswa).
  4. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan.
  5. Surat rekomendasi dari Pimpinan Fakultas/Jurusan/Departemen
  6. Persyaratan lain yang ditambahkan oleh perguruan tinggi.

Baca Juga: Daftar Beasiswa untuk Mahasiswa yang sedang Berkuliah

Jadwal pendaftaran bisa didapatkan di bagian Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi masing-masing. Untuk mendaftar Beasiswa PPA, aktiflah bertanya di bagian kemahasiswaan/fakultas kampus masing-masing. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber Informasi Beasiswa: @ditjenbelmawa.

Sumber: indbeasiswa.com

You might also like
close