Beasiswa ADik untuk Pelajar Papua dan 3T

Rajasoal.com – Kabar baik bagi kamu lulusan SMA/SMK/Sederajat yang berasal dari Papua, Papua Barat, serta daerah 3T. Saat ini Pemerintah Indonesia mengadakan Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk memberikan beasiswa bagi pelajar dari Papua, Papua Barat dan daerah 3T berkuliah di perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Beasiswa ini telah menyediakan biaya pendidikan, biaya hidup, dan sebagainya. Berikut informasi selengkapnya mengenai Beasiswa ADik.

Program Beasiswa ADik untuk Lulusan SMA/Sederajat dari Papua, Papua Barat, dan Daerah 3T

Program ADik merupakan bentuk keberpihakan pemerintah RI untuk membantu perguruan tinggi dalam mencari dan menjaring calon mahasiswa dari daerah Papua dan Papua Barat serta daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). Beasiswa ADik dikelola oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) bersama Perguruan Tinggi sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan.

CAKUPAN BEASISWA:

  1. Biaya pendidikan
  2. Biaya hidup
  3. Pembinaan atau pembimbingan belajar secara khusus, supaya mahasiswa peserta program beasiswa ADik dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dengan tuntas dengan hasil yang baik di Perguruan Tinggi terbaik.

JALUR PENERIMAAN PESERTA PROGRAM ADik:

  1. Jalur SNMPTN: Peserta lulus SNMPTN
  2. Jalur SBMPTN: Peserta SBMPTN
  3. Jalur POLTEK: Peserta lulus PMDK-PN dan Peserta UMPN
  4. Jalur TES ADik: Peserta Tes ADik

KUOTA PROGRAM ADik:

  1. Total kuota program ADik Tahun 2019 untuk wilayah 3T dan anak TKI sebesar 800 beasiswa yang ditujukan bagi penerima dari Kabupaten/kota 3T, Penerima ADEM 3T, serta Anak TKI berlokasi di daerah perbatasan NKRI.
  2. Total kuota program ADik Tahun 2019 untuk wilayah Papua dan Papua Barat sebesar 1000 beasiswa yang ditujukan bagi penerima dari Papua, Papua Barat, Wilayah 3T Papua dan Papua Barat, serta Penerima Program ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah).

Untuk Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara Beasiswa ADik bisa dilihat pada link berikut: Daftar PTN dan PTS Penyelenggara ADik Tahun 2019.

Baca Juga

PERSYARATAN:

  1. Berasal dari daerah Papua dan Papua Barat, daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T), serta anak TKI dari wilayah perbatasan.
  2. Memilih Perguruan Tinggi di luar provinsi asal atau domisili.
  3. Siswa yang telah lulus pada tahun 2018 dan siswa yang akan lulus pada tahun 2019.

CARA MENDAFTAR:

  1. Bagi peserta yang LULUS SNMPTN mendaftar secara mandiri ke sistem ADik melalui laman: https://adik.ristekdikti.go.id.
  2. Bagi peserta SBMPTN dan UMPN mendaftar secara mandiri ke sistem ADik melalui laman https://adik.ristekdikti.go.id. Untuk peserta SBMPTN wajib menyertakan hasil nilai UTBK. Bagi yang lulus SBMPTN dan UMPN akan diikutsertakan sebagai calon peserta program ADik sesuai dengan program studi yang dipilih pada SBMPTN dan UMPN.
  3. Bagi peserta yang LULUS PMDK-PN mendaftar secara mandiri ke sistem ADik melalui laman https://adik.ristekdikti.go.id.
  4. Peserta Tes ADik didaftarkan oleh pemerintah daerah (kabupaten/kota) ke sistem ADik melalui laman https://adik.ristekdikti.go.id.

Baca Juga: Daftar Beasiswa S1 untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat

JADWAL PENDAFTARAN & TES:

  1. Batas waktu pendaftaran melalui sistem ADik: 30 MEI 2019
  2. Tes UTBC ADik: 18 Juni 2019
    Hanya peserta jalur Tes ADik yang didaftarkan oleh pemerintah daerah (kabupaten/kota) ke sistem ADik (https://adik.ristekdikti.go.id) yang mengikuti UTBC.
    a. Untuk wilayah 3T, masing-masing kabupaten/kota menyiapkan maksimum 40 peserta UTBC yang telah didaftarkan secara online pada sistem ADik.
    b. Untuk wilayah Papua & Papua Barat sesuai dengan jumlah peserta UTBC yang telah didaftarkan oleh pemerintah daerah.
    c. Untuk Program ADEM, sesuai dengan jumlah peserta UTBC yang telah didaftarkan oleh koordinator sekolah.
    d. Untuk Program ADik TKI, sesuai dengan jumlah peserta UTBC yang telah didaftarkan oleh Atase Pendidikan KBRI KL.

Apabila ada yang ditanyakan seputar Beasiswa ADik dapat menghubungi kontak berikut:
Guruh Pratama Kurniawan (HP: 081283355411)
Andi Ilham Makhmud (HP: 081337251968)
Email: [email protected]

Instagram: @ditjen_belmawa dan @ristekdikti
Website Resmi:
https://adik.ristekdikti.go.id/
Silakan dibagikan pada rekan-rekan yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber: indbeasiswa.com

You might also like
close