Home Agama Bacaan Niat Puasa Senin Kamis, Tata Cara Lengkap, Dan Hadis Ajuan Puasa...

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis, Tata Cara Lengkap, Dan Hadis Ajuan Puasa Senin Kamis

194
0

Disunnahkan puasa senin kamis mempunyai alasan dan fungsi tersendiri. Hari Senin merupakan hari dilahirkannya Rosululloh SAW dan diturunkan Wahyu Kepada beliau. sedangkan puasa hari Kamis yakni hari dimana amalan seorang hamba diangkat ke sisi Tuhan.

 Hari Senin merupakan hari dilahirkannya Rosululloh SAW dan diturunkan Wahyu Kepada ia Bacaan Niat PUASA SENIN KAMIS, Tata Cara Lengkap, dan Hadis Anjuran Puasa Senin Kamis

NIAT PUASA SENIN KAMIS

Niat Puasa Pada Hari Senin dalam Bahasa Arab:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى


Jika anda merasa kesusahan membacanya, anda sanggup membaca goresan pena latinnya : “Nawaitu Sauma Yaumal Itsnaini Sunnatan Lillahi Tana’ala”

Arti terjemah Niat Puasa hari Senin

Saya niat puasa hari Senin, sunnah alasannya Allah ta’ala. 

Niat Puasa Pada Hari Kamis dalam Bahasa Arab:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى


Jika anda merasa kesusahan membacanya, anda sanggup membaca goresan pena latinnya : “Nawaitu Sauma Yaumal Khomiisi Sunnatan Lillahi Taa’ala”

Arti Terjemah dari Niat Puasa hari Kamis

Saya niat puasa hari Kamis, sunnah alasannya Allah ta’ala.

Setiap ibadah memiliki banyak diam-diam yang tersimpan di dalamnya. Tak satupun ibadah yang tak memiliki efek baik dan manfaat bagi pelakunya. Begitu juga dengan puasa Senin Kamis, terdapat banyak diam-diam yang tersimpan di dalamnya. dan hanya orang-orang yang melakukannya dengan baik yang sanggup mencicipi manfaat tersebut. Sedangkan orang yang mendengarkannya hanya menerima informasi saja dan tidak pernah mencicipi kenikmatan yang sebenarnya.

Puasa senin kamis termasuk amalan Ibadah sunnah bagi umat Islam yang hendak mengerjakannya. amalan puasa ini merupakan amalan yang sering dilakukan oleh Rasulullah s a w. artinya suatu ibadah yang dilakukan dan diamalkan oleh Rasulullah s a w, niscaya didalamnya terdapat banyak keutamaan, ibarat halnya puasa sunnah yang lainnya yang juga banyak mengandung keutamaan. 

Disunnahkan puasa senin kamis memiliki alasan dan fungsi tersendiri. hari Senin merupakan hari dilahirkannya Rasulullah  saw, dan diturunkannya wahyu kepada beliau. dengan melaksanakan puasa hari Senin ini diperlukan setiap kita, selalu mengambil sifat dan mencontoh Rasulullah s a w dalam setiap perilakunya setiap hari. pada puasa hari Senin merupakan wujud kita untuk berguru banyak dari rosululloh s a w.

Video Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

TATA CARA MELAKUKAN DAN HADIST PUASA SENIN KAMIS

Adapun tata cara melaksanakan puasa senin kamis yakni ibarat puasa sunnah pada umumnya. Tetapi harus diniatkan sendiri sendiri dan dihentikan berniat untuk 2 puasa tersebut dengan demikian seseorang yang hendak melaksanakan puasa senin kamis harus menyendiri kan niatnya jikalau hendak melaksanakan puasa hari Senin maka minyaknya pun juga niat puasa hari Senin Begitu juga dengan puasa hari Kamis.

Puasa senin kamis memiliki alasan tersendiri. Puasa ini bangun sendiri dan harus dilakukan secara tersendiri juga. hal ini didasarkan pada hadist puasa senin kamis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah, yang menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda:

Amal selalu diangkat pada hari Senin dan Kamis maka saya menyukai ketika amalku diangkat saya dalam keadaan berpuasa (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Sedangkan puasa hari Senin dimaksudkan untuk menyambut kelahiran Rasulullah s a w Bagaimana ia melakukannya hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh imam muslim yang menjelaskan bahwa Rosululloh SAW bersabda

Hari itu Senin saya dilahirkan pada hari itu pula Wahyu saya diturunkan kepadaku (HR. muslim)

Karena ini merupakan puasa sunnah, maka rosulullah saw, tidak mensyaratkan harus dilakukan kedua-duanya. Dengan demikian, seseorang boleh melaksanakan puasa pada hari senin saja, atau pada hari kamis saja, tergantung pada orang yang hendak melakukannya. Akan tetapi, yang lebih baik jikalau keduanya dilakukan secara istiqomah.

Tentunya yang menjadi alasan dalam melaksanakan amalan sunnah puasa senin kamis yakni semata – mata untuk mengikuti sunnah rasulullah saw. wacana hal ini, aisyah berkata :

Rasulullah saw, biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari senin dan kamis. (HR Ibnu Majah, Tirmidzi, dan Nasa’i)

dan masih banyak lagi hadits yang menjelaskan wacana keutamaan puasa senin kamis secara khusus, dan puasa – puasa sunnah. untuk lebih lengkapnya kami akan bahas pada kesempatan selanjutnya. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap dengan Tata cara dan Hadistnya yang kami bahas pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 

Sumber : Hasan, Ali. 2013. Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah Sepanjang Masa.Sabil; Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.