Home Agama Bacaan Niat Puasa Daud Lengkap Dengan Tata Cara Puasa Daudnya

Bacaan Niat Puasa Daud Lengkap Dengan Tata Cara Puasa Daudnya

330
0
Pengertian puasa daud ialah puasa sunnah yang dikerjakan secara berselang atau bergantian, yaitu sehari berpuasa dan sehari berikutnya tidak berpuasa, serta dilakukan secara terus-menerus. disebut puasa daud lantaran puasa ini asalnya dilakukan oleh Nabi Daud selama hidupnya. Nabi Daud berpuasa Dengan cara demikian.

Pengertian puasa daud ialah puasa sunnah yang dikerjakan secara berselang atau bergantian Bacaan Niat PUASA DAUD Lengkap dengan Tata Cara Puasa Daudnya

NIAT PUASA DAUD


نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى 

Jika anda mengalami kesusahan dalam membacanya, teks latin ini mungkin sanggup membantu anda : “Nawaitu Shauma Daawuda Sunnatan Lillaahi Ta’alaa”

Berikut ialah terjemah dari niat puasa daud:

Saya Niat Puasa Daud, Sunnah Karena Allah Ta’ala

Puasa ini dijadikan sebagai bentuk puasa sunnah yang paling afdhal di antara beberapa bentuk puasa lainnya oleh Rasulullah. hal tersebut sebagaimana yang disebabkan oleh Rasulullah s a w kepada Abdullah bin Amr Ra.,   salah satu sobat beliau,  setelah Rasulullah salah mengira bahwa Abdullah bin Amr merasa bisa untuk melaksanakan daud ini:

“Maka berpuasalah engkau wahai Abdullah bin amr, sehari dan berbuka sehari. Inilah yang dinamakan Puasa Daud, dan ini ialah puasa yang paling afdol”. kemudian saya Abdulloh bin Amr berkata “Sesungguhnya saya bisa untuk berpuasa lebih dari itu”., maka dia bersabda “tidak ada puasa yang lebih afdol daripada itu” (HR Bukhori dan Muslim).

Sementara itu dalam hadis yang lain Rosululloh s a w menjelaskan dengan kalimat yang lebih gamblang lagi, dari Abdullah bin Amr ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: 

Puasa yang paling utama ialah puasa saudaraku, Daud. dia sehari berpuasa dan sehari berbuka . (HR. Tirmidzi)

Dalam hadits Selain Rosulullah SAW bersabda:

Puasa yang paling disukai oleh Allah ialah puasa Nabi Daud. shalat yang paling disukai Allah ialah Shalat Nabi Daud. dia bisa tidur separuh malam dan bangkit pada sepertiganya, kemudian tidur pada seperenamnya. dia biasa berbuka sehari dan berpuasa sehari. (HR. Bukhari Muslim)

Vidio wacana puasa daud 


TATA CARA MELAKUKAN PUASA DAUD

Cara melaksanakan puasa daud ialah dengan cara sehari berpuasa dan sehari berbuka (tidak puasa). demikian dilakukan secara terus-menerus hingga jangka waktu yang tidak terbatas. Meskipun demikian puasa Daud sebaiknya hanya dilakukan oleh orang yang bisa dan tidak merasa sulit saat melakukannya. jangan hingga Ia melaksanakan puasa ini, membuatnya meninggalkan amalan yang lainnya. ingat, selain puasa ini masih ada ibadah lainnya yang mesti dilakukan. jikalau banyak melaksanakan puasa malah menciptakan jadi lemas, maka sudah sepantasnya tidak memperbanyak puasa sunnah.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Bacaan Niat PUASA DAUD Lengkap dengan Tata Cara Puasa Daudnya yang kami rangkumd ari buku bacaan eksklusif kami. Semoga bermanfaat bagi kiprah makalah puasa daud anda dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.