Home cpns Apakah Tes Kesehatan CPNS Ada Tes Keperawanan? Simak Jawabannya Melalui Uraian Berikut...

Apakah Tes Kesehatan CPNS Ada Tes Keperawanan? Simak Jawabannya Melalui Uraian Berikut Ini

38
0

Pada masa sekarang, pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil memang dapat dikatakan memiliki prospek dan jaminan yang tinggi di Indonesia. Hanya saja, setiap orang perlu melewati berbagai jenis tes mulai dari tes administrasi hingga tes kesehatan terlebih dahulu. Selain itu, banyak pula yang mempertanyakan apakah tes kesehatan CPNS ada tes keperawanan.

Apakah Tes Kesehatan CPNS Ada Tes Keperawanan? Simak Jawabannya Melalui Uraian Berikut Ini

Secara garis besar, tes kesehatan yang perlu dijalani oleh para CPNS dapat berbeda-beda tergantung pada instansi yang didaftarkan sejak awal. Walaupun begitu, jenis tes keperawanan secara umum tidak digunakan dalam tes kesehatan CPNS walaupun pernah dicoba oleh beberapa instansi dahulu

Sementara untuk penjelasan lebih detail dapat dipahami melalui ulasan ini:

Kontroversi Tes Keperawanan untuk CPNS

Seperti yang dijelaskan secara singkat pada pembuka, pertanyaan tentang apakah tes kesehatan CPNS ada tes keperawanan dapat dijawab berdasarkan histori. Jenis tes tersebut pernah dilakukan dalam tahapan CPNS Nusa Tenggara Barat pada 2013 namun justru mengundang berbagai respon yang kontroversial. Selain itu, banyak yang tidak merespon positif terhadap tes tersebut.

Daftar Tes Kesehatan CPNS Terbaru

Sementara di sisi lain, ada informasi yang jauh lebih penting untuk diketahui terlebih dahulu oleh para CPNS terkait dengan tes kesehatan. Terdapat beberapa jenis tes yang umumnya perlu dilewati dengan baik oleh para CPNS dalam tahapan tes kesehatan pada masa sekarang. Beberapa tes tersebut secara detail dapat diketahui sebagai berikut:

1. Tes Darah

Pertama, terdapat jenis tes yang mungkin sudah tidak asing dan memang sudah digunakan dalam beberapa tes kesehatan selain untuk PNS. Secara sederhana, jenis tes ini memiliki karakteristik untuk melakukan pemeriksaan terhadap keadaan organ dalam dari setiap CPNS dan penyakit masing-masing. Namun sebaiknya CPNS hindari mengalami kelelahan sebelum melakukan tes ini.

2. Tes Penglihatan

Secara umum, beberapa instansi bersifat pemerintah memang mewajibkan adanya jenis tes kesehatan ini agar dapat disesuaikan dengan kualifikasi pekerjaan masing-masing. Setiap CPNS perlu melewati tes penglihatan yang dapat dikatakan cukup bervariasi, mulai dari tes untuk mengenali warna dan beberapa angka. Selain itu, tes ini dilakukan seperti tes kesehatan mata lainnya.

3. Tes Rekam Jantung

Walaupun pertanyaan tentang apakah tes kesehatan CPNS ada tes keperawanan dapat dijawab dengan negasi, terdapat jenis tes yang perlu diperhatikan. Jenis tes ini mungkin dianggap sebagai tes yang sederhana namun tetap dapat dijadikan sebagai faktor yang penting untuk menentukan hasil. Proses rekam jantung ini biasanya memerlukan beberapa waktu agar valid.

4. Tes Pendengaran

Selain jenis tes yang menguji kesehatan mata, terdapat pula tes yang dilewati untuk mengecek kesehatan indera pendengaran dari setiap CPNS. Meskipun begitu, setiap CPNS perlu mempersiapkan sejak awal dan melakukan latihan terkait kemampuan pendengaran masing-masing agar dapat dinyatakan lolos kesehatan. Pada umumnya tes ini dilakukan dengan memanfaatkan bantuan dari microphone.

5. Tes Urin

Terakhir, ada jenis tes yang biasanya diadakan untuk melihat adanya histori terkait penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang dari setiap CPNS. Jenis tes ini tidak memerlukan waktu yang lama namun memerlukan kehati-hatian dari setiap CPNS dan pastikan mengonsumsi makanan sehat. Selain itu, tes ini juga dapat mengungkapkan adanya penyakit seperti hepatitis.

Jawaban dari pertanyaan apakah tes kesehatan CPNS ada tes keperawanan di atas dapat dijadikan pengetahuan agar tidak salah memperoleh informasi. Selain itu, terdapat penjelasan secara lebih lanjut terkait dengan apa saja jenis tes kesehatan yang dilakukan dalam tahapan CPNS sekarang. Ada jenis tes darah, penglihatan, pendengaran, bahkan termasuk tes urin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.