Home cpns Apa Itu Tes Wawasan Kebangsaan CPNS? Berikut Ulasannya

Apa Itu Tes Wawasan Kebangsaan CPNS? Berikut Ulasannya

20
0

 Apa Itu Tes Wawasan Kebangsaan CPNS?_Ingin menjadi PNS, maka lalui dulu tes wawasan kebangsaan CPNS yang selalu menjadi soal wajib yang harus diselesaikan. Mengapa? Merupakan hal penting yang seharusnya diketahui oleh setiap warga negara Indonesia, terlebih lagi calon pegawai yang akan mengabdi untuk negeri. Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Tes Wawasan Kebangsaan CPNS? Berikut Ulasannya

Pengertian Tes Wawasan Kebangsaan

Sebuah tes wawasan kebangsaan CPNS merupakan pengujian yang dilakukan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana pemahaman calon ASN tentang bangsanya. Keseluruhan soal yang akan diujikan biasanya terdiri dari NKRI, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan lainnya. Lebih tepatnya akan banyak pemahaman terkait nilai-nilai nasionalisme.

Pihak BKN biasanya hanya akan memakai satu jenis dari tes tersebut, dari tahun-tahun sebelumnya penggunaan soal yang diberikan seputar HOTS. Mutu dari setiap poin soal yang diberikan pastinya tidak main-main. Hal ini disebabkan standar dari setiap soal yang sudah level berpikir tingkat tinggi.

Pertanyaanya bukan lagi berada pada level C1 atau C2, tetapi sudah berada pada C5 dan C6. Jadi tidak hanya pemahaman semata yang dimiliki seorang ASN, namun keterlibatannya dalam proses bernegara juga. Jangan sampai terpilih dan terangkatnya seorang ASN yang tidak bermutu dan tidak mempunyai integritas, bahkan loyalitas tinggi terhadap bangsanya.

Materi dalam Tes Kebangsaan

Materi yang akan diujikan dalam sebuah tes adalah hal yang paling banyak dicari tahu oleh para calon ASN. Pengetahuan seputar materi tentunya diketahui untuk bahan pembelajaran agar bisa menghadapi tes sesungguhnya. Berdasarkan hasil keputusan dari Permenpan-RB Nomor 27 tahun 2021, materi TWK adalah  sebagai berikut:

1. Nasionalisme

Nasionalisme adalah sikap atau semangat harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali. Pengertian terhadap nilai-nilai kebangsaan tumbuh, sebab adanya rasa persamaan nasib dan juga sejarah lampau.Termasuk dalamnya kepentingan untuk hidup bersama sebagai negara yang bebas dan mandiri.

Selain itu untuk mewujudkan harapan dan cita-cita bangsa  untuk menjadi negara yang lebih baik lagi. Hal inilah yang ditekankan dalam pemberian soal TWK, dimana setiap nomor mempunyai tujuan untuk menguji kemampuan setiap calon ASN.

2. Integritas

Melakukan segala sesuatunya dengan konsisten, sehingga apa yang dikatakan dan yang diperbuat sesuai. Penerapan setiap nilai-nilai yang baik selalu dipergunakan di mana pun keberadaannya. Pentingnya soal integritas yang diujikan untuk mengetahui nilai kejujuran, rasa kesatuan, tanggung jawab dan sebagainya. Berikut contoh seputar pertanyaan yakni:

  • Kepemilikan integritas pribadi.
  • Kepribadian utuh.
  • Antara ucapan dan perbuatan selaras.
  • Taat terhadap aturan
  • Menjauhi dan tidak melakukan penyelewengan wewenang dan lainnya.

3. Bela Negara

Berikutnya adalah konsep yang dirancang dan disusun oleh undang-undang tentang patriotisme seseorang terhadap negaranya. Pihak penyusun soal bela negara, biasanya akan mempertimbangkan pentingnya peran masyarakat dalam mempertahan eksistensi negara. Mempunyai tujuan yaitu:

  • Menjaga keberlangsungan hidup bangsa dan negara.
  • Pelestarian budaya.
  • Mengerjakan nilai pancasila dan perundangan.
  • Melakukan yang terbaik untuk negara.
  • Melindungi identitas serta integritas.

Secara lebih sederhana bela negara dapat disimpulkan merupakan bentuk kecintaan yang telah dijiwai. Dalam konteks ini kecintaan tersebut ditujukan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Merupakan hal wajib yang harus dilakukan tiap-tiap warga negara untuk turut serta dan berpartisipasi.

4. Pilar Negara

Terakhir adalah bentuk soal pilar negara yang membahas pembentukan karakter. Pada pengujian yang dilakukan pada tes tersebut berlandaskan Bhineka tunggal ika, pancasila serta undang-undang 1945. Dalam hal ini karakter akan secara bertahap melalui berbagai tahap, hingga akhirnya setiap komponen mengandung nilai perilaku.

Demikianlah pembahasan terkait tes wawasan kebangsaan CPNS yang perlu dan penting untuk diketahui oleh setiap calon ASN. Harapan yang diinginkan dengan adanya pemberian tes tersebut dapat melahirkan PNS yang mempunyai rasa tanggung jawab dan kecintaannya pada NKRI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.