Home ASN Alur Pendaftaran CPNS Beserta Persyaratan Kualifikasinya

Alur Pendaftaran CPNS Beserta Persyaratan Kualifikasinya

9
0

 Memiliki profesi sebagai ASN maupun PNS memang menjadi impian bagi sebagian kalangan masyarakat. Lantaran dianggap hidupnya terjamin dengan sejumlah tunjangan serta dana pensiun sebagai persiapan hari tua nantinya. Oleh sebab itu banyak orang berbondong-bondong melamar menjadi CPNS. Namun ternyata masih banyak pelamar yang masih belum mengerti alur pendaftaran CPNS beserta syarat kualifikasinya. 

Alur Pendaftaran CPNS Beserta Persyaratan Kualifikasinya

Pengetahuan terkait hal ini memang cukup penting supaya tidak ditolak saat baru menginjak pada tahapan seleksi berkas. Biasanya calon pelamar CPNS akan melakukan berbagai macam persiapan ketika pengumuman pendapatan akan segera dibuka. Mulai dari menyiapkan persyaratan sampai dengan materi yang diperkirakan akan diujikan. Berikut informasi terkait syarat kualifikasi serta alur untuk mendaftar CPNS:

Syarat Kualifikasi 

Tentunya untuk bisa mendaftar sebagai CPNS harus memenuhi sejumlah ketentuan yang telah ditetapkan. Adapun persyaratan yang telah ditetapkan tersebut jumlahnya ada beberapa. Diantaranya sebagai berikut:

● Pertama calon pelamar bukan merupakan orang yang sempat dipidana, dengan catatan pidana penjara yang dijalani setidaknya 2 tahun maupun lebih.

● Calon pelamar juga tidak pernah mendapatkan pemberhentian dengan cara tidak terhormat ketika menjadi pegawai swasta.

● Tidak menempati jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil, kemudian prajurit TNI, CPNS, maupun anggota dari satuan kepolisian RI.

● Tidak tercatat menjadi salah seorang dari anggota maupun pengurus partai politik, maupun terlibat dalam urusan politik yang lainnya.

● Mempunyai latar belakang kualifikasi jurusan pendidikan yang sesuai dengan tujuan jabatan yang akan dilamar.

● Sehat secara jasmani maupun rohani sebagaimana yang telah dicantumkan dalam pernyataan jabatan yang dituju.

● Bersedia untuk ditugaskan di semua wilayah dari NKRI maupun negara lain sebagaimana yang telah diatur oleh instansi yang bersangkutan, serta persyaratan lainnya. 

Alur Pendaftaran 

Untuk bisa menjadi PNS atau ASN tentu harus melewati alur pendaftaran CPNS dengan sejumlah tahapan terlebih dahulu. Mulai dari pembuatan akun di laman yang telah disediakan hingga menerima pengumuman. Apakah serangkaian tahapan serta tes yang dilalui dinyatakan diterima atau tidak. Bagi yang ingin mengetahui tahapan tersebut, berikut penjelasannya:

1. Pendaftaran Akun 

Pada tahapan pertama ini seorang pelamar diharuskan memiliki akun di laman resmi milik SSCASN. Setelah selesai bisa dilanjutkan dengan melakukan login dan melengkapi sejumlah data yang dibutuhkan. Mulai dari data diri sampai dengan sejumlah berkas yang harus diunggah. 

2. Daftar Formasi

Langkah berikutnya yaitu pelamar bisa memilih formasi yang diinginkan dan sekiranya cocok dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki. Setidaknya ada 5 langkah yang harus dilalui oleh pelamar pada tahapan ini. Diantaranya seperti memilih jenis seleksi, kemudian formasi yang dituju, lalu mengunggah sejumlah dokumen. Dilanjutkan dengan mengecek resume dan mengakhiri pendaftaran, terakhir adalah mencetak kartunya. 

3. Seleksi Administrasi 

Pada tahap ini dilakukan oleh pihak dari instansi terkait berdasarkan berkas yang telah didaftarkan sebelumnya. Dimana nantinya pihak instansi akan melakukan verifikasi data, kemudian mengumumkan hasilnya. Selanjutnya pelamar bisa mengajukan sanggahan jika hasil tidak sesuai. Lalu pihak panitia memberikan hasil dari sanggahan dan terakhir jika pelamar dinyatakan lulus bisa mencetak kartunya. 

4. Seleksi Kompetensi Dasar 

Pelamar harus menyiapkan materi yang sekiranya akan diujikan pada tahap ini agar bisa lulus dengan nilai baik. Tahapan ini tidak jauh dari sebelumnya, dimana pelamar masih bisa melakukan sanggahan akan hasil yang diterima. Kemudian tunggu hasil sanggahan dan jika dinyatakan lulus, bisa mengikuti tahapan pendaftaran selanjutnya. 

5. Seleksi Kompetensi Bidang 

Tidak berbeda jauh dari mekanisme tahapan sebelumnya, yaitu pelamar akan melakukan serangkaian tes yang kemudian hasilnya akan diumumkan oleh panitia. Pelamar masih bisa mengajukan sanggahan jika dirasa hasil tidak sesuai. Terakhir adalah pelamar hanya tinggal menunggu mengumumkan penerimaan. 

Demikian ulasan mengenai persyaratan kualifikasi beserta alur pendaftaran CPNS yang perlu diketahui. Dengan mengetahui informasi ini, calon pelamar CPNS bisa menyiapkan berbagai macam hal yang dibutuhkan. Meliputi sejumlah berkas hingga materi yang diperkirakan bakal diujikan nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.