Home Kesehatan Alasan Mengapa Diabetes Selalu Berujung Pada Komplikasi Berbahaya

Alasan Mengapa Diabetes Selalu Berujung Pada Komplikasi Berbahaya

8
0

Alasan Mengapa Diabetes Selalu Berujung Pada Komplikasi Berbahaya

Rajasoal.com – Diabetes merupakan penyakit kronis yang biasanya berujung dengan komplikasi.

Komplikasi akibat diabetes, antara lain amputasi, kebutaan gangguan syaraf, dan disfungsi ereksi.

Penyakit diabetes akan mempengaruhi kualitas pembuluh darah penderitanya. Penderita diabetes memiliki kadar gula tinggi yang mengalir dalam pembuluh darah (hiperglikemia). Kondisi ini menyebabkan lapisan dalam dinding pembuluh darah mudah cidera.

Kadar gula yang tinggi ini juga menyebabkan gangguan pada pola lemak darah, sehingga lemak jahat akan mudah menumpuk pada dinding pembuluh darah.

Penumpukan lemak dan gangguan kelenturan pembuluh darah akibat kenaikan kadar gula ini akan mempersempit pembuluh darah, sehingga kemampuannya darah menyalurkan darah ke seluruh organ tubuh menjadi terganggu.

Diabetes Selalu Berujung Pada Komplikasi Berbahaya

Darah mengandung nutrisi dan oksigen yang harus disalurkan pada seluruh sel-sel tubuh. Apabila kualitas pembuluh darah jelek, maka akan berakibat nutrisi dan oksigen tersebut tidak sampai pada sel-sel tubuh.

Kondisi selanjutnya yang terjadi adalah sel-sel tubuh menjadi rusak karena kurangnya pasokan nutrisi dan oksigen.

Diabetes juga mempengaruhi imunitas seseorang. Apalagi untuk orang dengan usia lanjut, imunitasnya akan tambah berkurang jika dirinya terkena diabetes.

Sistem imun pada tubuh berperan penting untuk melindungi tubuh dari invasi penyakit, menghancurkan dan menghilangkan mikroorganisme asing, dan mengenali serta menghilangkan sel yang abnormal pertumbuhannya.

Diabetes berhubungan erat dengan resistensi insulin dan defisensi insulin, sehingga terjadilah peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

Efek kadar gula darah yang tinggi ini menyebabkan penderita diabetes mudah sekali terkena infeksi seperti infeksi saluran kencing, infeksi paru, serta infeksi kaki.

Peningkatan kadar gula darah berpotensi menurunkan produksi leukosit (sel darah putih) sebagai pertahanan utama tubuh terhadap mikroorganisme asing atau bibit penyakit.

Leukosit mampu menghasilkan antibodi, yang cara bekerjanya secara fagositosis ( menyerang protein asing dan bakteri).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kadar gula darah maka makin berpotensi untuk menurunkan jumlah leukosit dalam tubuh.

Diabetes akan menginduksi difesiensi imun melalui beberapa mekanisme, salah satunya dengn mengganggu fungsi fagosit sel darah putih.

Baca juga :

Demikian informasi mengenai alasan mengapa diabetes selalu berujung pada komplikasi berbahaya. Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.