Home Ekonomi #9 Cara Mengatasi Inflasi Melalui Kebijakan Fiskal, Moneter, Dan Lainnya

#9 Cara Mengatasi Inflasi Melalui Kebijakan Fiskal, Moneter, Dan Lainnya

36
0

Pengertian Inflasi yakni kondisi atau keadaan dimana harga suatu barang terus meningkat dengan kurun waktu yang panjang. Terjadinya inflasi dalam suatu wilayah negara mengakibatkan beberapa efek negatif. Dampak negartif tersebut di rasakan oleh aneka macam kalangan mulai dari masyarakat, perusahaan, maupun pemerintahan. Dampak yang ditimbulkan oleh adanya inflasi dalam suatu wilayah ibarat penetapan harga pokok sering tidak sempurna oleh produsen, Minat masyarakat untuk menabung semakin menurun, Semakin menurunnya tingkat ekspor barang ke luar negri, dan masih banyak lagi efek yang ditimbulkan oleh adanya inflasi. 

Pengertian Inflasi yakni kondisi atau keadaan dimana harga suatu barang terus meningkat d #9 Cara Mengatasi Inflasi Melalui Kebijakan Fiskal, Moneter, dan Lainnya

Ilustrasi gambar mengatasi inflasi | sumber : blogs.cfainstitute.org

Dampak dari adanya inflasi dalam suatu wilayah atau negara yang di rasakan oleh aneka macam macam kalang mulai dari masyarakat, perusahaan, dan negara tersebut perlu di atasi atau dikendalikan. Adanya inflasi yang terlalu tinggi tersebut akan berdampak semakin jelek terhadap perekenomian negara. Tindakan atau kebijakan yang sanggup diambil untuk mengatasi atau mengendalikan inflasi tersebut yakni kebijakan fiskal, kebijakan moneter, dan kebijakan-kebijakan yang lainnya. Berikut yakni ulasan lengkapnya. 

Baca juga
Pengertian inflasi
Penyebab inflasi
Jenis – jenis inflasi
Kebijakan fiskal
Kebijakan moneter

Cara Mengatasi Inflasi Melalui Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal yakni kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mensugesti penerimaan dan pengeluaran anggaran pemerintah. Kebijakan fiskal yang sanggup dipakai untung mengatasi dan mengendalikan inflasi yang semakin tinggi yakni sebagai berikut:

#1. Menghemat Pengeluaran Pemerintah (goverment expenditure)
Salah satu kebijakan dengan penghematan pengeluaran pemerintah ini akan sanggup mensugesti tingkat inflasi yang terjadi. Dengan mengurangi pengeluaran pemerintah akan sanggup meminimalisir undangan barang dan jasa dalam negeri yang pada hasilnya akan sanggup menurunkan harga barang secara umum. 

#2. Meningkatkan Tarif Pajak Rumah Tangga dan Perusahaan
Untuk mengendalikan atau menekan laju inflasi yang terus meningkat, pemerintah sanggup mengeluarkan kebijkan peningkatan tarif pajak pada tingkat rumah tangga dan perusahaan. Hal tersebut akan meminimalisir tingkat konsumsi. Tingkat konsumsi yang semakin berkurang sedikit akan mengurangi undangan barang dan jasa yang kemudian akan berakibat pada harga barang secara umum akan menurun.

Cara Mengatasi Inflasi Melalui Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter yakni kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintar untuk mensugesti jumlah uang yang beredar dan daya beli uang. Kebijakan moneter yang sanggup dipakai untung mengatasi atau mengendalikan inflasi yang semakin tinggi yakni sebagai berikut :

#4. Pengurangan Jumlah Uang yang Beredar
Pengurangan jumlah uang yang beredar hanya sanggup dilakukan oleh bank sentral yaitu bank indonesia. Hal tersebut dikarenakan bank indonesia mempunyai otoritas penuh terhadap keuangan yang beredar dalam negara. Pengurangan jumlah uang yang beredar dalam negeri dilakukan sampai mencapai titik optimum. Artinya Jumlah uang yang beredar seimbang ataus setara dengan jumlah uang atau jasa yang tersedia. Keseimbangan tersebut akan sanggup mengendalikan laju inflasi.

#5. Penetapan Persediaan Kas Oleh Bank Sentral
Bank sentar (bank indonesia) mempunyai otoritas penuh terhadap keuangan yang beredar dalam negara. Bank sentral berhak tetapkan persediaan jumlah uang yang beredar dengan cara tetapkan uang kas pada kolam non-sentral (bank umum). Penetapan jumlah persediaan uang yang beredar dilakukan dengan cara memperlihatkan instrumen kepada bank umum terkait dengan jumlah batasan uang yang di sirkulasikan kepada masyarakat. Hal tersebut akan memperlambat bahkan akan sanggup mengendalikan laju inflasi.

#6. Menerapkan Kebijakan Politik Diskonto
Politik diskonto yakni kebijakan yang di publikasikan oleh bank sentral sebagai pemegang otoritas utama akan beredarnya uang untuk menambah atau mengurangi jumlah uang yang beradar. Politik diskonto diterapkan dengan cara menaikkan atau menurunkan suku bunga bank. Dengan adanya kenaikan suku bunga bank akan sanggup mengurangi suku bunga yang beredar sehingga akan laju pertumbuhan inflasi sanggup ditekan.

#7. Menerapkan Kebijakan Operasi Pasar Terbuka
Kebijakan ini dipakai oleh pemerintah untuk mengendalikan uang yang beredar dengan cara membeli atau menjual surat-surat yang berharga yang dimiliki oleh pemerintah ibarat surat utang negara yang biasa disebut dengan SUT. Dalam mengendalikan uang yang beredar pemerintah akan menjual surat berharga tersebut kalau pemerintah bertujuan untuk mengurangi jumlah uang yang beredar. Sebailiknya, Jika pemerintah bertujuan untuk menambah jumlah uang yang beredar, maka pemerintah akan membeli surat berharga pemerintah tersebut.

Cara Mengatasi Inflasi Melalui Kebijakan Lainnya

Dalam mengatasi atau mengendalikan laju inflasi yang terjadi, tidak hanya kebijakan moneter dan kebijakan fiskal yang sanggup dipakai oleh pemerintah, tapi juga terdapat kebijakan-kebijakan yang selain dari kebijakan fiskal dan moneter yang sanggup digunakan. Berikut yakni kebijakan lainnya yang sanggup dipakai :

#8. Peningkatan Jumlah Barang di Pasar
Kebijakan ini dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan untuk mengendalikan laju inflasi. Kebijakan ini dilakukan dengan cara meningkatkan jumlah barang yang dibutuhkan oleh masyarakat di pasar. Dalam menambah jumlah barang di pasar diharapkan campur tangan pemerintah dalam produksi suatu barang. Misalnya pemerintah memperlihatkan subsidi terhadap produsen sehingga produsen tersebut sanggup memenuhi sasaran barang yang dibutuhkan oleh pasar. Namun, Terdapat langkah lain yang sanggup dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan cara menurunkan bea cukai barang impor.

#9. Penetapan Harga Maksimum (Beberapa Jenis Barang)
Dengan adanya penetapan harga maksimum beberapa jenis barang khususnya yang kuat terhadap tinggi rendahnya laju inflasi akan sanggup mengendalikan para spekulan ekonomi yang mempermainkan harga barang di pasar. dengan penetapan harga maksimum tersebut akan dengan gampang untuk mengendalikan inflasi.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Cara Mengatasi Inflasi Melalui Kebijakan Fiskal, Moneter, dan Lainnya yang kami rangkum dari aneka macam macam literatur online. Semoga bermanfaat bagi kiprah makalah anda ,dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.