Home Bahasa Indonesia #7 Pola Teks Biografi Perihal Jagoan Beserta Strukturnya

#7 Pola Teks Biografi Perihal Jagoan Beserta Strukturnya

33
0
Teks biografi merupakan salah satu karya tulis berupa teks yang dipakai untuk menjelaskan biografi seorang tokoh atau orang baik itu seorang pahlawan, bangsawan, priyai, maupun pribadi. pada kesempatan sebelumnya pernah kami mengulas secara lengkap wacana pengertian, struktur, ciri – ciri, kaidah bahasan dan jenis -jenisnya. 

Teks biografi merupakan salah satu karya tulis berupa teks yang dipakai untuk menjelaska #7 Contoh Teks Biografi Tentang Pahlawan Beserta Strukturnya

Berdasarkan jenisnya, teks biografi di bagi menjadi dua yaitu teks biografi lengkap/panjang dan teks biografi singkat. Teks biografi panjang atau lengkap yaitu teks biografi sebuah teks karangan biografi yang memuat banyak sekali macam info secara lengkap yang kemudian dikisahkan dengan lebih mendetail dan di ceritakan dengan memakai gaya bahasa yang menarik. 


Sedangkan teks biografi singkat hampir sama dengan teks biografi panjang/ lengkap namun gaya dalam penulisannya memakai bahasa yang singkat, padat, dan berisi yang umumnya tidak begitu lengkap.

Mengapa harus mengambil pola teks biografi wacana pendekar ? Karena penulis dikala ini sangat tertatik dan ingin membahas wacana biografi pahlawan. banyak yang ingin di share kepada para pembaca hal-hal yang berkaitan dengan para pahlawan. berikut yaitu beberapa pola teks biografi wacana pendekar beserta strukturnya.

Contoh Teks Biografi Singkat RA Kartini
Banyak orang yang kagung dengan RA Kartini. Hal tersebut dikarenakan perempuan yang satu ini memang mempunyai banyak sekali ilham terhadap para perempuan pada masa kolonial.

RA Kartini tidak mendapat pendidikan formil yang tinggi. Kartini hanya bisa sekolah hingga usia 12 tahun. Akan tetapi masa sekolah tersebut memperlihatkan banyak manfaat dimana dia bisa berguru bahasa belanda dengan baik. Setelah bisa berbahasa belanda dengan baik, perempuan ini sering mengirim surat ke beberapa media yang ada di belanda.

Salah satu surat yang di buat oleh kartini yaitu “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Surat yang satu ini menjadi sangat populer dan menjadi banyak bahasan para ahli. Isi surat tersebut yaitu sebuah simbol kalau perempuan pribumi harus maju dan bisa menjadi lebih baik. 

Para perempuan harus mendapat pendidikan yang layak sama halnya kaum pria. Memang pada dikala itu hanya laki-laki yang banyak mendapat pendidikan yang layak. Sedangkan para perempuan lebih banyak berdiam diri dan menikah pada usia yang muda. Pandangan Kartini tersebut mendapat banyak apresiasi dan hingga kini negri ini selalu mengenang perempuan yang hebat ini.

Dengan banyak fatwa fenomenal yang ia miliki, khiususnya pemilikiran wacana Emansipasi Wnita, Maka pada tanggal 21 April pada setiap tahuannya, di indonesia di menetapkan sebagai Hari Kartini.

Contoh Biografi Singkat Ki Hadjar Dewantara
Ki Hajar Dewantara merupakan seorang tokoh pendidikan bagi kaum pribumi indonesia pada zaman penjajahan Belanda.

Lahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat, Ki Hadjar Dewantara mendirikan Perguruan Taman Siswa yang memperlihatkan kesempatan bagi para pribumi untuk bisa memperoleh pendidikan menyerupai halnya para priyayi maupun orang Belanda.

Tulisan Ki Hadjar Dewantara yaitu “Seandainya Aku Sorang Belanda” dengan judul orisinil “Als Ik Eens Nederlander Was” yang pernah di muat dalam surat kabar De Express milik Douwes Dekker tahun 1913. Artikel tersebut di tulis dalam konteks rencana pemerintah Belanda untuk mengumpulkan tunjangan dari indonesia. 

Ki Hadjar Dewantara meninggal dunia pada tanggal 28 April 1959 dan di makamkan di Wijayabrata, Yogyakarta. Tinggal lahirnya (02 Mei) di jadikan sebagai hari pendidikan nasional di Indonesia. Selain itu, ki hadjar dewantara, dijadikan sebagai bapak pendidikan indonesia. Nama Ki Hadjar Dewantara juga di abadikan sebagai nama kapal perang indonesia, yaitu “KRI Ki Hadjar Dewantara“. 

Semboyan dalam pendidikan yang ia pakai yaitu “Tut Wuri Handayani”. Semboyan ini berasal dari ungkapan aslinya “Ing Ngarsa Sang Tulada. Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”. Hingga dikala ini, semboyan ini tetap dipakai sebagai semboyan pendidikan di indonesia.

Demikian ulasan artikel kami tentang Contoh Teks Biografi Tentang Pahlawan Beserta Strukturnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.