Home Bahasa Indonesia 6+ Teladan Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik

6+ Teladan Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik

87
0

6+ Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik – Tentunya anda sudah tidak aneh lagi dengan istilah kata pidato. Apa itu pidato? Pidato ialah kalimat yang disusun rapi untuk disampaikan kepada orang banyak. Selain itu adapula pengertian pidato berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu ungkapan kata yang didalamnya terdapat kandungan makna supaya tersampaikan kepada khalayak umum. Apapun bentuk pidatonya niscaya memakai pembukaan pidato di belahan awalnya dan belahan epilog untuk akhirannya. Lalu bagaimana pola pembukaan pidato Bahasa Indonesia yang baik dan benar?

 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik 6+ Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik
Contoh Pembukaan Pidato Terbaik

Pembuatan pidato Bahasa Indonesia yang baik dan benar tersebut sanggup terlihat dari respon pendengar dari pidato itu sendiri. Pidato tersebut dibentuk untuk menawarkan imbas kepada orang lain supaya mengikuti apa yang kita sampaikan. Seseorang yang dituntut untuk melaksanakan pidato memang harus menyampaikannya dengan baik dan benar. Adapun beberapa belahan pidato yang perlu disampaikan yaitu pembukaan, isi dan epilog pidato. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa pola pembukaan pidato Bahasa Indonesia terbaik. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

6+ Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik

Dengan adanya pola pembukaan pidato ini diperlukan anda sanggup memberikan pidato dengan baik dan lengkap. Pada dasarnya pembuka pidato berisikan beberapa kalimat sebelum penyampaian isi pidato. Pidato tersebut sanggup diartikan sebagai bentuk acara dalam penyampaian pikiran, aspirasi, dan segala hal yang ingin diungkapkan kepada banyak orang. Materi yang disampaikan dalam pembuka pidato tentunya selalu berkaitan dengan isi yang akan disampaikan kepada audience. Untuk itu dalam sebuah pidato terdapat beberapa belahan penting seperti:

Baca juga : 8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan

  1. Pembuka Pidato
  2. Isi Pidato
  3. Penutup Pidato
Bagian belahan diataslah yang biasanya harus ada dalam pidato supaya penyampaian kepada audiencenya lebih lengkap dan baik. Dibawah ini terdapat beberapa pola pembukaan pidato yaitu meliputi:

Pembukaan Pidato dengan Bersyukur kepada Tuhan

Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, alasannya ialah berkat rahmat dan hidayahnya kita sanggup berkumpul di ruangan ini ,dengan sehat walafiat dan tidak kekurangan suatu apapun. Kita juga tidak lupa untuk menghaturkan salam dan shalawat kepada junjungan nabi kita, Nabi Muhammad SAW.

Para hadirin terhormat, izinkanlah saya pada kesempatan kali ini untuk memberikan pidato mengenai (contoh pembukaan pidato ini kemudian dilanjutkan dengan isi pidatonya).

Pembukaan Pidato Berisi Perkenalan Diri

Selamat pagi dan sehat selalu untuk sobat sahabat semua.
Apa kabar sobat sahabat semua? Semoga sobat sahabat sekalian selalu sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun. Apakah sobat sahabat semua mengenal saya? Mungkin diantara kalian semua ada yang mengenal maupun tidak. Ada pepatah menyampaikan bahwa “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Untuk itulah saya akan memperkenalkan diri disini. Perkenalkan nama saya ialah Rio Sandoro, atau sanggup dipanggil Rio. Saya lahir pada tanggal 3 Januari 1990 di Jepang. Selama 29 tahun lamanya saya besar dan hidup di Negeri Sakura tersebut. Pendidikan saya berada di perguruan tinggi tinggi yang ada di Jepang. Kemudian saya juga aktif dalam bidang organisasi santunan anak yang terlantar dan bidang pendidikan.

Baca juga : 8 Contoh Latar Belakang Laporan PKL (Prakerin) yang Baik dan Benar

Untuk kesempatan yang luar biasa ini, saya berharap sobat sahabat semua sanggup ikut berperan serta dalam dunia pendidikan melalui semangat yang akan saya sampaikan dalam pidato ini.
Teman sobat yang saya sayangi,
(Contoh pembukaan pidato ini kemudian dilanjutkan dengan isi pidatonya)

Pembukaan Pidato Berisi Pemberian Ilustrasi

Para tamu permintaan yang saya hormati,
Pada pagi hari ini marilah kita renungkan sejenak mengenai apa yang pernah kita lakukan diwaktu akrab ini. Lihatlah lingkungan kita ini. Keadaan sekitar kita sungguh memprihatinkan. Kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya nampaknya tidak sanggup menggerakkan hati banyak orang. Bahkan pembuangan sampah sendiri masih banyak dilakukan oleh pengendara motor dan kendaraan beroda empat yang kemudian lalang dijalanan. Kejadian ini tentunya sungguh tidak yummy untuk dipandang dan menciptakan lingkungan sekitar kita terlihat tidak bersih. Selain itu sampah sampah tersebut juga mengakibatkan banyak penyakit dan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Terlebih lagi kalau lingkungan kita terkena peristiwa banjir. Bukankah kebiasaan ibarat ini dihentikan disepelekan? Sudahkah lingkungan kita jaga dengan baik?
Dengan mediator pidato ini, saya berniat untuk mengajak para tamu permintaan sekalian supaya selalu menjaga kawasan tinggal dan lingkungan sekitar kita supaya tetap bersih.
Hadirin yang saya hormati,
(Contoh pembukaan pidato ini kemudian dilanjutkan dengan isi pidatonya)

Pembukaan Pidato Berisi Fakta Sejarah

Para hadirin yang berbahagia,
Pada hari yang cerah ini kita sanggup memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tentunya kita teringat pada hari kemerdekaan ini para pejuang dan jagoan bangsa telah mengusir dan menghalau penjajah di negeri ini dengan mengorbankan seluruh raga dan jiwanya. Para jagoan dengan gagah berani melawan sekutu dan pasukan penjajah yang membombardir negeri tercinta kita ini dengan terus menerus, baik melalui udara, darat, ataupun laut. Namun jagoan pahlawan tersebut terus maju melawan penjajah tanpa gentarnya. Para jagoan terus memperjuangkan martabat bangsa Indonesia dengan gagah berani.
Hadirin yang saya hormati,
(Contoh pembukaan pidato ini kemudian dilanjutkan dengan isi pidatonya)

Baca juga : 32 Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif Beserta Pengertian

Pembukaan Pidato Disajikan Dalam Bentuk Humor

Hadiri sekalian,
Apakah anda pernah mempunyai aliran bahwa perut gemuk merupakan lambang kemakmuran? Tentunya saya pernah berpikir ibarat itu. Tetapi saya juga tidak begitu yakin kalau keduanya mempunyai hubungan. Mungkin kedua hal ini termasuk sobat tapi mesra (TTM), brother zone, ataupun friend zone. Hahahaha. Baiklah, mari kita kembali pada kekerabatan kemakmuran dengan perut gemuk. Seperti yang kita ketahui bahwa mereka yang mempunyai badan kurus cenderung untuk pegawai yang jabatannya biasa. Namun untuk mereka yang mempunyai perut gemuk cenderung untuk pegawai yang jabatannya tinggi ataupun pegawai yang jabatannya sedang naik. Hal ini tentunya menciptakan saya kurang begitu yakin mengenai kekerabatan pembukaan pidato ini dengan sesuatu yang ingin saya sampaikan.
Hadirin yang terhormat,
Saya ingin memberikan beberapa patah kata melalui pidato ini terkait penjagaan integritas diri yang penting dalam mengemban sebuah tanggung jawab dan kiprah tugas dalam sebuah pekerjaan.
(Contoh pembukaan pidato ini kemudian dilanjutkan dengan isi pidatonya)

Sekian beberapa pola pembukaan pidato Bahasa Indonesia terbaik. Pembuka pidato tersebut sanggup ditambahkan dengan fakta sejarah, disajikan dalam bentuk humor, perkenalan diri, memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan, dan sebagainya. Dalam sebuah pidato yang baik dan lengkap tentunya harus berisi belahan bagian penting ibarat pembukaan pidato, isi pidato dan diakhiri dengan epilog pidatonya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.