Home Metode Pembelajaran 6 Metode Pembelajaran Les Privat yang Mudah Dipahami Anak

6 Metode Pembelajaran Les Privat yang Mudah Dipahami Anak

21
0

Metode Pembelajaran Les Privat yang Mudah Dipahami Anak_Les privat menjadi pilihan banyak orang tua untuk menambahkan jam belajar di rumah dengan metode interaksi langsung antara guru dan murid. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang yang mengharuskan siswa belajar dari rumah. Metode pembelajaran Les privat bisa dibilang menjadi metode belajar yang efektif karena jumlah murid yang biasanya lebih sedikit bila dibandingkan les biasa, bahkan beberapa diantaranya hanya ada 1 murid.

Berikut Ini Metode Pembelajaran Les Privat yang Mudah Dipahami Anak

Hal seperti itulah yang akhirnya menjadi alasan orang tua untuk mendatangkan guru secara privat untuk membantu anak dalam memahami pelajaran. Nah, lalu bagaimana sih metode pembelajaran dalam les privat yang baik? Simak ulasannya berikut ini:

1. Tanyakan Pelajaran Apa yang Jadi Kendala Murid

Setiap murid pastinya memiliki permasalahan yang berbeda-beda pada setiap bidang mata pelajaran. Nah, untuk itu melakukan pendekatan secara langsung dengan cara menanyakan mata pelajaran apa yang sering menjadi kendala bisa dijadikan salah satu solusi. Tanyakan pada bab berapa atau pada bagian mana yang membuat murid merasa kurang bisa memahami tentang mata pelajaran tersebut.

2. Ajak Diskusi Murid

Hal selanjutnya yang bisa dijadikan metode pembelajaran les privat yang tepat adalah melakukan diskusi dengan murid. Pendekatan seperti ini akan membuat murid merasa lebih dihargai melalui ungkapan pendapat tentang mata pelajaran yang tidak begitu dikuasai. Ajak murid untuk mencari pemecahan masalah dari mata pelajaran tersebut.

3. Gunakan Metode Pembelajaran Santai

Menerapkan pembelajaran yang santai namun tetap disiplin juga bisa jadi salah satu solusi tepat untuk mengajar les privat. Tidak jarang seorang anak akan merasa bosan atau bahkan malas untuk les karena suasana yang dibangun oleh guru membuat tegang dan terlalu serius.

Nah, untuk itu memberikan metode pembelajaran les privat yang santai namun tetap disiplin bisa jadi salah satu tipsnya. Misalkan saja guru bisa melakukan diskusi ringan tentang suatu soal atau mata pelajaran kemudian namun dengan tetap memberikan satu deadline untuk murid.

4. Bantu Murid Mengerti Tentang Pelajaran di Sekolah

Mengulang kembali pembelajaran yang telah dilakukan disekolah dan masih tidak dimengerti oleh murid juga bisa jadi metode yang tepat. Mempelajari mata pelajaran yang besoknya menjadi materi selanjutnya dari guru di sekolah juga bisa dilakukan. Melakukan hal-hal seperti ini bisa membantu murid lebih cepat paham akan mata pelajaran yang belum atau bahkan akan dipelajari nantinya.

5. Berikan Tes pada Murid

Memberikan tes pada murid juga bisa jadi salah satu solusi yang bisa dilakukan. Catatan penting yang perlu diingat oleh guru privat dalam melakukan metode ini adalah jangan melakukannya setiap hari. Melakukan tes pada murid setiap hari akan membuat murid mudah merasa malas dan enggan mengikuti kelas.

Hal ini berkaitan dengan perasaan tertekan dan keharusan yang biasanya akan muncul karena tes-tes yang diberikan. Berikan paling tidak tes atau ujian setiap seminggu sekali dengan jumlah soal yang relevan serta membahas materi yang telah dipelajari sebelumnya.

6. Diskusikan dengan Orang Tua Murid

Orang tua murid juga bisa menjadi salah satu metode pembelajaran les privat yang tepat. Mengetahui perspektif orang tua mengenai perkembangan anak akan membantu dalam metode belajar yang bisa diterapkan kepada murid.

Sama seperti yang dibahas sebelumnya bahwa kemampuan anak akan berbeda-beda. Nah, untuk itu menanyakan perihal seperti ini kepada orang tua murid akan sangat membantu karena orang tua akan menjadi pihak yang tentunya sangat mengenal anak.

Itulah tadi metode pembelajaran les privat yang bisa dilakukan supaya anak bisa lebih memahami pelajaran yang dipelajari. Keenam metode ini hanyalah sebagian dari banyaknya metode yang bisa diterapkan dalam les privat. Semua metode yang dijalankan akan tergantung dari bagaimana pendekatan guru terhadap murid pada saat pembelajaran berlangsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.