Home Ekonomi #6 Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Tepat (Penting)

#6 Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Tepat (Penting)

35
0
Seperti yang di jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa pengertian pasar persaingan sempurna yakni suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah konsumen dan produsen sangat banyak dan tidak terbatas. Berdasarkan pengertian tersebut timbul suatu pertanyaan yang fundamental terkait dengan apakah kelebihan dan kekurangan dari pasar persaingan tepat tersebut ?


Pada kesempatan kali ini, admin akan mengajak teman – teman sekalian memahami apa saja kelebihan dan apa saja yang menjadi kekurangan dari pasar tersebut. berikut yakni ulasan lengkapnya yang penting untuk temen – temen ketahui dan memasukkannya dalam makalah pasar persaingan sempurna.

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

#1 – Individu dan Swasta Memiliki Hak atas usahanya
Para pelaku perjuangan dalam pasar persaingan tepat mempunyai hak secara utuh dan legal, baik itu perjuangan milik pribadi ataupun swasta. Pemerintah tidak mempunyai wewenang untuk ikut campur secara eksklusif dalam perjuangan tersebut. Namun, di sisi lain pemerintah mempunyai tugas penting dalam menjaga kestabilan produk dan harga produk yang ada di pasar persaingan sempurna.

Para pelaku perjuangan mempunyai kebebasan dalam usahanya masing – masing untuk meningkatkan produksi, kualitas atau harga jual atas produk itu sendiri demi mendapat keuntungan yang maximal. Namun tidak terlepas dari kompetisi perjuangan yang ada dalam pasar persaingan sempurna.

#2- Perkembangan Ekonomi yang Cepat
Kebebasan para pelaku perjuangan dalam mengatur acara usahanya, memperlihatkan kesempatan luas bagi mereka untuk terus berkembangan dan meningkatkan keuntungan. Hal tersebut juga akan berdampak aktual terhadap perkembangan ekonomi, baik di tingkat regional maupun nasional. 

Dalam pasar persaingan sempurna, semakin banyak para perjuangan yang memakai kesempatan luas membuatkan usaha, maka akan semakin berkembang tingkat perekonomian di tingkat wilayah tersebut. 

#3- Konsumen Memiliki Banyak Pilihan
Banyaknya para pelaku perjuangan dan banyaknya produk yang homogen dalam pasar persaingan tepat memperlihatkan aneka macam macam pilihan kepada komsumen untuk menentukan produk yang akan di belinya. Tentunya kualitas dan harga produk yang bersaing akan menjadi pertimbangan penting bagi para konsumen dalam menentukan produk. Umumnya, konsumen akan menentukan produk yang berkualitas atau mempunyai kuantitas yang banyak dengan harga yang murah ibarat yang berlaku pada aturan permintaan.

Hukum undangan berbunyi semakin rendah harga suatu barang atau jasa, maka akan semakin bayak undangan atas barang atau jasa tersebut, begitu juga sebaliknya, apabila semakin tinggi harga suatu barang atau jasa maka akan semakin sedikit undangan terhadap barang atau jasa tersebut.

Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

#4 – Produsen Sulit dalam Berinovasi
Salah satu ciri – ciri pasar persaingan sempurnya yakni terdapat banyak produk yang homogen. Homogenitas dari produk atau jasa yang ada pada pasar persaingan tepat akan sulit untuk berinovasi dan membuatkan usaha. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pesaing perjuangan dengan produk atau jasa sejenis dalam pasar tersebut. 

Pelaku perjuangan atau produsen yang selalu melaksanakan penemuan dan bisa meningkatkan kualitas produk atau jasa dengan harga yang ada di bawah harga rata – rata produk homogen lah yang akan terus bertahan dan akan mendapat banyak keuntungan. Oleh alasannya yakni itu, produsen di tuntut untuk selalu berinovasi sesuai dengan perkembangan kebutuhan yang di kehendaki oleh para konsumen. Apabila produsen tersebut tidak bisa berinovasi, maka ia akan kalah dalam pasar persaingan sempurna

#5 – Peningkatan produksi Lambat
Produsen dalam pasar ini cenderung kurang meningkatkan kuantitas produksi atau dengan kata lain peningkatan produksi yang lambat. Banyaknya produsen, produk, serta harga produk yang homogen menjadi pertimbangan dalam meningkatkan usaha. dalam kondisi yang demikian akan berlaku hukum penawaran.

Hukum penawaran berbunyi semakin tinggi harga suatu barang atau jasa, maka semakin banyak jumlah barang atau yang bersedia diwarkan, begitu juga sebaliknya, apabila semakin rendah harga suatu barang atau jasa, maka akan semakin sedikit jumlah barang atau jasa yang bersedia ditawarkan.

#6 – Konflik antara Produsen 
Kompetisi perjuangan dalam pasar persaingan tepat sangatlah tampak begitu terang apabila di hadapkan dengan produk dan harga yang homogen. Para produsen bersaing dan berusaha untuk mendapat konsumen sebanyak – banyaknya. Dalam persaingan tersebut, tidak sedikit produsen yang melaksanakan aneka macam macam cara untuk bersaiang dengan produsen lain yang sanggup berupa peningkatan kualitas produk, penurunan harga, dan optimalisasi seni administrasi pemasaran produk. 

Demikian ulasan artikel kami terkait denagn Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna yang penting untuk temen – temen ketahui. Semoga bermanfaat dalam pengetahuan dan dalam pembuatan makalah pasar persaingans tepat anda. Mohon maaf jikalau ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung di blog kami. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.