6 Karakteristik Penelitian Yang Perlu Kau Ketahui

Dalam sebuah penelitian tentunya kita perlu mengetahui terkait ihwal karakteristik penelitian. Dengan mengetahui hal tersebut kita akan lebih gampang dalam melaksanakan penlelitian gaes.

Dalam sebuah penelitian tentunya kita perlu mengetahui terkait ihwal karakteristik penel 6 Karakteristik Penelitian yang Perlu Kamu Ketahui

Menurut salah satu pakar penelitian, karakteristik  penelitian merupakan suatu kegiatan penelitian (kuantitatif) mempunyai beberapa karakteristik yang satu dengan yang lain saling berafiliasi dengan penjelasan, sebagai berikut:

1.Penelitian Harus Bersifat Empirik
Seorang peneliti harus mempunyai insiden atau fenomena sosia yang sanggup dilihat dan atau didengar.

2.Penelitian Harus Mempunyai Manfaat
Ketika seorang peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian, maka yang harus diperhatikan yaitu ihwal kejelasan manfaat, baik manfaat untuk perbaikan kualitas hidup masyarakat, terutama mereka yang diteliti, maupun manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan (manfaat akademik, teoritik)

3.Penelitian harus dilakukan secara sistematik
Dalam penulisan ajuan dan laporan penelitian maupun dalam melaksanakan penelitian seorang peneliti harus mengenal unsur-unsur atau bagian-bagian yang harus dikemukakan dan dikerjakan.

4.Penelitian harus logis dan rasional 
Logis maksutnya yaitu bahwa sebuah karya ilmiah penelitian, unsur-unsurnya harus tersusun sedemikian rupa sehingga merupakan rangkaian yang bias di nalar, terperinci alur pikirannya. Sedangkan rasional dalam hal ini dimaksudkan bahwa setiap pilihan yang ditetapkan atau pilihan yang dipilih oleh peneliti harus disertai klarifikasi atau alasan yang mendasarinya.

5.Penelitian harus bersifat Reduktif
Penelitian bersifat reduktif bias juga diartikan bahwa peneliti sanggup memakai sebagian (mengurangi) dari semua subyek penelitian yang memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan oleh peneliti.

6.Penelitian Harus Bersifat Transmitable Dan Replikatif
Transmitable maksudnya yaitu bahwa laporan penelitian hendaknya ditulis secara terperinci dan alir pikirnya serta memakai bahasa yang gampang dipahami pembaca (mudah dipindah ke pikiran para peneliti laiinnya).

Nah gaes, itulah ulasan terkiat dengan Karakteristik Penelitian yang Perlu Kamu Ketahui. Semoga sehabis mengetahui Karakteristik Penelitian ini anda sanggup lebih gampang dalam melaksanakan penelitian anda. 

You might also like
close