Home Jurusan Kuliah 6 Jurusan di UM yang Sepi Peminat tapi Punya Prospek Bagus

6 Jurusan di UM yang Sepi Peminat tapi Punya Prospek Bagus

44
0

 Universitas Negeri Malang membuka banyak pilihan jurusan bagi pelajar yang akan masuk kuliah. Dari hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 lalu didapati beberapa jurusan ternyata sepi peminat. Jurusan di UM yang sepi peminat tersebut bisa dijadikan sebagai peluang. Tidak semua jurusan sepi peminat itu buruk dan tidak punya masa depan. Berikut adalah 6 jurusan sepi peminat di UM yang bisa dimasuki karena punya prospek bagus:

6 Jurusan di UM yang Sepi Peminat tapi Punya Prospek Bagus

1. Bioteknologi

Jurusan bioteknologi yang ditawarkan oleh UM tidak bisa menjaring banyak peminat tahun lalu. Jumlah siswa yang mendaftar di jurusan ini tercatat sejumlah 114. Pada tahun ini, jurusan bioteknologi akan dibuka dengan daya tampung 21 orang. Padahal prospek lulusan jurusan ini di masa depan cukup menjanjikan. Lulusan bioteknologi bisa bekerja sebagai akademisi, peneliti, ahli, dan masih banyak lagi pilihan profesi lainnya.

2. Ilmu Keolahragaan

Jauh lebih sepi peminat dibandingkan jurusan bioteknologi, ilmu keolahragaan UM hanya mendapat jumlah peminat 31 orang di tahun 2020 lalu. Angka ini tentu terlalu kecil apalagi untuk tahun 2021 ini dibuka daya tampung sejumlah 32 orang. Padahal prospek karir lulusan jurusan ini juga tidak begitu mengecewakan. Beberapa pilihan profesi yang bisa ditekuni seperti ahli medis olahraga, peneliti, pengajar, dan lain sebagainya.

3. Pendidikan Teknik Bangunan

Jumlah peminat untuk bidang ilmu pendidikan teknik bangunan di UM juga terhitung sedikit. Pada tahun 2020 lalu peminat untuk jurusan ini hanya sejumlah 125 orang. Sementara itu di tahun 2021 ini jurusan pendidikan teknik bangunan UM akan menerima mahasiswa baru dengan daya tampung 24 orang.

Tak banyak diminati, jurusan ini justru bisa membuka peluang yang menjanjikan. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja di proyek konstruksi dengan perolehan gaji yang besar.

4. Pendidikan Teknik Otomotif

Tak banyak juga jumlah pelajar yang mendaftar untuk masuk ke jurusan pendidikan teknik otomotif di UM. Tercatat tahun 2021 lalu jumlah peminat jurusan ini hanya 156 orang. Pada tahun ini, UM membuka daya tampung sebanyak 18 orang untuk jurusan tersebut.

Lulusan dari jurusan ini punya peluang besar untuk meniti karier cemerlang di dunia otomotif. Pelajar yang punya passion di bidang otomotif bisa memanfaatkan peluang ini untuk berkuliah di UM.

5. Pendidikan Akuntansi

Salah satu jurusan di UM yang sepi peminat adalah pendidikan akuntansi. Jurusan ini padahal sangat cocok untuk dipilih oleh pelajar IPS. Data tahun 2020 lalu menunjukkan bahwa jurusan ini hanya diminati oleh 189 orang. Pada tahun 2021 ini UM membuka daya tampung sebanyak 27 orang untuk jurusan pendidikan akuntansi. Lulusan dari jurusan ini berpeluang besar mendapat karier cemerlang di perusahaan besar maupun berkarier sebagai akademisi.

6. Pendidikan Tata Niaga

Jurusan pendidikan tata niaga di UM juga tidak bisa menjaring banyak peminat pada tahun 2020 lalu. Jurusan ini hanya diminati oleh 154 pendaftar. Pada tahun 2021 ini akan dibuka pendidikan tata niaga dengan daya tampung 24 orang. Jurusan ilmu ini padahal termasuk jurusan yang menarik dan ilmu yang didapat bisa sangat bermanfaat. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja sebagai akademisi bahkan punya peluang besar jadi wirausaha yang sukses.

Itulah tadi 6 jurusan di UM yang sepi peminat namun punya prospek cukup bagus di masa depan. Tak ada salahnya untuk mencoba masuk ke salah satu jurusan ini jika memang punya passion di sana. Jika belajar dengan tekun dan serius, jurusan-jurusan yang sepi peminat ini justru bisa mengantarkan menuju jenjang karir yang cemerlang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.