Home Beasiswa Kuliah 6 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di UGM untuk Berbagai Jurusan

6 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di UGM untuk Berbagai Jurusan

70
0

 UGM menjadi salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang diburu oleh banyak pelajar. Tidak hanya menawarkan kualitas pendidikan terbaik, banyak peluang beasiswa terbuka di universitas ini. Lalu seperti apa cara mendapatkan beasiswa kuliah di UGM? Kali ini akan dibahas cara yang bisa dilakukan pelajar maupun mahasiswa agar bisa meraih beasiswa untuk menjalani perkuliahan di kampus biru. Berikut ulasannya:

6 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di UGM untuk Berbagai Jurusan

1. Cari Informasi

Cara pertama adalah carilah informasi sebanyak-banyaknya seputar program beasiswa. Ini berlaku bagi pelajar yang baru akan mendaftar maupun sudah tercatat menjadi mahasiswa on going. Ada banyak sekali program beasiswa yang bisa diraih mulai dari beasiswa Bidikmisi, Djarum, VDMI, PPA, Mizan, dan masih banyak lagi.

Setiap program beasiswa pasti akan menerapkan persyaratan tertentu. Ada prosedur yang harus diikuti saat mendaftar untuk program beasiswa tersebut. Jadi carilah informasi sebanyak mungkin dan tentukan pilihan beasiswa mana yang akan dibidik. Zaman sekarang mudah saja untuk mengumpulkan informasi semacam ini, salah satunya dengan memanfaatkan internet.

2. Raih Nilai Akademis Memuaskan

Jika ingin mendapat beasiswa maka penting sekali untuk meraih catatan nilai akademis yang memuaskan. Sebagian besar program beasiswa diberikan kepada pelajar atau mahasiswa yang punya prestasi akademis. Biasanya juga pelamar diminta untuk mengumpulkan transkrip nilai sebagai  bukti pencapaian nilai akademis. Jika masuk ke golongan pelajar berprestasi pasti tidak akan sulit untuk lolos seleksi beasiswa.

3. Ikuti Kompetisi

Jangan malas untuk mengikuti berbagai kompetisi sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki. Ini menjadi salah satu cara mendapatkan beasiswa kuliah di UGM yang wajib untuk dicoba. Jika bisa mengikuti kompetisi dan menang, maka catatan prestasi ini bisa menjadi pengantar untuk mendapat beasiswa.

Ada banyak penawaran program beasiswa yang menargetkan pelajar juga mahasiswa yang berprestasi di luar akademis. Ini tentu menjadi kesempatan besar bagi pelajar dan mahasiswa yang punya bakat. Jiwa kompetisi harus dikeluarkan agar bisa memperbesar peluang untuk meraih beasiswa.

4. Gabung di Proyek Penelitian

Bantuan dana pendidikan juga bisa didapat jika mahasiswa terlibat di proyek penelitian. Biasanya ada banyak proyek penelitian yang bisa dikerjakan bersama kakak angkatan maupun dosen di kampus. Cara ini bisa diterapkan bagi mahasiswa UGM ongoing yang ingin dapat beasiswa. Peluang untuk bisa mengajukan lamaran beasiswa terbuka lebar bagi mahasiswa yang berkontribusi di proyek-proyek penelitian.

5. Aktif Berorganisasi

Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar bisa mendapat beasiswa berkuliah adalah aktif berorganisasi. Mahasiswa on going yang ingin dapat bantuan dana kuliah sebaiknya mencoba untuk ikut berkontribusi di organisasi yang cocok.

Ada beberapa program beasiswa yang menargetkan mahasiswa aktif dengan kontribusi besar di organisasi. Keaktifan berorganisasi bisa masuk ke resume, meningkatkan value, dan memperbesar peluang lolos seleksi beasiswa.

6. Teruslah Mencoba

Jangan berhenti mencoba jika sudah satu kali gagal lolos seleksi beasiswa. Masih ada banyak program beasiswa lain yang bisa dicoba. Sayang sekali jika langsung menyerah hanya karena satu kali gagal. Justru harusnya kegagalan tersebut dijadikan motivasi untuk terus mencoba melamar ke berbagai program beasiswa. Dari sekian banyak yang didaftari pasti ada satu program beasiswa yang bisa diraih.

Itulah tadi cara mendapatkan beasiswa kuliah di UGM yang bisa dicoba oleh pelajar maupun mahasiswa aktif. Perbanyak informasi seputar program beasiswa dan temukan yang paling cocok  untuk didaftari. Pastikan semua persyaratan dan kelengkapan dokumen sudah siap sehingga proses pendaftaran bisa berjalan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.