Home Tips Ujian 5 Tips Mengerjakan TOEFL Termudah

5 Tips Mengerjakan TOEFL Termudah

13
0

 Setiap calon mahasiswa yang ingin kuliah di luar negara Indonesia akan diuji kemampuan bahasa Inggrisnya dengan tes  TOEFL. Hasil tes tersebut akan dicetak dalam sertifikat untuk dilampirkan sebagai persyaratan kuliah ke luar negeri. Maka dari itu, siswa harus mendapatkan nilai tinggi atas tes TOEFL tersebut, sehingga pentingnya mengetahui tips mengerjakan TOEFL seperti berikut ini:

5 Tips Mengerjakan TOEFL Termudah

1. Carilah Kata Kerja serta Subjeknya

Satu kata subjek membentuk kalimat dengan disertai sebuah kata kerja. Kedua kata tersebut harus ditemukan pada struktur kalimat agar mudah untuk mengisi soal yang terdapat pada tes TOEFL Namun, beberapa kalimat terdiri dari struktur kalimat yang tidak jelas, sehingga harus sering melatih diri untuk persiapan tes TOEFL.

Sebagian orang menganggap bahwa tes TOEFL ini sangat sulit karena menggunakan susunan kata formal Namun, tes ini akan lebih mudah dikerjakan bila tips mengerjakan TOEFL yang pertama ini dilakukan oleh peserta tesnya. Peserta tes harus menemukan dua kata tersebut agar soal dalam tes bisa dikerjakan dengan mudah.

2. Teliti Memilih Jawaban

Pada bagian reading tes, peserta akan dihadapkan dengan soal dengan jawaban berupa pilihan ganda. Dalam soal tersebut terdapat kemiripan pada beberapa jawaban pilihan ganda. Maka dari itu, peserta tes harus benar-benar membacanya dengan teliti agar mendapatkan jawaban yang tepat untuk mengisi soal pada tes TOEFL tersebut.

Peserta harus membaca dengan seksama jawaban tersebut karena bila dilihat secara sekilas, semua jawabannya terlihat sama sehingga bila dibaca tidak teliti, akan sulit menemukan jawaban yang tepat. Maka dari itu, peserta harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan membacanya kata per kata.   

3. Eliminasi Pilihan Jawaban yang Dianulir

Bacalah soal dan jawaban berkali-kali lalu pilihlah kalimat yang kurang tepat pada jawaban opsional. Hal tersebut merupakan cara untuk mendapatkan jawaban pada soal pilihan ganda. Soal dan jawaban yang dibaca berkali-kali lebih mudah dipahami untuk memilih jawaban yang tepat. Tips mengerjakan TOEFL kali ini sebaiknya ditiru.

Peserta harus melakukan eliminasi jawaban sendiri bila ingin menemukan jawaban yang tepat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah baca soal berulang kali, setelah dipahami, lanjut pada jawaban pilihan ganda. Langkah selanjutnya, baca soal pilihan ganda tersebut berkali-kali lalu coret pada jawaban yang menurut peserta kurang tepat hingga tersisa satu jawaban yang tepat .      

4. Fokus Pada Kalimat Digarisbawahi

Soal-soal yang terdapat pada tes TOEFL biasanya dikombinasikan dengan kelompok kata yang digaris bawahi. Maka, peserta harus fokus pada kata-kata yang diberi garis bawah tersebut karena kata tersebut merupakan inti dari soal-soal pada tes TOEFL ini. Dengan demikian, peserta bisa mendapatkan jawabannya dengan tepat.

Kalimat yang diberi garis bawah merupakan kalimat penegasan yang dibuat berulang dengan pilihan diksi yang berbeda. Hal tersebut bertujuan agar peserta tes lebih teliti dalam membaca soal karena tidak jarang peserta tes yang terkecoh dengan soal-soal yang sehingga jawaban yang mudah menjadi salah karena tidak teliti dalam membaca soalnya. 

5. Perhatikan Susunan Kalimat Paralel

Tips selanjutnya bila ingin lulus tes TOEFL dan berhasil mengerjakannya harus memastikan kalimat tersebut memiliki susunan paralel. Peserta juga harus memastikan susunan kalimatnya pada soal pilihan ganda yang disediakan. Susunan kalimat yang paralel merupakan kunci jawaban untuk mengisi soal tersebut karena kalimat paralel merupakan kalimat efektif.

Dalam bahasa Inggris, kalimat paralel digunakan untuk memberitahukan kepada pembaca akan kondisi setara yang dilakukan oleh pelakunya, Misalnya makan dan minum, membaca dan menulis. Aktivitas tersebut merupakan kondisi setara yang dilakukan , sehingga harus menggunakan kalimat paralel. Maka, tips mengerjakan TOEFL ini harus memperhatikan susunan kalimat paralel.

Calon mahasiswa yang akan kuliah di luar negeri tidak akan diterima perguruan tinggi tersebut bila tidak memiliki sertifikat TOEFL. Maka dari itu, tes ini wajib diikuti oleh calon mahasiswanya dan tentunya harus mendapatkan skor tinggi agar kuliah ke luar negeri bisa terlaksana, sehingga harus mengetahui tips mengerjakan TOEFL,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.