Home Psikotes 5 Tips Mengerjakan Psikotes agar Mendapat Hasil yang Optimal

5 Tips Mengerjakan Psikotes agar Mendapat Hasil yang Optimal

7
0

 Psikotes merupakan salah satu jenis tes yang umumnya diadakan dalam rangka penerimaan kerja dan seleksi masuk universitas. Tes ini dilakukan untuk mengetahui karakter serta potensi individu. Ada beberapa tips mengerjakan psikotes yang bisa diterapkan demi hasil optimal. 

5 Tips Mengerjakan Psikotes agar Mendapat Hasil yang Optimal

Berikut adalah 5 tips yang bisa dicoba saat mengerjakan psikotes:

1. Mulailah dengan Percaya Diri

Kunci penting dalam menyelesaikan psikotes adalah percaya diri. Jika memulai tes ini dengan keraguan maka hasilnya tidak akan bisa optimal. Yakinkan diri sendiri bahwa bisa mengerjakan semua soal. Berikan afirmasi positif kepada diri sendiri bahwa hasil tes nanti memuaskan dan akan memberi peluang untuk lolos seleksi.

Kepercayaan diri ini bisa dibangun dengan banyak-banyak berlatih sebelum menjalani tes. Kerjakan latihan soal sebanyak-banyaknya demi meningkatkan keterampilan dan kemahiran dalam mengerjakan soal. Jika sudah paham karakter soal psikotes dan tahu seperti apa teknik mengerjakannya, maka sudah pasti bisa lebih percaya diri.

2. Harus Selalu Fokus

Pengerjaan psikotes membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Usahakan untuk selalu fokus saat mengerjakan soal. Ingat, psikotes diselenggarakan dalam waktu yang terbatas. Jangan membuang-buang waktu mengerjakan soal hanya karena tidak bisa fokus. Jika bisa berkonsentrasi saat mengerjakan soal pasti bisa terselesaikan secara optimal.

Bagaimana caranya agar bisa selalu fokus? Cobalah untuk tenang dan ingat kembali apa tujuan mengikuti psikotes ini. Baca perlahan-lahan soal dan pusatkan perhatian pada soal-soal tersebut. Buang jauh-jauh berbagai pemikiran lain yang tidak ada hubungannya dengan psikotes.

3. Periksa Jenis Tes

Psikotes terdiri dari beberapa kategori soal. Sebelum mulai mengerjakan, cobalah memeriksa jenis-jenis tes yang akan dikerjakan. Langkah ini sangat penting karena akan membantu peserta dalam mengenali soal apa yang akan dihadapi nanti. Semakin paham dengan jenis soal maka semakin mudah untuk mengerjakannya dengan cepat.

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, jadi pahami apa yang menjadi kemampuan diri sendiri. Pilih kelompok soal yang paling mudah dikerjakan lalu selesaikan lebih dulu. Cara ini akan membantu proses pengerjaan soal jadi lebih efektif dan efisien tanpa membuang-buang waktu.

4. Berikan Prediksi Jawaban

Tips mengerjakan psikotes berikutnya adalah dengan memberi prediksi jawaban tanpa melihat pilihan jawaban yang ada. Begitu membaca soal, coba cari tahu jawaban apa yang paling cocok. Simpan jawaban ini terlebih dahulu sebelum membaca pilihan jawaban yang sudah tersedia.

Jika sudah menemukan prediksi jawaban, barulah baca pilihan jawabannya ada apa saja. Nanti bisa dipilih jawaban yang paling mirip atau cocok sesuai prediksi tadi. Cara ini juga sangat efektif untuk mengerjakan psikotes tanpa membuang banyak waktu.

5. Pilih Soal yang Dipahami

Saat mengerjakan psikotes, seringkali ada soal-soal yang tidak diketahui apa jawabannya. Tidak masalah, jangan membuang terlalu banyak waktu memikirkan soal tersebut. Kosongkan saja dulu jawabannya dan pilih soal yang sudah dipahami lebih baik. Fokuslah pada soal-soal yang sudah diketahui jawabannya agar lebih cepat.

Namun cara ini tidak berlaku jika psikotes dikerjakan dengan sistem digital atau online menggunakan komputer. Apabila tidak memungkinkan untuk mengerjakan kembali soal yang dikosongkan tadi maka ambil saja jawaban paling logis. Intinya jangan terlalu lama berhenti memikirkan satu soal saja.

Itulah 5 tips mengerjakan psikotes yang bisa dilakukan agar hasil optimal. Pastikan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ada banyak sekali buku latihan soal psikotes yang bisa dijadikan sebagai acuan. Pahami seperti apa tipe soalnya sehingga akan lebih mudah saat mengerjakan soal sungguhan nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.