Home Jurusan Kuliah 5 Tips Masuk Kedokteran Gigi di Universitas Negeri

5 Tips Masuk Kedokteran Gigi di Universitas Negeri

73
0

 Masuk jurusan kedokteran jadi impian bagi sebagian pelajar jurusan IPA. Peminat jurusan ini memang selalu banyak jumlahnya setiap tahun. Bidang kedokteran itu sendiri juga beragam dan salah satunya adalah kedokteran gigi. Tips masuk kedokteran gigi yang efektif perlu diterapkan supaya pelajar bisa masuk ke jurusan ini. Kali ini akan dibahas seperti apa trik yang bisa diterapkan agar lolos jadi mahasiswa kedokteran gigi di universitas negeri. Berikut ulasannya:

5 Tips Masuk Kedokteran Gigi di Universitas Negeri

1. Kumpulkan Nilai yang Bagus

Kunci utama agar bisa masuk ke universitas negeri apalagi jurusan kedokteran yang terhitung sulit adalah punya nilai akademis yang bagus. Pelajar harus mulai belajar tekun sejak masuk jenjang SMA. Ini dilakukan agar catatan nilai akademis di rapor selalu bagus dan mengalami peningkatan di tiap semester. Jika catatan nilai bagus maka kesempatan untuk diterima lewat jalur SNMPTN akan terbuka lebar.

Banyak metode belajar efektif yang bisa diterapkan. Pilih cara belajar yang paling cocok dan dirasa ringan untuk dilakukan. Bisa belajar sendiri di rumah atau bersama teman dan guru di lembaga bimbingan. Jika memang menargetkan kuliah di kedokteran gigi maka tak ada salahnya untuk mulai belajar materi kedokteran gigi. terapkan konsep hafalan dan ingatan untuk menguasai materi bagian serta jaringan rongga mulut lalu kenali juga berbagai jenis tindakan di dunia kedokteran gigi.

2. Ikut Kegiatan Ilmiah

Selama di SMA cobalah untuk bergabung dengan kegiatan ilmiah sekolah. Lewat komunitas  ini pelajar bisa mulai mengenal dunia ilmiah yang nanti akan lebih didalami saat masuk jurusan kedokteran gigi. Biasanya komunitas ilmiah di sekolah memang diikuti oleh pelajar yang menargetkan diri untuk masuk jurusan kedokteran. Di sini pelajar juga bisa saling bertukar ilmu dan informasi seputar rencana masuk kedokteran gigi.

3. Bergabung dengan Penelitian

Jika ada proyek penelitian di sekolah, cobalah untuk bergabung di sana. Apalagi jika penelitian berhubungan dengan dunia kesehatan khususnya kesehatan gigi. Biasanya penelitian semacam ini kemudian diajukan dalam kompetisi dan jika bisa menang akan sangat menguntungkan. Prestasi ini bisa dituliskan di resume dan menjadi nilai lebih saat mengikuti seleksi ke jurusan kedokteran gigi.

4. Ikut Bimbingan Khusus

Persaingan masuk jurusan kedokteran gigi tidaklah mudah untuk dilalui. Salah satu tips masuk kedokteran gigi adalah dengan meningkatkan kualitas dan kompetensi diri. Caranya bisa dengan mengikuti program bimbingan khusus. Ada beberapa lembaga bimbingan membuka program khusus bagi pelajar yang ingin masuk jurusan kedokteran.

Dalam program bimbingan khusus ini biasanya pelajar akan dibimbing untuk mendalami ilmu-ilmu kedokteran. Program ini memang dijalankan agar pelajar bisa fokus belajar untuk lolos jurusan kedokteran gigi. Apalagi jika yang ditargetkan adalah kedokteran gigi di universitas negeri. Tentu sangat dibutuhkan usaha yang keras dan masuk ke bimbingan khusus seperti ini bisa membantu.

5. Jaga Fisik dan Mental

Jangan terlalu bersemangat belajar hingga lupa pada kondisi kesehatan fisik dan mental. Ada beberapa universitas yang memberlakukan tes kesehatan bagi calon mahasiswa kedokteran. Pastikan untuk istirahat yang cukup dan menerapkan pola makan yang sehat. Lakukan tes kesehatan sebelum seleksi masuk ke universitas. Hal ini perlu dilakukan agar pelajar semakin siap saat harus melalui tes kesehatan di universitas.

Selain fisik, pastikan juga mental dalam kondisi sehat. Masuk ke jurusan kedokteran gigi tidak hanya bisa diraih dengan modal kecerdasan tapi juga harus punya mental kuat. Di jurusan ini nanti mahasiswa akan dituntut untuk menghadapi berbagai tantangan tak hanya penguasaan materi tapi juga penyelesaian praktikum. Jadwal kuliah dan praktikum tergolong padat sehingga akan terasa sulit jika tak bermodalkan mental yang kuat.

Itulah 5 tips masuk kedokteran gigi di universitas negeri. Pilih universitas yang tepat dan bisa memberikan fasilitas optimal bagi mahasiswa khususnya di jurusan kedokteran gigi. Jika bisa lolos dan diterima maka berusahalah sebaik mungkin agar bisa lulus tepat waktu menjadi dokter gigi handal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.