Home P3K 5 Tips Lulus Ujian P3K/PPPK 2021 yang Harus Diketahui

5 Tips Lulus Ujian P3K/PPPK 2021 yang Harus Diketahui

32
0

Pemerintah memfasilitasi lapangan kerja lebih banyak untuk menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), yaitu menjadi seorang pegawai PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Jumlah pelamar yang mengikuti seleksinya juga tidak kalah banyak dengan CPNS. Maka dari itu, pentingnya mengetahui tips lulus P3K. Adapun tipsnya sebagai berikut:

5 Tips Lulus Ujian P3KPPPK 2021 yang Harus Diketahui

Lima (5) Tips Lulus Ujian PPPK 2021

1. Lakukan Registrasi yang Sesuai Prosedur

Seseorang yang ingin melamar sebagai P3K harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada website resmi perekrutan menjadi seorang ASN. Ini menjadi tips lulus P3K yang pertama kali harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran sesuai dengan prosedur agar lulus seleksi tahap awal yaitu lulus seleksi Administrasi.

Tidak sedikit calon pegawai yang tidak bisa mengikuti seleksi tahap berikutnya karena datanya tidak terdaftar dengan benar pada situs resmi tersebut, sehingga tidak ada pengumuman untuk seleksi pada tahap selanjutnya. Hal tersebut merugikan pihak yang melamar. Pelamar disarankan membuat akun terlebih dahulu.  

2. Berkas Harus Disiapkan dengan Lengkap

Pelamar yang telah membuat akun di situs resmi tersebut akan mendapatkan pengumuman untuk mengikuti tahap tes selanjutnya yaitu, tes kemampuan dasar dan tes keterampilan bidang. Maka dari itu, peserta harus menyiapkan berkas terlebih dahulu sebelum mengikuti tes tersebut.  Salah satu berkas yang wajib dilengkapi adalah kartu peserta ujian.

Kartu tersebut bisa didapatkan dengan cara mencetaknya terlebih dahulu pada web resmi untuk melamar sebagai CPNS. Adapun data yang terdapat pada kartu tersebut otomatis diambil dari data pelamar yang telah diisi saat membuat akun dan mendaftar. Data lainnya juga harus dilengkapi bila pelamar diminta untuk melengkapi data tambahan yang diminta oleh panitia.

3. Pastikan Persyaratan Umum Dipenuhi

Pengumuman lowongan kerja pada dinas tertentu akan diumumkan di berbagai media. Pengumuman tersebut akan menginformasikan persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh pelamarnya. Langkah ini menghimbau kepada seluruh pelamarnya agar memenuhi kriteria umum yang telah ditetapkan.

Kriteria tersebut berupa pendidikan akhir, usia, dan jenis kelamin. Setiap pelamar diusahakan memenuhi persyaratan umum tersebut karena bila persyaratan tersebut tidak dipenuhi, secara otomatis panitia penerimaan CPNS akan menganulir lamaran tersebut, sehingga pelamar tidak akan lulus untuk diikutkan pada seleksi tahap berikutnya.  

4. Terus Berlatih Meningkatkan Kompetensi

Banyaknya peminat yang ingin menjadi seorang P3K, sehingga tingkat persaingan antara pelamar yang satu dengan pelamar yang lain cukup besar. Pelamar akan sulit lulus seleksi bila tidak memiliki kemampuan yang menonjol dibandingkan yang lain. Maka dari itu, pelamar sebaiknya mengasah kompetensi dirinya agar memiliki keahlian di atas rata-rata.

Seorang Aparatur Sipil Negara bertugas untuk mengayomi masyarakat dan rakyat sehingga harus memiliki keahlian yang profesional pada bidangnya bila ingin menjadi seorang ASN dengan status P3K. Pada prinsipnya, cara kerja, job deskripsinya sama dengan PNS. Itulah sebabnya, harus memiliki keahlian yang mumpuni sesuai dengan keahliannya. 

5. Berlatih dengan Soal-Soal Latihan

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja harus mengikuti seleksi yang sama seperti seorang CPNS. Demikian juga, soal-soal yang diberikan pada tes tersebut. Soal-soalnya sama dengan seleksi CPNS, mengharuskan peserta untuk banyak berlatih dengan soal-soal latihan ujian CPNS dan P3K.

Soal-soal latihan tersebut bisa didapatkan dari buku-buku, internet atau kumpulan soal-soal internet yang diberikan pada tahun sebelumnya. Biasanya, kumpulan soal tersebut akan dibuat menjadi bentuk buku yang dapat dibeli di toko-toko buku untuk latihan di rumah secara otodidak. Dengan sering berlatih, kesempatan untuk lulus semakin besar. 

Peluang menjadi ASN tidak harus menjadi seorang PNS. Kini, semua dinas membuka kesempatan kepada pelamar agar mengikuti P3K, sebagai alternatif lain untuk menjadi seorang ASN. Jumlah pelamar yang mendaftar sebagai P3K tidak kalah banyak, sehingga setiap pelamarnya harus mengetahui tips lulus P3K

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.