Home SBMPTN 5 Tips Lulus Ujian Mandiri

5 Tips Lulus Ujian Mandiri

16
0

 Belum mendapatkan tempat kuliah bahkan setelah SBMPTN bukanlah akhir dari dunia karena masih ada kesempatan lainnya. Ujian mandiri bisa menjadi pilihan supaya bisa masuk ke dalam kampus dan menempuh pendidikan yang selama ini diimpikan. Meski tidak seberat SBMPTN dalam saingan, tetapi sebaiknya pahami beberapa tips lulus ujian mandiri terlebih dulu.

5 Tips Lolos Ujian Mandiri

Bagaimana sih tips lulus ujian mandiri yang ditawarkan oleh banyak perguruan tinggi negeri di Indonesia? Dari segi tes sebenarnya materi ujian yang diberikan terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan tes yang ada di SBMPTN. Meski begitu dari segi kesulitan masih terbilang setara apalagi jika mentarget PTN terkemuka dalam negeri. Berikut tips lengkapnya:

1. Pelajari Kembali Materi SBMPTN

Beberapa kampus saat ini memang lebih memilih untuk memakai nilai yang diperoleh dari hasil SBMPTN sebagai acuan penerimaan. Meski begitu masih banyak yang menyelenggarakan ujian tersendiri bagi para pendaftar untuk menyesuaikan kembali. Seperti yang dikatakan tadi, dari segi soal yang akan masuk, tidak jauh berbeda dari materi yang dipakai untuk ujian SBMPTN.

Materi SBMPTN sangat layak untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran sebelum memulai ujian mandiri. Perbedaan soal biasanya hanya terletak pada tingkat kesulitan yang diberikan dimana ujian mandiri terbilang lebih mudah. Soal mandiri juga mungkin akan menggunakan materi SBMPTN dikombinasikan dengan beberapa pengetahuan dan perhitungan dasar.

2. Lebih Selektif Memilih Jurusan

Setelah mengalami beberapa kali kegagalan dalam SNMPTN dan juga SBMPTN, sebaiknya perlu menyesuaikan kembali pilihan jurusan dan universitas. Dari tes sebelumnya, sudah bisa dilihat bagaimana kemampuan yang dimiliki jadi tinggal menyesuaikan lagi dengan pilihan. Cobalah untuk mencari kampus yang lebih sedikit peminat dan sesuai dengan kemampuan.

Turunkan ego diri dan grade jurusan atau universitas yang dipilih jika memang berniat masuk ke jalur mandiri ini. Pilihan jurusan menjadi strategi penting agar bisa menang dalam bersaing dengan pendaftar lainnya tanpa melupakan minat diri.

3. Perluas Informasi

Saat melihat bagaimana hasil dari seleksi sebelumnya, beberapa orang mungkin kesulitan memilih jurusan atau universitas untuk seleksi mandiri. Karena itu penting untuk memperluas jaringan informasi terutama dalam hal kemungkinan diterima dalam sebuah jurusan.

Cobalah menghubungi beberapa senior yang berkuliah dan tanyakan bagaimana prospek serta grade yang dimiliki jurusan tersebut. Saat ini juga sudah terdapat informasi di internet, jadi jangan malas untuk mencarinya ya!

4. Tetap Melakukan dengan Serius

Meskipun ujian mandiri memungkinkan seseorang diterima tetapi jangan pernah anggap sepele ujian tersebut. Tetap optimis dan juga berusaha sebaik mungkin harus tetap dilakukan agar nanti tidak kalah dari pendaftar lainnya.

Cobalah untuk melakukan latihan-latihan soal selayaknya hendak melakukan ujian SBMPTN sebelumnya. Selain itu, tetap perhitungkan bagaimana kemampuan diri dan juga peluang yang ada dalam jurusan yang hendak dipilih.

5. Siaga dan Berdoa

Saat terlalu fokus pada belajar seringkali beberapa orang teledor untuk mengingat hal kecil seperti kelengkapan benda untuk ujian. Siapkan kartu ujian hingga hal sekecil pensil atau bolpoin untuk nanti dipakai dalam ujian sejak satu minggu sebelum ujian berlangsung.

Ketika semua usaha telah dijalankan, jangan lupa untuk tetap berdoa pada Tuhan dan juga meminta restu dari kedua orang tua. Kekuatan doa akan sangat membantu dalam tetap tenang menjalankan ujian dan juga kemudahan yang mungkin tidak disangka.

Hal terpenting dalam tips lulus ujian mandiri adalah persiapan yang matang dan juga pilihan yang strategis dengan saingan sedikit. Beberapa PTN mungkin akan mengharuskan pendaftar untuk membayarkan uang kuliah dalam jumlah tertentu, persiapkan juga uang tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.