Home cpns 5 Tips Lulus Ujian CPNS 2021

5 Tips Lulus Ujian CPNS 2021

23
0

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil atau yang kini berubah namanya menjadi Aparatur Sipil Negara merupakan keinginan banyak orang. Profesi ini juga menjadi idaman para orang tua bagi anak-anaknya. Untuk menjadi seorang ASN harus melalui beberapa tahapan salah satunya adalah CPNS. 

5 Tips Lulus Ujian CPNS

Berikut ini akan dibahas bagaimana Tips Lulus CPNS dengan lancar: 

1. Perhatikan Administrasi

Dalam seleksi CPNS terdapat beberapa tahapan, salah satunya adalah seleksi administrasi. Pada tahapan ini sering kali orang lalai dengan urusan administrasinya dan seolah menyepelekan. Padahal tidak sedikit juga yang gagal lulus ke tahapan selanjutnya akibat tidak lulus pada tahapan administrasi ini.

Berkat antusiasme yang tinggi beberapa orang lebih berfokus pada tes kemampuannya saja dan mengabaikan fokus pada bagian administrasi. Bisa karena terburu-buru dan kurang memperhatikan dengan detail apa saja berkas yang diminta. BIsa juga kurang detail dalam membaca informasi persyaratan untuk instansi yang menjadi tujuannya.

2. Pelajari Soal-Soal Terbaru

Tips lulus CPNS selanjutnya adalah selalu rajin dalam mempelajari soal-soal terbaru. Bukan berarti mempelajari soal tahun-tahun sebelumnya itu salah, akan tetapi ada baiknya mempelajari yang lebih baru. Setiap tahun selalu ada kisi-kisi mengenai soal, teknis, dan syarat terbaru yang sangat penting untuk dipelajari.

Beberapa kisi-kisi juga dituliskan dalam Permenpan, contohnya ada pada Permenpan Rb Nomor 27 Tahun 2021. Di situ memuat beberapa kisi-kisi beserta tambahannya yakni soal TKP bertema anti-radikalisme. Selain itu banyak juga buku-buku untuk seleksi CPNS ini dengan bank soal yang sangat melimpah untuk dipelajari.

3. Perhatikan Formasi

Untuk memperbesar peluang lulus pada instansi yang dituju, alangkah baiknya untuk mengetahui berapa saja formasi yang dibuka. Ini bertujuan agar tahu seberapa peluang peseerta untuk lulus masuk dalam formasi tersebut. Jika formasi yang dibuka sedikit maka peluangnya semakin kecil, begitu juga akan berlaku untuk sebaliknya.

Tidak lupa juga untuk memperhatikan berapa banyak kira-kira saingan yang memperebutkan formasi tersebut. Jika terlalu banyak dan kurang percaya diri, lebih baik cari formasi lain yang lebih sedikit saingannya. Namun, apabila sudah yakin akan lulus tidak ada salahnya untuk mencoba

4. Belajar Mengatur Waktu

Waktu sangat penting dalam seleksi CPNS, dengan mengatur waktu sebaik mungkin akan memperlebar kemungkinan menjawab tes dengan lancar. Efeknya ketika mengerjakan soal tidak akan merasa terburu-buru oleh waktu karena manajemen waktu yang baik. Hal ini bisa dimulai dengan datang ke tempat ujian secara tepat waktu.

Datang di tempat dengan tepat waktu membuat peserta bisa beristirahat dulu dan menenangkan pikiran sambil menunggu tes dimulai. Pikiran yang tenang bisa membantu untuk mengerjakan soal dengan lancar. Kemudian pastikan untuk menjawab soal secara cepat dengan waktu kurang dari 60 detik agar sempat mengerjakan soal yang lain.

5. Belajar dari Pengalaman Orang Lain

Tidak salah jika pengalaman adalah guru terbaik, beberapa orang bisa lulus CPNS berkat mendengar nasihat orang yang sudah berpengalaman. Melalui pengalaman orang yang sudah pernah melalui tahapan seleksi CPNS atau bahkan lulus, peserta bisa mengambil pelajaran.

Meskipun pengalaman CPNS akan berbeda setiap tahunnya, ada kemungkinan masih terdapat beberapa kesamaan. Hal tersebutlah yang bisa dimanfaatkan oleh peserta dengan mempelajari dan menerapkannya pada saat seleksi nanti. Selain itu pengalaman juga bisa membantu menghindarkan peserta dari kesalahan yang dilakukan peserta lain di masa lalu.

Nah, itu dia beberapa tips lulus CPNS dengan lancar tanpa hambatan. Semua tips di atas hanyalah tips yang kurang berguna jika tidak dipraktekkan nanti. Kombinasikan tips-tips tadi dengan kemampuan yang dimiliki untuk memperbesar peluang lulus dari seleksi CPNS dan ditempatkan di Instansi yang diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.