Home Tips Ujian 5 Tips Lulus MCU untuk Tes Kedinasan atau Kerja

5 Tips Lulus MCU untuk Tes Kedinasan atau Kerja

20
0

 Ketika mendaftar sebuah pekerjaan di suatu perusahaan, biasanya beberapa akan meminta Anda melakukan medical check up (MCU) terlebih dulu. Pemeriksaan kesehatan menjadi prosedur yang perlu dilakukan agar setiap karyawan bisa dilihat bagaimana kondisi kesehatannya. Banyak orang sering gagal di MCU ini sendiri, berikut ini beberapa tips lolos MCU yang paling penting.

5 Tips Lolos MCU untuk Tes Kedinasan atau Kerja

Medical check up biasanya akan dilakukan bergantung pada perusahaan, ada yang secara penuh maupun sebagian saja. Terkadang, akan ada beberapa tes fisik dan juga rontgen pada tubuh agar keseluruhan fungsi tubuh bisa dinilai dengan baik. MCU penting mengingat sebuah penyakit berpotensi menghambat kinerja karyawan, berikut tipsnya:

1. Penuhi Kebutuhan Tidur

Langkah pertama yang paling penting dalam MCU yaitu menjaga pola tidur dengan baik, usahakan berhenti begadang. Tidur menjadi sangat penting untuk membuat tekanan darah menjadi normal sehingga hasil dari MCU bisa memuaskan.

Pastikan tubuh rileks sebelum pemeriksaan, jangan khawatir berlebihan karena ini bisa mengganggu pola tidur. Setiap malam, cobalah untuk tidur dalam waktu 6-8 jam, ini sangat penting untuk membantu kinerja saraf dan tekanan darah.

2. Sering Minum Air Putih

Konsumsi air putih merupakan hal mendasar yang paling esensial bagi tubuh dan menjadi tips lolos MCU paling utama. Dalam satu hari sebaiknya seseorang harus menghabiskan sekitar 1,5 L air putih supaya kebutuhan hariannya terpenuhi.

Ketika melakukan MCU, biasanya dilakukan pengecekan sampel darah dan juga urin sehingga air putih sangatlah penting. Hal ini akan memudahkan petugas untuk nantinya mengambil sampel dan juga akan membuat ginjal lebih sehat.

3. Hindari Olahraga Berat

Saat melaksanakan olahraga berat ternyata tubuh akan secara otomatis meningkatkan tekanan darahnya ke seluruh tubuh. Ini tentunya akan mengganggu proses MCU terutama dalam pengecekan tekanan darah.

Hindari olahraga berat ketika mendekati pelaksanaan, cukup lakukan olahraga ringan saja di pagi harinya. Olahraga yang dimaksud seperti misalnya lari-lari kecil atau sekedar melakukan yoga di pagi hari sebelum MCU. Istirahat yang cukup menjadi faktor penentu agar tekanan darah dan juga supaya tubuh bisa mengembalikan kesegarannya kembali.

4. Berhenti Minum Alkohol atau Konsumsi Rokok

Alkohol memiliki banyak bahaya bagi tubuh terutama ketika konsumsi berlebihan karena mengganggu pencernaan. Konsumsi rokok juga akan berdampak buruk pada paru-paru sehingga nantinya mungkin akan mengganggu MCU.

Ketika sudah terlanjur mengkonsumsi keduanya maka sebaiknya segera hentikan supaya nanti tubuh bisa memperbaiki kerusakan yang ada. Cobalah untuk mengkonsumsi madu dan juga susu murni setiap hari agar kemampuan tubuh mengeluarkan zat toksin meningkat.

5. Hindari Makanan Asin dan Berlemak

Makanan asin dan berlemak bisa mengganggu kolesterol yang ada dalam tubuh dan juga berpotensi meningkatkan tekanan darah. Sebaiknya konsumsi kedua makanan tersebut harus dikurangi setidaknya dalam satu minggu sebelum pelaksanaan. Ketika asupan makanan tidak dijaga dengan baik, tubuh dapat dengan mudah terserang penyakit.

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang tergolong sehat dan jangan lupa untuk konsumsi sayur atau buah. Pola makan yang baik akan membuat tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap sehingga membantu fungsi tubuh.

Itulah dia beberapa tips lolos MCU yang perlu diperhatikan agar nantinya selama tes berlangsung semua memberikan hasil yang baik. Selalu ingat untuk melakukan pola hidup yang sehat terutama dalam aspek menjaga pola makan dan juga pola istirahat. Jangan sampai tubuh terlalu tegang meski baru pertama kali menjalani KCU sebab bisa mengganggu hasil tes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.