Home Bahasa Inggris 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak Paling Menyenangkan

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak Paling Menyenangkan

24
0

 Banyak orang yang lebih memilih belajar bahasa Inggris dengan cara mandiri. Hal tersebut dipicu oleh berbagai macam hal, contohnya seperti masalah waktu, biaya dan yang lainnya. Untuk bisa melakukannya dapat menerapkan jajaran tips belajar bahasa Inggris otodidak yang cukup simple untuk dicoba.

Pasalnya salah satu bahasa yang cukup penting untuk dikuasai adalah bahasa Inggris. Selain dalam sekolah yang ada memberikan mata pelajaran bahasa Inggris. Penguasaan juga dibutuhkan agar dapat berhubungan dengan orang yang berasal dari mancanegara. Mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Berikut jajaran tips yang bisa dilakukan guna mampu belajar bahasa Inggris secara mandiri:

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak Paling Menyenangkan
5 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak Paling Menyenangkan


1. Berlatih Soal dengan Rutin

Latihan untuk mengerjakan soal dapat menjadi tips belajar bahasa Inggris otodidak yang pertama. Dimana soal bahasa Inggris ini dapat dijumpai melalui berbagai macam buku-buku yang berada di toko. Pasalnya banyak buku kumpulan soal latihan berbahasa Inggris yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban di bagian akhir halamannya.

Apabila menggunakan buku, tentunya membutuhkan biaya untuk membeli. Namun bagi orang yang terkendala oleh biaya bisa melakukan latihan soal bahasa Inggris dengan menggunakan sebuah aplikasi. Di zaman sekarang, aplikasi semacam ini telah banyak bertebaran sehingga hanya perlu mengunduhnya saja.

2. Berlatih Pengucapan Bahasa Inggris dengan Sering

Selain mengerjakan soal dalam bentuk berbahasa Inggris. Solusi untuk belajar berbahasa Inggris secara mandiri juga dapat dilakukan dengan memperbanyak latihan berbicara. Jika masih belum merasa percaya diri berbicara dengan orang.

Bahkan sulit menemukan orang yang mampu diajak berbicara berbahasa Inggris di sekitar. Solusinya adalah dengan melakukan menolong di depan cermin. Dari situ dapat dilihat juga ekspresi mengenai apa yang dibicarakan oleh diri sendiri dan bisa langsung dievaluasi.

3. Memperbanyak Mendengarkan Suara Bahasa Inggris

Pembelajaran berbahasa Inggris sebenarnya telah dilakukan semenjak duduk di sekolah dasar. Akan tetapi yang dipelajari dalam bangku sekolah terbatas dari sumber yang itu-itu saja. Agar wawasan dan juga pengetahuan dalam berbahasa Inggris yang dimiliki menjadi lebih meningkat.

Dapat dilakukan dengan cara memperbanyak mendengar suara dalam bahasa Inggris. Sumbernya bisa dari lagu, radio, berita internasional dan yang lainnya. Bahkan dari hal tersebut seseorang juga mendapatkan pengetahuan tentang bahasa Inggris versi santainya.

4. Melihat Film Bahasa Inggris Tanpa Subtitle

Kegiatan yang satu ini termasuk dalam tips belajar bahasa Inggris otodidak yang menyenangkan. Pasalnya dengan tips menyaksikan video atau film tidak terlalu terasa belajar yang dilakukan. Hal ini jelas berbeda dengan yang dilakukan di sekolahan.

Akan tetapi film yang ditonton usahakan supaya tidak memakai subtitle dalam bahasa indonesia. Apabila hal tersebut masih belum terbiasa dan kesulitan, bisa memakai subtitle tetapi tidak terlalu sering.

5. Menggunakan Benda di Sekitar Sebagai Media

Jajaran tips belajar bahasa Inggris otodidak berikutnya dapat memanfaatkan berbagai macam benda yang ada di sekitar. Benda di sekitar di sini bukan berarti yang terdapat di dalam rumah semata. Akan tetapi benda di sekitar juga berlaku ketika pergi ke suatu tempat. Misalnya menebak bahasa Inggris dari meja, taman, daun, bunga, tempat sampah, sungai, pohon dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai informasi tips belajar bahasa Inggris otodidak yang cukup mudah dilakukan. Bahkan selain mudah, tips di atas juga lumayan menarik dan menyenangkan. Tanpa memaksa harus menghafalkan kata satu per satu. Tentunya belajar secara mandiri juga lebih hemat jika dibandingkan harus membayar untuk mengikuti sebuah kursus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.