Home IPDN 5 Tahapan Seleksi IPDN – Website Pendidikan

5 Tahapan Seleksi IPDN – Website Pendidikan

13
0

 Sekolah kedinasan menjadi salah satu yang diminati oleh banyak siswa di seluruh penjuru negeri karena keuntungan di dalamnya. Kedinasan akan meletakkan lulusannya di dalam pemerintahan sesuai dengan jenis instansi dan juga bidang yang dipelajari seperti IPDN. Selayaknya kedinasan lain, ada beberapa tahapan seleksi IPDN hingga seorang siswa nanti dinyatakan diterima.

IPDN saat ini berada di bawah naungan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara yang berhubungan dengan berbagai posisi di pemerintahan. Ketika mendaftar, sangat penting untuk mengetahui bagaimana alur pendaftaran dan juga seleksi yang akan dilakukan ke depannya. Berikut ini sudah ada informasi lengkap terkait tahapan seleksi IPDN yang wajib diketahui:

1. Pendaftaran Akun dan Pembayaran

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh peserta yaitu mendapatkan akun terlebih dahulu dari laman resmi SSCASN. Ada berbagai pilihan untuk mendaftar ke dalam seleksi berbagai sekolah yang ada di naungan kementrian termasuk IPDN sendiri.

Kode pembayaran menjadi bukti bahwa pendaftar sudah lolos tahap administrasi dan hanya perlu untuk membayar tanggungan. Saat selesai membayar, lihat kembali di akun tadi kemudian lanjutkan dengan mencetak kartu ujian untuk nantinya dipakai dalam SKD.

2. Pelaksanaan SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)

Seleksi yang berdasarkan kemampuan akan dimulai dengan tes SKD ini dimana SKD merupakan tahap paling awal. Beberapa materi yang akan diujikan untuk peserta yaitu untuk TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), intelegensi, dan karakteristik pribadi.

Di dalam tahap tes ini terdapat 100 butir soal yang harus diselesaikan oleh seluruh peserta dalam jangka waktu tertentu. Tes dijalankan dengan menggunakan komputer sebagai basisnya disebut juga CAT, jadi dalam tahap ini sudah tidak lagi memakai kertas.

3. Tes Kesehatan Tahap I

Ada nilai ambang batas tertentu untuk bisa lolos dari SKD dan setelah itu peserta harus mengikuti tes kesehatan di tahap yang pertama. Seluruh aspek kesehatan dari peserta akan dinilai dalam tahap ini jadi sebaiknya persiapkan tes kesehatan sudah dilakukan jauh-jauh hari.

Tes kesehatan nantinya akan dilakukan dimulai dengan pengecekan darah dan urine serta kesehatan mata. IPDN juga akan melaksanakan tes untuk buta warna, kesehatan gigi, hingga pengecekan kondisi paru-paru dan mengharuskan semuanya dalam kondisi baik.

4. Psikologi Integritas dan Kejujuran

Ketika lolos tes kesehatan maka peserta akan dilanjutkan dengan pengerjaan tes psikologi untuk melihat integritas dan kejujuran. Dalam tes psikologi ini sebenarnya tidak ada prinsip benar atau salah karena hanya akan melihat kepribadian peserta.

Persiapan tes psikologi sedikit berbeda dengan tes yang lainnya jadi sebaiknya cari tau bagaimana tips dan trik pengerjaan. Jangan terlalu tegang dalam pengerjaan tes ini dan jawab senatural mungkin karena akan terlihat.

5. Pantukhir

Setelah selesai semua rangkaian tes maka peserta akan masuk ke dalam tes tahap akhir dimana di dalamnya ada beberapa rangkaian tes. Di tahap ini, jumlah peserta sudah sangat berkurang dan hanya berjumlah sedikit, karena itu ada kesempatan besar untuk lolos di sini.

Pantukhir sendiri yang pertama akan melaksanakan tes kesehatan kembali tetapi lebih komprehensif dari tes sebelumnya. Setelah itu aka nada tes kesempatan dan juga penampilan dari setiap peserta yang lolos sampai tahap ini.

Itulah dia keseluruhan tahapan seleksi IPDN yang perlu dilewati supaya nanti bisa menjadi Calon Praja IPDN. Registrasi akhir juga perlu dilakukan agar bisa dipastikan apakah seseorang mau menempuh pendidikan ataupun tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.